Di episode ini gw dan Kunto membahas tentang tidur, dan pengaruhnya untuk kita ke kesehatan, produktivitas dan hasil kerja kita. Semoga kita bisa menyadari kedudukan tidur ini.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Hoy, menurut lo, ngantuk itu kawan atau lawan? Coba gw kasih waktu sebentar untuk lo mikir sebentar. … Gimana, kawan atau lawan? Ga dua-duanya? Udah ada jawabannya? Kalo kata adik gw,

Kalo ngantuknya besar, temenin aja dulu. Nanti kalau udah kecil, baru lawan!

Halo-halo! Apa kabar semuanya? Masih bertahan dan berjuang? Apapun keadaannya, semoga lo semua sehat wal afiat. Alhamdulillah baik-baik, batuk gw belum sembuh. Baru balik dari Jakarta untuk kunjungan keluarga. Bersyukur bisa pulang kampung beberapa kali dalam setahun. Walaupun kampungnya di Jakarta, kalau ke rumah tempat di mana lo tumbuh itu bener-bener sesuatu banget rasanya. Karena memori kita seringkali melayang teringat masa-masa kecil dulu. Apalagi kalau lo masih punya orang tua yang ga bosen-bosennya mengingatkan nasihat yang selalu mereka bilang dari kita kecil. Alhamdulillah gw ga merasa bosen sama nasihat-nasihat itu. Malah terkadang itu yang memperbaharui semangat kita dan terkadang kita menyadari seberapa menurunnya kualitas diri kita. Jadi untuk lo yang merantau, tempat merantaunya terjangkau untuk lo, sempet-sempetin lah pulang kampung. Ada hal-hal yang ga lo dapat dari sekedar video / voice call.

Beberapa update

OK, di episode kali ini gw akan bahas soal tidur dan gimana peranannya untuk kita. In a world,… woelah kaya trailer peleum aja ya.. Ya di dunia developer hari gini, di mana proyek open source terus berkembang, yang baru-baru yang keren, dan perasaan merasa terbelakang karena temen-temen di medsos / meetup udah bisa ini dan itu (terlepas perasaan itu valid atau tidak), sering banget meremehkan pentingnya tidur. Apalagi saat ada tuntutan pekerjaan, entah itu yang sangat penting seperti benerin bug atau ada masalah tertentu, maupun yang sebenarnya ga urgen, hanya sekedar nanggung dan akhirnya ga sadar keterusan waktunya.

Kalo semua keadaan ini ga asing buat lo, atau apapun lah yang menyebabkan lo meremehkan pentingnya tidur yang cukup, dengerin wawancara gw sama Kunto Aji Kristianto, seorang software engineer yang cukup senior, tentang tidur yang cukup ini. Beliau ini aktif nulis blog dan presentasi di meetup-meetup. Presentasi terakhirnya itu ga berhubungan sama hal yang teknis, tapi soal tidur. Dan ga diduga, justru presentasi itu yang banyak dilihat di Speakerdeck.com. Dengerin ceritanya gimana dampak kurang tidur sama pekerjaan, produktivitas dan sampai kebijakan kantor yang memberi ijin untuk datang telat kalau memang kurang tidur (terlepas dari alasannya). Maaf suara gw agak kurang tertangkap sama mic, tapi semoga lo tetap bisa nangkep pembahasannya. Ini dia wawancaranya.


Wawancara


Ya, itu dia wawancaranya. Kalau lo tersentak denger fakta-fakta kesehatannya, sama gw juga kaget banget. Karena kita berdua bukan orang yang ahli di bidang kesehatan, ada beberapa catatan yang harus lo inget:

OK itu aja untuk episode kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa kasih rating dan komentar yang bagus di Apple Podcast, Castbox, PlayerFM, Tune-In atau di manapun lo mendengarkan podcast ini.

Gw lagi bikin survei untuk pendengar. Tujuannya bener-bener supaya gw bisa lebih mengenal lo, lebih mikirin tema yang cocok untuk sebagian besar pendengar, terus melakukan perbaikan-perbaikan agar lebih bagus lagi isinya. Silakan ke devmuslim.id/survei

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: