Membahas cerita di balik Indonesia React Army dan berdirinya SemarangJS bersama Ariaseta, trainer di Santren Koding.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semuanya? Semoga lo baik-baik, dapat pencerahan, inspirasi dan pandangan baru dari acara keluarga atau dari manapun saat lo mengisi liburan panjang ini. Alhamdulillah gw baik dan dapat wawasan serta cara pandang baru dari ngobrol dengan kerabat & handai taulan yang berasal dari berbagai macam latar belakang.

Dan ngomong-ngomong soal wawasan & cara pandang baru, gw seneng banget bisa mempersembahkan obrolan gw bareng salah seorang yang membantu terbentuknya SemarangJS di awal tahun 2018 ini, jadi masih sangat belia, tapi kalo dibandingkan jumlah meetup-nya gw rasa ga kalah dengan komunitas Javascript di kota lain yang umurnya udah lebih dari 1 tahun. Dengerin terus kalo mau tau sebabnya, bukan sulap bukan sihir. Dan ga hanya SemarangJS, tp beliau juga salah satu penggagas Indonesia React Army, yang memberikan pelatihan React gratis selama 2 hari. Setelah sukses di Semarang, beliau dan tim-nya diundang ke berbagai kota besar di Jawa. Semoga kota-kota lain di luar Jawa juga kecipratan.

Trus obrolannya itu juga dicampur dengan pengalaman dan latar belakang beliau yang unik. Pribadi yang rendah hati, murah guyon, pantang menyerah, cerdik dan kreatif. Kayanya bintang tamu pertama yang banyak bikin gw ngakak sepanjang obrolan. Seperti biasa, pas ngedit gw berusaha banget agar episodenya masih tetap enak didengerin walaupun ini panjang banget. Untuk itu pintu masukan & usulan sangat terbuka lebar supaya episode mendatang jadi lebih bagus lagi, lebih pendek tapi padat. Apapun itu gw akan sangat menghargai tanggapan dari lo semua.

Baik, semoga episode kali ini bisa menemani aktivitas dan membuka wawasan lo semua. Sedikit pesan sebelum gw puterin obrolannya. Mungkin cara atau hal yang di sampaikan di cerita ini agak berbeda dari metode / cara lain pada umumnya. Bisa jadi ini sesuai buat lo / lingkungan lo, bisa juga tidak semuanya cocok. Singkatnya gw ga mau bilang, “Don’t Try This At Home” juga, tapi lebih tepat ke “Your Milage May Vary”.

Penasaran sama ceritanya? OK deh, ini dia obrolan gw bareng Ariaseta Setia Alam, selamat mendengarkan.


wawancara


Baik, itu tadi wawancaranya. Semoga kurang lebihnya kita bisa mengambil manfaatnya. Di antara poin yang menurut pribadi gw menarik adalah gimana dalam belajar / mencoba sesuatu itu jangan terburu-buru untuk bilang ga passion / ga punya hasrat. Baru bolah mengambil keputusan seperti itu kalau udah nulis tutorial, ngajarin orang minimal 4 kali dan ngerjain 1 proyek. Ya gw tau ini keren banget secara teori kalau punya banyak waktu seperti mereka. Cuma kita bisa ambil benang merahnya, kita tentukan sendiri kriterianya, jangan bilang ga passion sebelum ini ini ini. Tentu saja bukan cuma ini poin yang bisa diambil. Silakan telusuri catatan episode nya di http://devmuslim.id/episode53

Khusus untuk lo yang baru dengerin, gw ucapin selamat datang. Podcast ini ngomongin seputar developer, apa yang bikin mereka produktif dan berkembang, masalah apa yang biasanya dihadapi dan seringkali dibumbui sama pengalaman bintang tamu yang diundang. Kalo lo merasa baru tahu ada podcast ini, itu sebagian besar karena yg udah dengerin belum kasih rating yang bagus, hehehe… Jadi salah siapa lo baru nemuin podcast ini? Salah gw, salah temen-temen gw? Udah, gw ga mau nyalaihn sape2. Udah pokoknya jangan tunda-tunda lagi, buruan kasih rating & komentar yg bagus. Podcast ini ada di Apple Podcast, Castbox, PlayerFM, Tune-In, termasuk di Google Podcast yang baru aja dirilis pokoknya di manapun lo mendengarkan podcast ini

Trus kalau ada saran, masukan, mau ngenalin orang yang bersedia di wawancara, atau mau sekedar nyapa aja, bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw di Twitter @devmuslimid.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: