Podcast terus berkembang di Indonesia. Di episode ini merekomendasikan 5 podcast yang lumayan untuk menambah pengetahuan dan inspirasi untuk developer.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semuanya? Tiap kali gw nyapa serasa udah lama ga rekaman, padahal beberapa saat sebelum ini, saat emang harus di depan mikrofon dan lakukan apa yang harus lo lakukan, itu terasa “wah udah harus mulai rekaman lagi, cepet banget”. Mungkin karena kita ga pernah ketemu dan gw cuma ngomong sendirian. hehehe.. Tapi selalu seneng untuk rekaman. Semoga lo baik-baik aja. Apapun masalah / hal buruk yg lo hadapi, yakinlah ada orang lain yang jauh lebih buruk keadaannya dari lo. Gw jadi inget ada tweet baru2 ini yang kasih gambar proyek bagunan di tengah-tengah sungai besar di mana mereka bikin area untuk mengisolasi airnya trus mulai bangun di area itu. Dan tweetnya bilang,

“See this if you feel like your deployment to production is suck”

Mudah2an lo kebayang dan nangkep maksudnya.

Makasih buat lo yang udah dengerin podcast gw. Untuk yang baru dengerin, podcast ini bahas tentang kehidupan developer, hal-hal yang dihadapi developer dan aktivitasnya dengan pihak-pihak yang biasa mereka hadapi. Trus kadang-kadang gw datang ke acara developer dan wawancara sebagian pesertanya. Pokoknya apapun yang bermanfaat buat developer, meskipun off topic dari coding, framweork dan hal-hal teknis lainnya.

Beberapa pekan lalu gw gabung ke komunitas Podcaster Indonesia di LINE dan ternyata banyak orang-orang yang udah bikin podcast yang belum pernah gw denger sebelumnya. Dan ga sedikit juga yang masih merintis seperti gw. Dan liputan Jawa Pos tentang podcast pekan lalu setidaknya meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang apa itu podcast. Jadi para podcaster akan lebih serius lagi bikin episodenya dan mereka bisa tetap semangat karena dukungan dari pendengar-pendengarnya. Ini bikin gw seneg banget. Kalo lo dengerin gw dari episode-episode awal, di mana gw mengherankan kenapa podcast belum banyak diadopsi sama masyarakat Indonesia dan kenapa sebagian podcast berhenti setelah sekian episode.

Dengan senang hati, untuk pertama kalinya gw bisa kasih rekomendasi podcast berbahasa Indonesia.

  1. Arvipra Tech Podcast Podcast ini membahas gadget dan teknologi. Mulai dari berita, tips dan pandangan / review dari gadget tertentu. Hostnya Arfiadi Pratama. Penyampaiannya bagus. Gw seneng dengerinnya karena informatif.
  2. DWPodcast (Dimas Wahyu) Di podcast ini Dimas selau mengundang tamu-tamu menarik dan pembahasannya juga bagus. Seperti nguping / nimbrung anak-anak nongkrong, tapi cuma sebabgai pendengar. Pas gw ngerekam ini udah 9 episode dan topiknya bervariasi sesuai dengan keunikan para bintang tamunya. Sebagian episodenya dibahas secara terbuka banget tentang ideologi atau hal-hal yang bisa dibilang vulgar untuk sebagian orang. Lo bisa lihat di Apple Podcast, PlayerFM atau di sebagian besar podcast directory. Pilih episode dengan bintang tamu yang menarik buat lo untuk coba dengerin. Dari podcast ini gw dapat banyak masukan dari berbagai macam bidang.
  3. Podcast Buku Kutu Podcast ini berisi review buku dari genre apapun yang penting menarik untuk dibaca. Gw yang jarang baca buku non teknis aja seneng banget dengerinnya karena bisa tau bukunya tentang apa secara umum tanpa harus baca. Ya, sebagus itu alasannya. Jadi kalo lo suka baca buku, 90% lo akan suka sama podcast ini. Dan ga hanya itu, podcastnya dirilis 2X sepekan. Kemasannya bagus karena hostnya, Aditya Hadi Pratama, adalah seorang penulis di Tech in Asia. Oh iya, kalo lo mau tahu sekilas tentang beliau, lo bisa dengerin ceritanya di DW Podcast.
  4. Teh atau Kopi Sebagian dari lo mungkin udah tahu podcast Teh atau Kopi. Podcast ini membahas hal-hal kecil semacam wejangan-wejangan yang secara khusus untuk developer, tapi masih cocok untuk orang umum. Seperti chicken soup untuk developer dan anak muda. Host nya Hilman Ramadhan, pendiri SekolahKoding.com. Beliau pernah gw singgung di episode sebelumnya saat beliau nulis buku sederhana yang judulnya Hadiah untuk Programmer. Gw sebut di daftar ini karena podcast Teh atau Kopi ini baru-baru ini tersedia di podcast direktori seperti Apple Podcast, Player FM dan lain-lain. Terakhir episodenya sekitar beberapa pekan lalu. Itupun layak untuk didengerin berulang-ulang. Dan gw optimis kedepannya beliau akan aktif merilis episode-episode bagus di podcast ini
  5. Ceritanya Developer Podcast ini berisi wawancara sama developer keren tentang masa lalu mereka. Mulai dari gimana mereka memulai karir, komputer pertama yang mereka pake sampai karir mereka sekarang. Mirip banget sama CodeNewbie podcast yang dulu pernah gw rekomendasikan. Dulu gw ngayal coba ada yang kaya gini untuk developer-developer Indonesia. Karena banyak banget developer keren di Indonesia yang belum terekspose dan betapa banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari mereka, terlepas dari umur dan level mereka.

    Host nya Riza Fahmi, nama yang udah ga asing lagi sama developer. Kalau lo belum kenal, beliau adalah Direktur Kurikulum & Co-founder Hacktiv8. Sangat aktif bikin tutorial screencast di Randomcast. Beliau juga co-host di ApssCoast podcast. Podcast ini mengundang founder-founder dari startup Indonesia.

    Balik lagi ke Podcast Ceritanya Developer, podcast ini baru dan saat episode ini direkam baru 2 episode. Tapi pantengin aja insya Allah akan ada cerita-cerita developer keren. Lihat websitenya CeritanyaDeveloper.com

OK, itu aja yang bisa gw rekomendasiin buat lo sementara ini. Mudah-mudahan bermanfaat. Seiring dengan waktu dan dengerin beberapa episode podcast lainnya insya Allah nanti gw rekomendasiin podcast lainnya yang cocok buat temen-temen developer.

Oh iya, dari beberapa episode belakangan ini gw jadi kepikiran untuk ngundang developer yang baru kasih presentasi di meetup atau conference. Kalo lo lagi nyiapin bahan untuk presentasi atau berbagi pengalaman, atau punya kenalan yang seperti itu dan pengen banget informasinya dibagi ke pendengar-pendengar lainnya, lo bisa hubungi gw di [email protected] atau DM gw di Twitter @devmuslimid. Lo ga harus jadi ekspert untuk bisa berbagi. Entah itu di podcast, di meetup, nulis blog, presentasi di konferensi. Justru podcast bisa jadi media yang nyaman untuk lo yang baru & mulai berusaha untuk presentasi, sebelum ke meetup dan konferensi. Karena lo cukup share ke penyiar podcast nya seperti lo cerita ke temen lo. Mmm, ya mungkin belum jadi temen, tp setidaknya share di tempat lo berada ke satu orang aja, yaitu gw.

Jangan lupa kasih rating dan komentar yang bagus di Apple Podcast, Castbox, PlayerFM, Tune-In atau di manapun lo mendengarkan podcast ini.

Gw lagi bikin survei untuk pendengar. Tujuannya bener-bener supaya gw bisa lebih mengenal lo, lebih mikirin tema yang cocok untuk sebagian besar pendengar, terus melakukan perbaikan-perbaikan agar lebih bagus lagi isinya. Silakan ke devmuslim.id/survei

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: