Bersama Asep Bagja gw membahas gimana membangun usaha yang layanannya di-open-source-kan, mengelola proyek open source itu dan lika-liku di antara keduanya.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semuanya? Semoga lo baik-baik, seimbang kehidupan pribadi dan karir. Alhamdulillah gw baik-baik. Cuma kesibukannya bertambah aja dan waktu berasa tambah sempit aja. Hehe..

Gw bener-bener seneng banget bisa bawain episode kali ini karena berkesempatan ngobrol sama teknopreneur, developer dan hacker tulen. Jadi berawal dari tweet beliau yang baru merilis ulang proyek open source nya pakai bahasa Go, dari PHP. Pas liat proyeknya ini unik banget, tentang sistem manajemen pertanian, namanya Tania. Dengan sistem ini kita bisa ngatur pengairan, inventori, perkembangan tanaman dan daftar kerjaan yang berkaitan dengan itu semua.

Jadi langsung deh beberapa pertanyaan yang pengen banget gw tanyain ke kang Asep Bagja dan alhamdulillah beliau dengan senang hati dan dalam waktu yang relatif singkat setuju untuk ngobrol bareng. Ditengah-tengah kekepoan gw nyari tahu gimana cerita bikin usaha yang berbasis proyek open source trus mengatur repositori, isu, pull-request dan lain-lain, gw menemukan pribadi yang luar biasa dari beliau. Background beliau juga menarik, sebelum kuliah udah terekspos sama pemrograman dan elektronik. Dan kuliah jurusan akuntansi ga menghalangi kesenangan beliau untuk ngulik2 yang seperti itu. Wah, benar-benar deh, sosok yang luar biasa.

Jadi, mudah-mudahan lo memaklumi kalo episodenya agak panjang. Pas ngedit ini, gw udah berkali-kali dengerinnya dan gw berusaha agar bisa sesingkat mungkin. Dan inilah editan finalnya. Gw kasih tahu ini karena gw peduli sama lo semua para pendengar. Jadi gw berharap masukan dari lo untuk obrolan kali ini secara khusus atau wawancara lainnya secara umum. Apa kepanjangan, atau apa ada ada bagian yang agak bertele-tele pas bahas hal tertentu, atau apapun.

OK, itu aja pengantar dari gw. Dengerin gimana Tanibox itu dibangun, diurus, bagaimana pendanaannya, monetisasi, kompetisi, lisensi open source yang dipakai, dan seterusnya. Pokoknya benar-benar seru deh! Selamat menikmati.


wawancara


OK, itu dia obrolan gw bareng kang Asep. Semoga membuka wawasan dan gak bikin minder. Jujur gw sempat berasa jadi debu kalo dibandingkan pencapaian kang Asep ini. Ga hanya dari keahlian yang dimiliki, tapi juga gimana pemanfaatan keahlian-keahlian itu. Tapi gw berharap obrolan ini bisa menginspirasi kita semua. Jangan membandingkan prestasi orang dengan apa yang belum kita capai. Selalu bandingkan kita dengan diri kita sebelumnya. Dengan begitu pandangannya jadi lebih sehat dan lebih bisa melihat potensi diri kita sendiri. Ya itu mungkin bisa jadi topik di episode tersendiri.

Ya pokoknya gitu deh. Semoga kita bisa mengambil manfaat dan ide dari episode ini. Link dan materi yang dibahas bisa dilihat di devmuslim.id/episode52. Silakan ditelusuri lebih lanjut.

Oh iya, ada pesan dari panitia Ruby Conf Indonesia kalau mereka lagi ngadain survei untuk tahu peminat dan topik apa yang menarik untuk Ruby Conf tahun ini. Kalau belum, silakan isi survei-nya di http://bit.ly/KuesionerRubyConfID2.

Sama halnya dengan PyCon Indonesia. Silakan isi surveinya di http://bit.ly/PyConID2018Survey. Link-nya akan gw masukin di catatan episode.

Kalo lo seneng sama podcast ini, jangan lupa kasih rating dan komentar yang bagus di Apple Podcast, Castbox, PlayerFM, Tune-In atau di manapun lo mendengarkan podcast ini. Rating ini akan membantu teman-teman kita lainnya untuk tahu keberadaan podcast ini.

Trus kalau ada saran, masukan, mau ngenalin orang yang bersedia di wawancara, atau mau sekedar nyapa aja, bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw di Twitter @devmuslimid.

Oh iya, podcast nya libur mungkin sekitar 2 pekan dulu karena gw mo mudik insya Allah, menikmati sepinya Jakarta, hehehe.. Sementara itu lo bisa pantengin Twitter gw atau dengerin episode-episode yang ada kalo lo kangen atau ga ada kerjaan. Hahaha.. sape juga kali.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: