Episode ini merupakan lanjutan dari episode 24 yang secara singkat membahas AMP Roadshow di Jakarta & beberapa wawancara sama pesertanya. Di episode ini gw coba untuk membahas sedikit lebih detil mengenai agendanya dari catatan-catatan gw di acara itu.

Kalo ga mau baca semuanya karena kepanjangan, setidaknya lihat link-link penting dalam episode ini:



Intro & Keynote

Setelah memperkenalkan apa itu AMP, Paul Baukus – Advokat Google untuk AMP – menceritakan kisah-kisah sukses perusahaan-perusahaan yang sudah mengimplementasikannya. Di antaranya

Lebih lanjut bisa lihat studi kasus perusahaan-perusahaan ini dan perusahaan lainnya.

Advanced interactivity with AMP

Prestasi-prestasi di atas itu hebat karena AMP ga lagi sekedar loading yang cepat, tapi lebih dari itu, tim AMP ingin agar user itu lebih nyaman berinteraksi di halaman AMP. Buat apa kalo situsnya cepat, tapi user ga bisa interaksi seperti kasih rating, komentar atau beli barang.

Beberapa solusi AMP untuk advanced interactivity adalah dengan on="event:action" attribute dan beberapa tag AMP yang baru di antaranya:

Semua tag AMP, berbagai macam contoh interaksi dan penanganan event yang umumnya terjadi pada sebuah aplikasi web ada di AMP by Example.

AMP in Production

  1. Generate
    • Wordpress (plugin), Drupal
    • Buat secara manual dari awal sesuai dengan kebutuhan
  2. Optimize
    • import amp html saat perlu
    • import CSS hanya yg diperlukan untuk halaman yg ditampilkan aja
    • Sama halnya dengan gambar.
  3. Validate
    • Validator ada di situs resmi.
    • Penting untuk melakukan validasi karena kalau ada sebagian halaman yang ga valid, cache nya akan memberikan error.
    • Pastikan semua halaman itu valid dengan cara memasukkan proses validasi AMP menjadi bagian proses build & CI. Sementara ini bisa menggunakan amphtml-validator.
    • Untuk halaman yang dihasilkan dari user (user-generated seperti komentar, forum, atau nulis artikel), bisa melakukan cronjob untuk validasi secara berkala.
    • Validasi juga bisa dilakukan secara manual di Google Search Console.
    • Lakukan Web Page Test
  4. Measure
  5. Distribute
    • bisa melalui Google, Bing, Twitter dll.

Monetization in AMP & Progressive Web AMPs

Saat sesi AMP for fun and profit saya dapat telpon dan ada urusan jadi ga mencatat banyak. Kemudian untuk Progressive Web AMPs tidak saya bahas karena terlalu teknis. Silahkan lihat materi presentasi.

Diskusi Panel

Tanya: Kapan mulai implementasi AMP?

Tanya: kesulitan implementasi

Tanya: SDM yang diperlukan

Tanya: Setimpal / sepadan ga antara usaha implementasi dengan hasil yang didapat?

Tanya: PWA dulu / AMP dulu?

Tanya: Untuk yang punya native apps, bagaimana rencananya (akan diapakan)? mengingat Progressive Web Applications sudah lumayan baik

Tanya: Gimana melakukan backend tracker yang sifatnya internal?


Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.