Membahas komunitas developer di Bali, latar belakang terbentuk, perjuangan dan pencapaiannya bersama developer hebat dibalik BaliJS dan Facebook Developer Circle Bali, Trimikha Valentius.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Semoga lo juga begitu, sehat dan bahagia.

Makasih udah dengerin podcast Developer Muslim. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Maksudnya peduli sama lingkungan bukan hanya sebatas ngurangi sampah plastik, pakai energi dan sumber daya alam yang hemat aja. Eh sebentar, gw mo nanya nih, warna background editor lo gelap apa terang? Ya gw tahu itu sesuai dengan cahaya di sekitarnya sih, tp kalo layar elektronik seperti laptop, monitor, hp dan lainnya itu kalo warna gelap itu akan menghemat energi, karena perangkatnya kalau yang terang itu perlu daya yang besar untuk menampilkan pixel-pixelnya. Jadi secara umum disarankan untuk pakai warna background yang gelap.

OK, balik ke peduli lingkungan. Ya jadi maksudnya itu komunitas. Kalo lo lihat episode-episode yang sebelumnya, gw seneng banget sama komunitas. Melalui podcast ini gw coba cari tahu latarbelakang mereka, sukses & perjuangan mereka supaya kita bisa saling belajar dan dapat ide dari satu sama lain. Makanya gw seneng banget dikenalin sama salah satu tokoh komunitas di Bali yang superb kata orang Inggris.

Namanya Trimikha Valentius, kalo lo lihat di Internet, prestasinya luar biasa. Kalau umumnya developer profesional itu ga hanya sekedar jago koding, tapi juga aktif berbagi dalam tulisan dan presentasi. Nah, beliau ini lebih dari itu, yaitu mengurus komunitas. Bagi developer Bali gw yakin semuanya kenal beliau. Jadi beneran gw seneng banget bisa ngobrol bareng beliau dan mempersembahkan episode ini. Kalo lo di depan gw sekarang lo akan liat gw senyum2 sendiri saking senengnya. OK, langsung aja, silakan disimak.


Wawancara


Baik itu tadi obrolan gw bareng mas Mikha. Semoga kita bisa ambil pelajaran, ga hanya buat pengurus komunitas, namun juga sebagai peserta. Karena namanya komunitas, semua pihak ikut andil dalam keberlangsungan & kesuksesan kita bersama.

Dan ngomong-ngomong soal kesuksesan sebuah komunitas, di obrolan ini mas Mikha benar-benar meninggikan standar kesuksesan sebuah komunitas. Sebelumnya gw kira ukurannya itu sekedar yang datang banyak, bahasannya menarik, dan acaranya rutin. Tapi itu semua masih kurang kalau komunitas itu belum bisa saling membantu, belum bisa menciptakan lingkungan yang baik dan menghasilkan developer-developer yang siap bekerja. Gila ini bener-bener membuka mata gw, terutama yang terakhir itu. Karena meetup itu kan yang paling aktif sekalipun itu cuma 2x sebulan, pasti akan susah banget kalo harus jadi andil dalam meningkatkan keahlian atau mencetak developer-developer yang bagus untuk bekerja.

Sekedar ngingetin, kalo lo belum dengerin kisahnya mas Mikha, silakan lo cek podcast Ceritanya Developer episode ketiga. Link nya ada di devmuslim.id/episode56 dan apa-apa yang kita bahas di episode ini. Silakan ditelusuri.

Kritik dan saran untuk podcast ini bisa dikirim melalui email ke [email protected] atau DM gw di Twitter @devmuslimid. Ini bukan basa-basi ya temen-temen sekalian, gw sangat perlu masukan dari lo semua. Kalau mau email yang lainnya juga silakan.

Kalo lo suka banget / cinta sama podcast ini, hmm… gw rada percaya / ga percaya. Maaf-maaf aja ya, soalnya gw masih belum lihat rating / komentar yang bagus tuh. Ayolah, kasih rating yang bagus di Apple Podcast, Google Podcast, Castbox, PlayerFM, Tune-In, pokoknya di manapun lo mendengarkan podcast ini. Gw akan sangat berterima kasih.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: