Episode ini membahas berita-berita yang saya rangkum akhir-akhir ini dan saya anggap penting untuk diketahui. Di antaranya berupa library CSS, Javascript baru, NodeJS tools yang bermanfaat dan berita menarik lainnya. Masih menunggu tanggapan dari kalian, suka atau ga, silakan sampaikan di komentar.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Waktu rekaman podcast itu salah satu saat favorit gw dalam satu pekan karena walaupun gw ngoceh sendiri, tp gw ngebayangin gimana suara gw bisa didengerin sama pendengar di manapun & dalam situasi yang variatif. Sama halnya kaya gw dengerin podcast sehari-hari. Tapi lo tau apa yang keren dari itu semua? Karena gw bisa jadi suara hati dan pemikiran lo semua. Kenapa, karena lo dengerin ini kan kemungkinan besar sendirian kan? … Coba deh pikirin…

Oleh karena itu, oleh karena itu.. On the positif note, gw mau memanfaatkan momen ini untuk memberikan pesan positif.

Gw ga bosen-bosen ngingetin gw sendiri dan kita semua untuk selalu bersyukur dengan apa yang kita punya. Manfaatkan apa yang kita punya dengan sebaik-baiknya, terutama waktu. Jangan sampai kita sia-siakan dan kita membuat waktu orang lain jadi terbuang percuma.

Makasih udah dengerin podcast Developer Muslim. Podcast ini tentang jurnal web developer. Membahas segala aktivitas web developer dan interaksinya dengan manajer, temen kerja, keluarga, dan lain-lain.

Apa yang lo dapat di podcast ini:

Yang mana episode kali ini gw akan bawain lagi berita-berita terakhir. Gw tau kalo 2 kali berturut-turut bawain tema yg sama itu bisa jadi ngebosenin buat sebagian orang, tapi selalu aja ada yang seru-seru di dunia web development dan gw ga sempet ngumpulin bahan untuk bahas topik tertentu. Jadi gw pilih aja sebagian besar dari The Changelog Weekly. Newsletter dari The Changelog podcast. Podcast yang udah lama banget yang membahas dunia Open Source. Gw saranin untuk langganan The Changelog Weekly, karena gw ga selamanya akan bacain dari sini.

OK ini dia Kabar-kabari edisi yang kedua.

  1. Devhints - TL;DR for Developer Documentation. Dengerin The Changelog podcast episode 283 yang mengundang Rico Sta. Cruz untuk membahas proyek yang dikerjakannya, DevHints. Kalau lo belum tahu, DevHints itu cheatsheets untuk developer. Saat ini ada lebih dari 365 cheatsheet dan lo bisa ikut berkontribusi dan proyeknya open source.

    Di podcast ini dibahas gimana mendesain, teknik implementasi, dan komunitas. Mereka juga bahas tentang proyek Rico lainnya RSJS & RSCSS, kemudian juga Docpress library untuk bikin situs dokumentasi. Beliau dari Filipina dan alhamdulillah gw pribadi pernah ketemu dan foto bareng sama beliau setelah kasih presentasi di JS Conf Singapura 2014. Orangnya baik banget, low profile dan ramah.

  2. Recreating the GitHub contribution graph with CSS Grid. Bikin grafik kontribusi nya Github dengan CSS Grid. Ire Aderinokun nulis prosesnya belajar CSS Grid. Menurutnya sebaik-baik cara untuk belajar konsep CSS Grid adalah ya dengan bikin proyek kecil dengan konsep-konsep itu. Bagus banget untuk dicontoh kalau mau belajar sesuatu, karena dengan begitu akan menempel & terkenang. Menurut gw tulisan ini ringkas dan gampang diikuti untuk mengenal CSS Grid. Setidaknya lo baca ini kalau ga mau ikut serial tutorial yang lumayan dalam atau ga mau terlalu dalam menyelami CSS.

  3. A Modern version of Normalize CSS. Sebuah proyek baru yang intinya sama dengan kegunaan normalize.css, cuma yang ini:

    • Smaller
    • Includes only normalizations for the latest Chrome, Firefox, and Safari
    • Sets box-sizing: border-box
    • Improves consistency of default fonts
    • Sets a more readable tab size
  4. Node Clinic – diagnose your Node.js performance issues. Sebuah tool untuk mendiagnosa masalah-masalah yang berkaitan dengan performa dari aplikasi NodeJS. Gw coba instal pakai yarn ternyata perlu NodeJS versi 8.10.0 atau 9.4.0. Tapi kalau install pakai npm bisa walaupun NodeJS gw versi LTS, yaitu 8.9.4.

  5. Automerge – data structures for building collaborative apps. Bayangin sebuah aplikasi Javascript dengan semua status / nilai yang disimpan pada obyek modelnya. Sekarang bayangin semua obyek2 ini bisa tersinkronisasi dan merger secara otomatis lintas perangkat-perangkat lain yang mengakses aplikasi ini. Itulah Automerge secara garis besar. Jadi ini cocok banget sebagai struktur data untuk bikin aplikasi yang ada fitur kolaborasinya. Cara kerjanya mirip banget kaya Git, kecuali perbedaan yang sangat besar adalah, ga ada konflik yang harus ditangani saat merger. Gw baca Readme nya di Github itu super keren banget! Makanya gw ga heran proyek ini ditangkap sama radarnya The Changelog karena mereka pakai Github API untuk memonitor proyek berdasarkan metrik-metrik tertentu.

  6. Handbook for Stimulus. Kalo lo kelewat pengumumannya, Stimulus adalah Javascript framework yang baru-baru ini dirilis. Dengan adanya handbook ini, gw merasakan promosinya agar dipakai dan dikenal luas cukup agresif. Biasanya kalau ada framework baru seperti ini, kebanyakan orang maklum ini terjadi. Kalau lo mau kasih kesempatan sama pemain baru, di blog nya Basecamp, di mana framework ini lahir, David Heinemeier Hanson menyebutnya sebagai framework yang modest untuk HTML yang udah anda miliki. Ok-ok mungkin gw kurang bagus menterjemahkannya, bahasa Inggrisnya “A modest JavaScript framework for the HTML you already have”. Cek arti modest itu maknanya sederhana, rendah hati, tidak menonjolkan diri. Gw belum coba secara langsung, tapi kalau baca pengenalannya, hal-hal yang ditawarkan itu menarik banget. Gw saranin lo baca agar wawasan lo terbuka.

  7. Welcoming progressive web apps to Microsoft Edge and Windows 10. PWA akan segera hadir di Ms. Edge dan Windows. Ini merupakan kemenangan besar untuk PWA. Sebelumnya Mereka ngumumin bahwa mereka all-in untuk PWA. Bahkan, mereka mau bikin PWA di Windows ke level yang berikutnya, dengan memperlakukan mereka seperti first-class app citizens di Windows.

    Gw suka sama kutipan di blog mereka,

    Progressive Web Apps are just great web sites that can behave like native apps—or, perhaps, Progressive Web Apps are just great apps, powered by Web technologies and delivered with Web infrastructure.

    Gw setuju sama Adam Stacoviak yang bilang,

    Kalo lo web developer dan lo ga peduli sama Windows, Edge dan apapun yang Microsoft lakukan hanya karena “itu bukan ‘aliran’ gw”, lo bakal ketinggalan sama begitu banyak komunitas yang bekerja keras untuk memajukan web. Jadi tolong diperhatikan.

    Kalo perlu gw tambahin untuk meyakinkan lo semua, lihat aja apa yang Microsoft lakukan ke Visual Studio Code.

  8. PWAs on Safari?!. Service Worker API untuk kemampuan persistent background processing di halaman web akan tersedia di Safari Technology preview 48, macOS High Sierra 10.13.4 and iOS 11.3 beta seed 2. Ada 2 diskusi di Twitter yang membahas berita ini yang patut lo baca. Nanti link nya gw kasih di catatan episode. Berita ini keluar setelah pengumuman Microsoft tentang dukungan PWA di Microsoft Edge dan Windows.

  9. Awesome Maintainers. Nadia Eghbal, host dari podcast Request for Commits, yang membahas perspektif yang beragam dalam keberlangsungan proyek open source. Mulai dari masalah legal, dukungan finansial untuk proyek open source dan lain-lain. Kalau lo tertarik sama hal-hal selain sisi kode dari open source, gw saranin untuk dengerin podcast Request for Commits. Maaf jadi intermezo nyaranin podcast, tapi ini berhubungan sama aktivitas beliau sebagai aktivis open source.

    Dia bilang di Twitter kalau dia sering banget ditanya link para pengurus proyek open source yang pernah menjelaskan pengalaman mereka secara terbuka. Makanya beliau ngumpulin daftar presentasi, tulisan blog dan wawancara tentang pengalaman menjadi pengurus proyek open source. Daftarnya cukup panjang dan sudah belasan pull request yang diterima. Gw berani nebak kalau pengurus proyek open source idola lo ada di daftar ini. Gw sangat menyarankan untuk dibaca agar paham suka dukanya trus juga belajar dari mereka.

  10. Give thanks to the open source maintainers you depend on! Ngomong-ngomong soal bersyukur, Feross Aboukhadijeh bikin Node library namanya thanks yang kalau dijalankan di command line di folder proyek kamu, thanks akan menelusuri package & dependencies serta para pembuat library itu berikut dengan link-link donasi. Kemudian ada prompt apa kamu akan buka link-link di atas atau tidak. Benar-benar bermanfaat. Kalau perusaan lo mampu dan berada, gw sangat saranin untuk ajukan ini ke bos agar memberikan dukungan dana kepada para pembuat library itu.


Kabar dari dalam negeri:

  1. Riza Fahmi dari RandomScreencast.com yang juga Co-Founder Hacktiv8 baru merilis video tutorial di YouTube yang berjudul “Caching with Redis”. Beliau mulai menjelaskan sekilas tentang caching sampai dengan teknik caching nya dengan Redis.

  2. JakartaJS Fullstack workshop 2018. JakartaJS mengadakan 2 hari workshop Fullstack JavaScript Development. Tujuan diadakannya workshop ini selain untuk berbagi ilmu dan saling meningkatkan skill programming kita, keuntungan dari workshop ini akan dialokasikan untuk modal konferensi JavaScript yang rencananya akan diselenggarakan ditahun 2018 ini.

    • Waktunya tanggal 3 - 4 maret 2018 dari jam 09.30 - 15.00 WIB. Lokasinya di kampus HACKTIV8.
    • Fullstack, mulai dari backend, frontend sampai deployment serta tip & trik pemrograman secara umum.
    • Hari pertama semua tentang backend dengan NodeJS, Express, MongoDB, REST API dan ga lupa testing dengan Mocha & Chai.
    • Hari kedua belajar frontend dengan React dan hal-hal yang erat hubungannya sama React, React Router, Redux serta testing React component.
    • Para mentor:

      • Hengki Sihombing, CTO, Co-Founder UrbanHire
      • Agung Julisman, Senior Software Engineer Tokopedia
      • Riza Fahmi - Curriculum Director di Hacktiv8
      • Giovanni Sakti Software Engineer dari Go-Jek yang juga aktif dalam kepengurusan ID-Ruby, JakartaJS dan PERKODI.
    • Harga workshop Rp. 650.000,- per hari. Kalau lo mau ikut 2 hari harganya jadi Rp. 1.000.000,-

  3. 10 Tips Untuk Menjadi Seorang Developer Yang Lebih Baik oleh bang Yohan Totting. Beliau menceritakan pengalamannya membangun jaringan dengan para developer serta mendukung mereka untuk dapat memberikan impact ke para pengguna karya mereka. Sepuluh wejangan yang sangat bagus dan penjelasannya juga singkat tapi padat.

  4. Harmony Framework oleh Imam Ali Mustofa, alias Betta, member SekolahKoding. Harus gw akui beliau benar-benar serius bikin framework ini karena di situsnya itu ada dokumentasinya yang menjelaskan model, controller, router dan lain-lain yang menurut gw cukup untuk menarik perhatian orang untuk memakainya.


Ok, itu aja yang bisa gw kumpulin untuk edisi kabar-kabari kali ini. Gw masih nunggu tanggapan dari lo semua. Akan enak kalau ada co-host yang nemenin baca berita ini. Kalau lo berminat coba atau kenal sama yang kira-kira cocok untuk jadi co-host gw, silakan hubungi gw ya.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: