Berbagi pengalaman dan oleh-oleh dari apa yang gw dapat di Google Cloud OnBoard 2018 pekan lalu di Singapura.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo, apa kabar? Semoga baik-baik, tetap bersemangat dan optimis. Alhamdulillah gw sehat dan baik. Ga nyangka episode rekomendasi podcast Indonesia dapat sambutan yang baik dan dapat kenalan orang-orang keren baru di Twitter. Untuk lo yang baru dengerin, podcast developer muslim ini membahas segala yang berkaitan dengan developer dan aktivitasnya dengan para profesional yang biasa mereka hadapi. Apapun yang bikin developer jadi produktif dan berkualitas hasil kerjanya.

Kesan-kesan pribadi dalam mengikuti Google Cloud OnBoard

Sebelum masuk ke pembahasan, gw mau kasih kabar kesan-kesan gw mengikuti Google Cloud OnBoard di Singapura tanggal 17 April 2018 kemarin.

Kalo lo dapat kesempatan yang sama di Jakarta, gw saranin untuk lanjutin ke kursus tambahan yang dikasih ini di Qwiklabs karena ini kesempatan emas buat kita mempelajari dunia cloud. Coba lo pikir aja, kapan lo punya kesempatan seperti ini? Kalau beruntung kerja sebagai developer / devops baru kita bisa belajar dan eksplorasi ke dunia Cloud. Setidaknya lo harus punya 3 hal untuk ini:

Dan ini semua ada di kursus yang Google kasih. Tahun lalu gw datang ke Google Dev Summit dan dapat kredit tapi belum gw pakai karena sudah membayangkan hal-hal di atas. Gw mikir buat apa,

Dan ternyata gw agak menyesal karena tiba-tiba pengetahuan tentang Cloud itu diperlukan di kantor. Dan hari gini perusahaan software mana yang perlu layanan Cloud? Bahkan perusahaan yang bukan software pun akan perlu layanan Cloud, jadi kebutuhan itu akan ada dan kita sebagai developer yang bisa beradaptasi dengan perubahan teknologi yang begitu deras. Ini yang pertama.

Terus yang kedua, ternyata kursus yang diberikan dari Google Cloud itu ga pakai kredit GCP kita sama sekali. Layanan cloud itu akan diberikan saat harus praktek ke GCP nya itu sendiri. Yang penting lo harus cek akun siapa saat login ke GCP. Kalo akun lo, lo harus hubungi pihak kursusnya karena ada yang kurang tepat sama setingan lo dan baca lagi petunjuknya.

Trus yang ketiga waktu itu gw juga kepikiran, “berarti nanti gw akan terikat sama platform nya Google dong?” Ya memang itu salah satu trik dan mungkin tujuan Google Cloud pada akhirnya. Tapi itu gpp dan wajar banget. Karena bagi kita, kita dapat eksplorasi dan menyelami dunia Cloud. Kita bisa dapat inti dari layanan-layanan Cloud. Ya, gw bilang Cloud karena provider-provider lain juga punya layanan yang serupa seperti AWS, Azure & Ali Yun. Sejauh ini yang gw liat layanan yang paling mirip itu Google Cloud dengan AWS.

Dan memang jangan terpaku sama provider tertentu. Sebagai seorang developer / devops, jangan merasa minder kalau pekerjaannya sedang mempertimbangkan Cloud provider A, saat yang lo kenal dengan cloud provider B. Atau merasa karena lo udah tahu provider B, trus lo ngotot atau merasa provider B itu akan lebih baik hasilnya. Lagi-lagi kita sebagai developer itu harus fokus sama permasalahan yang kita hadapi, cari fakta dan datanya. Dan kita bisa memakai beberapa provider selama itu pilihan yang terbaik untuk kita. Yang penting itu kita punya pengalaman pakai NGINX atau NOSQL database misalnya, dan layanan-layanan yang menggunakan open source lainnya.

Ya jadi kalo datang ke Google Cloud OnBoard niatnya cuma dapat sertifikat, ketemu banyak kenalan dan mungkin makan gratis. Cobalah lo pertimbangkan poin-poin yang gw sampaikan di episode ini. Sayang kesempatannya. Setidaknya kalau berhalangan, kasih kursusnya ke orang lain.

OK itu aja yang bisa gw sampaikan di episode kali ini. Dua pekan lagi insya Allah gw akan pergi ke Tech in Asia Conf di Singapur. Kalau lo berkesempatan hadir bisa ketemuan dan ngobrol bareng. Lo bisa mention / DM gw di @devmuslimid.

Makasih udah dengerin podcast ini. Harap kasih tahu gw apa yang bagus dari episode ini dan apa yang bisa gw lakukan supaya episodenya lebih baik lagi. Silakan kirim email ke [email protected] atau DM gw di @devmuslimid.

Kalo lo seneng sama podcast ini, jangan lupa kasih rating dan komentar yang bagus di Apple Podcast, Castbox, PlayerFM, Tune-In atau di manapun lo mendengarkan podcast ini.

Untuk lo yang berhasrat untuk presentasi berbagi pengalaman di meetup tapi masih ragu dan bingung harus bagaimana, lo bisa hubungi gw di [email protected] atau DM di twitter. Insya Allah gw coba bantu.

Gw lagi bikin survei untuk pendengar. Tujuannya bener-bener supaya gw bisa lebih mengenal lo, lebih mikirin tema yang cocok untuk sebagian besar pendengar, terus melakukan perbaikan-perbaikan agar lebih bagus lagi isinya. Silakan ke devmuslim.id/survei

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: