Di episode ini gw dan Kresna membahas Web Accessibility mulai dari definisi, motivasi kita dan cakupannya, alat-alat bantu apa saja yang bisa developer atau pihak yang terlibat dalam membuat website atau aplikasi, sampai kepada sebagian mitos seputar topik ini.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo semuanya! Apa kabar? Semoga sehat selalu, jasmani & rohani, trus seimbang antara aktivitas luar dengan di rumah. Alhamdulillah gw baik-baik. Senang sekali di episode kali ini gw bisa membahas Web Accessibility. Topik yang mungkin cukup jarang dibahas di acara-acara developer ataupun meetup di daerah lo tinggal. Justru karena kurang dapat perhatian dari sebagian besar developer di Indonesia, materi ini gw angkat dan bahas bareng developer muda yang berbakat dan menaruh perhatian besar sama Web Accessability ini. Beliau adalah Satya Kresna, web developer dari Bali.

Jadi, apa aja yang kita singgung di sini?

Gw bocorin apa yang kita kesimpulannya ya, Web Accessibility itu penting banget dan belajarnya untuk mencapai hasil yang baik itu cukup sederhana. Tapi lo sebagai developer yang baik tentu penasaran kan dan ga mau nelen mentah-mentah kan kenapa begitu? OK, mendingan langsung aja dengerin wawancaranya, karena obrolannya sendiri udah 50an menit jadi gw juga ga mau ngomong terus. Ya, ini dia wawancaranya


Wawancara


OK itu dia wawancaranya. Maaf pembahasan tantangan WWID terpaksa gw potong karena ternyata cukup panjang dan gw ga mau lo jadi pindah fokus dari topik kita di episode kali ini yaitu Web Accessibility.

Belum lama gw ngedit rekaman ini, ada 2 update penting seputar Web Accessibility:

  1. Chrome versi 65, akan ada fitur-fitur khusus Accessibility.

    • Fitur pertama mengenai kontras warna. Akan ada centrang hijau di color picker kalau pilihan warna kita sesuai dengan minimum standar accessibility. Kalau centang hijaunya dua artinya implementasinya ideal dengan standar. Trus juga ada area grafis warna di mana kita bisa memilih warna dalam area tersebut.
    • Tab khusus untuk Accessibility untuk melihat ARIA attributes, computed properties dan lain-lain.

    Gw saranin lo nonton videonya di YouTube. Link-nya ada di catatan episode.

  2. JogjaJS episode 10, senin depan tanggal 12 Maret 2018 insya Allah bakal kedatangan Yohan Totting dari Google dan Tety Sianipar dari Kerjabilitas.

    • Yohan akan membahas tantangan beliau di WWWID, membuat aplikasi web bisa segera digunakan dengan proses loading kurang dari 5 detik.
    • Tety Sianipar akan membahas tentang bagaimana cara website dikembangkan supaya para pengguna disabilitas tetap dapat menggunakannya. Jadi kalo lo di daerah Jogja dan sekitarnya silakan melipir hadir. Kalo lo jauh dari Jogja, follow & pantengin terus twitter nya DILO Jogja atau mungkin cari JogjaJS.

OK, itu aja untuk episode kali ini. Semoga bermanfaat, bisa meningkatkan kewaspadaan & empati lo semua saat bikin aplikasi. Kalau lo udah sadar, semoga episode ini jadi pengingat & jadi sesuatu yang bisa lo share sama temen-temen lo. Oh iya, gw baru denger Ctrl+Click+Cast episode 108 yang judulnya Practical Accessibility with Jason Nakai. Itu seolah-olah episode lanjutan dari apa yang dibahas di epsidoe ini. Jadi membahas pihak-pihak yang terkait seperti client, kontraktor, developer, desainer, QA dan lain-lain dalam mengimplementasikan Accessibility. Link nya akan gw masukin ke catatan episode.

Seperti biasa, kalo lo suka sama podcast ini, kasih komentar & rating yang bagus di Apple Podcast, Tune-In, Castbox, PlayerFM, Anchor di manapun lo dengerin podcast ini. Dengan begitu, teman-teman developer lain bisa lebih mudah untuk menemukan podcast ini dan bisa juga merasakan manfaatnya.

Podcast ini masih relatif baru, gw sadar banget kalo masih banyak kekurangan jadi gw sangat berterima kasih banget sama kritikan dan masukan dari lo semua. Lo bisa kirim email ke [email protected], DM / mention gw di Twitter @devmuslimid, atau lo bisa call-in di Anchor, cari aja devmuslimid. Gw juga lagi bikin survey pendengar tujuannya supaya gw bisa lebih mengenal lo, lebih mikirin topik apa yang cocok buat lo dan apa yang penting buat lo. Kalo lo belum ngisi, ayo ke devmuslim.id/survei.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: