Berbagi pengalaman seru dan catatan-catatan Ainan Ilmanda dari BEKRAF Developer Day 2018 Surabaya.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semuanya? Semoga lo baik-baik, sehat jasmani & rohani. Semoga kita bisa bertahan untuk tetap tenang di tengah suhu Twitter yang mulai memanas. Kalo gw pribadi sih menganggapnya banyak pihak posting yang bikin lo marah / kesel itu cuma ingin dapat perhatian orang banyak aja. Kita tetap fokus aja sama ngerjain hal-hal positif sebisa kita. Gw senang banget bisa terus bikin episode podcast, semoga bisa nambah sedikit wawasan buat kita semua.

Makasih udah dengerin & menyebarkan podcast ini. Terutama buat lo yang baru bergabung. Podcast Developer Muslim membahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli dengan sesama. Entah itu dalam komunitas developer maupun wadah yang mengumpulkan teman-teman yang profesinya berkaitan sama developer, seperti meetup / acara yang bahasannya lintas disiplin teknologi.

Di episode kali ini gw bersyukur banget bisa kenalan sama mas Ainan, web desainer & bloger dari Surabaya yang bersedia untuk berbagi pengalaman mengikuti acara BEKRAF Developer Day 2018 di Surabaya. BEKRAF Developer Day 2018 ini diselenggarakan oleh pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif, BEKRAF. Selain di Surabaya, acara ini juga diadakan di berbagai kota besar lain, seperti di Medan, dan awal agustus ini giliran Makassar.

Kalau lo kenal panitia dari salah satu BEKRAF Developer Day 2018 ini, bolehlah dikenalin ke gw biar kita bisa telusuri lagi acara ini dari sudut pandang penyelenggara, atau dari dunia industri atau dari komunitas yang memberikan materi. Sementara itu, yuk dengerin kesan-kesan dari peserta BDD 2018 Surabaya.


Wawancara


Baik itu tadi obrolan gw bareng mas Ainan tentang BEKRAF Developer Day 2018 di Surabaya. Semoga bisa memberikan gambaran buat kita semua. Mas Ainan juga nulis blog mengenai acara ini, jadi silakan lihat link-nya dan bahasan-bahasan lain yang ada di episode ini di https://devmuslim.id/episode58.

Sekali lagi gw mau makasih buat mas Ainan yang udah berbagi dan lo semua yang udah dengerin. Kalo lo datang ke acara-acara yang bermanfaat buat developer dan pengen berbagi juga untuk wawasan kita bersama, silakan email ke [email protected] atau langsung DM gw di Twitter @devmuslimid. Lo juga bisa sampein masukan untuk podcast ini, apa kepanjangan? Apa terlalu teknis? Atau kurang fokus dari topik / judul? Atau ga harus masukan, usulan juga boleh. Pokoknya apapun yang bikin episodenya lebih baik, gw mau denger dari lo semua & gw mau coba.

Setelah ngobrol ke beberapa orang, apakah langsung maupun chat, ternyata banyak juga yang belum tahu kalau podcast ini lebih enak dinikmati kalau lo langganan. Ya, langganan! Seperti blog yang lo suka sama tulisan-tulisannya, podcast 90% sama. Kalo di blog lo bisa nikmati langsung dari halaman web, tapi kan cara jadul banget kalo lo harus ke blog untuk ngecek udah ada artikel baru / ga. Cara yg lebih baik adalah langganan blog itu sama blog-blog lain pake RSS Reader. Nah, di podcast lo juga bisa langganan podcast-podcast lainnya dengan aplikasi podcast. Istilahnya podcatcher, di iOS ada Apple Podcast, dan lain-lain. Di Android ada Google Podcast dan lain-lain. Dan kaya aplikasi smartphone pada umumnya, ada yang tersedia di kedua platform (iOS & Android). Ada banyak contohnya, di antara yang terkenal mungkin Tune-In & Stitcher, aplikasi buat dengerin radio online. Di aplikasi-aplikasi ini, lo cari aja developer muslim. Kalo ga ketemu, segera mention gw di Twitter @devmuslimid.

Jadi kalo lo suka sama podcast ini, suka sama episode-episodenya, lo bisa langganan. Jadi begitu ada epsidoe baru, udah bisa langsung lo dengerin.

Dan mumpung lo lagi di aplikasi podcast, kasih rating dong, yang bagus..! Iya, pan kalo jelek ngadu aja di Twitter. Kalo bagus baru kasih rating. Hehehe… Buktikan kepedulian & dukungan lo. Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, Castbox, PlayerFM, Tune-In, dan masih banyak lagi. Lo bisa lihat pilihan-pilihannya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: