Obrolan yang seru bahas komunitas developer, terutama yang di Malang bareng Lead Developer Circle Malang, Reyhan Sofian.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo apa kabar semuanya? Semoga lo semua baik-baik. Ya gw juga sempat ikut prihatin, kesel, sedih dengan dampak dan reaksi netizen terhadap beberapa aksi teror yang baru-baru ini terjadi. Gw sangat berharap kita semua bisa tetap positif, tetap menjalani semua hal positif yang kita lakukan. Kalo kata orang tujuan teror itu buat kita ga hanya takut tapi marah, sedih dan kacau. Jadi pesen gw kalo kita mau lawan, setidaknya dari dalam diri kita, kita lawan itu semua, kita tunjukkan kalau kita tidak takut, tidak terpengaruh, tetap optimis, tetap ngoding, hehehe.. tidak berpecah belah, tidak saling curiga dan membuat sangkaan tanpa dukungan fakta yang jelas dan terkonfirmasi, tetap meningkatkan kewaspadaan kita. Dan yang terpenting tetap bersatu, tolong menolong dalam kebaikan dan jangan tolong menolong dalam permusuhan dan perbuatan dosa.

Waduh, berat dah kalo udah ngomongin dosa. ok-ok, pesen gw cuma itu aja, tetap optimis, tetap waspada.

Kalau lo udah dengerin beberapa episode sebelumnya, lo tahu gimana pendapat gw dan para tamu sama komunitas, gimana kedudukan dan pentingnya berkomunitas. Dari dulu gw pengen banget bikin episode yang khusus mengenai ini, terutama di lingkungan kota / daerah tertentu. Jadi gw seneng banget bisa membawakan episode kali ini karena tamunya sangat unik dan cocok untuk membahas seputar komunitas developer, khususnya komunitas di Malang. Beliau adalah Reyhan Sofian, salah satu lead Developer Circle di Malang, sebuah komunitas developer yang dibina dan dibimbing sama Facebook.

Dev-C Malang baru-baru ini dapat juara 1 dari semua Developer Circle di dunia secara global. Keren banget kan? Dengerin pengalaman mas Reyhan dan kawan-kawan membangun komunitas developer di Malang, dan sedikit bumbu-bumbu dari pengalaman profesional beliau. Itu super keren banget! Makanya gw minta maaf kalau episodenya jadi lebih panjang dari biasanya. Semoga bisa menginspirasi, jadi ga percuma panjang-panjang. Silakan DM / email gw kalo lo punya saran & masukan.

Baik langsung aja, ini obrolan kami. Selamat mendengarkan!


wawancara


Yup itu tadi obrolan gw bareng mas Reyhan Sofian, lead Developer Circle Malang. Gw harap lo ga cuma dapat ceritanya, tapi lebih kepada membuka wawasan lo gimana komunitas itu dapat mengubah cara pandang lo sebagai developer, tempat berkembang, nanya ini itu, belajar untuk berbagi dan lain-lain.

Trus juga gw pengen kita semua terinspirasi dari obrolan ini, mulai mengubah sikap kita dan teman-teman lain agar menciptakan lingkungan di komunitas yang kondusif. Buat yang anggota lama tetap merangkul dan mengayomi, buat yang belum bergabung dan baru masuk jangan malu-malu. Gw rasa perlu disadarkan dulu manfaat komunitas. Kalau orang sadar dan butuh komunitas, semoga mengurangi halangan-halangan untuk berkomunitas. Makanya gw seneng banget sama episode ini.

OK, makasih udah dengerin. Developer Muslim Podcast ini bahas apapun yang bikin developer produktif, berkembang dan peduli sama temen-temen developer / rekan-rekan kerja lainnya. Kalau lo udah berkomunitas dan pengen berbagi, presentasi dll di meetup tapi masih ragu dan bingung harus bagaimana, lo bisa hubungi gw di [email protected] atau DM di twitter @devmuslimid. Insya Allah gw coba bantu.

Seneng sama podcast ini? Tunjukin kepedulian lo sama temen-temen developer lainnya. Lo bisa sebarin podcast ini di media apapun. Di manapun lo ketemu developer, kasih tau podcast ini. Hehehe.. Kenapa? ribet? OK, kalo ga mau ribet gini deh, gw cuma minta tolong 1 hal, jangan lupa kasih rating dan komentar yang bagus di Apple Podcast, Castbox, PlayerFM, Tune-In atau di manapun lo mendengarkan podcast ini. Buruan lo cek, pastiin lo udah kasih rating & komentar yg bagus. Ini akan sangat membantu tersebarnya keberadaan podcast ini. Kata orang putih, “let the computers do the work” atau “let the algorithms do the magic” halah apa sih..?

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: