Membahas kiat-kiat dalam memberi & menerima nasihat dengan baik. Ini adalah episode pendahuluan dari segmen berseri yang coba disuguhkan di podcast ini bersama Aditya Pradana. Di episode ini dibahas pentingnya nasihat dan syarat-syarat pendukung agar proses memberi & menerima nasihat dapat berjalan dan sesuai dengan tujuannya. Baik itu untuk si pemberi maupun penerima nasihat.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Hai, halo, apa kabar semuanya? Semoga lo baik-baik. Alhamdulillah secara umum gw baik-baik, lagi berjuang melawan flu dan batuk sedikit. Jadi maaf suaranya agak bindeng. Makasih udah dengerin. Podcast ini membahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang & peduli dengan lingkungan. Baik itu lingkungan dalam konteks komunitas developer, lingkungan kerja maupun lingkungan tempat tinggal. Sengaja gw sebut ini biar gw juga inget sama sekup topik yang dibahas di podcast ini.

Kalo lo harus menyebutkan alasan kenapa lo suka sama podcast ini dan kalo boleh gw kasih usul ya, hehehe.. mungkin salah satunya adalah podcast ini bebas dari ngomongin politik. Yah itu kan mungkin ya, dan gw sekedar kasih alasan aja. Lo terima / ga ya silakan. hehehe.. Tapi coba bayangin kalo gw kegatelan sedikit nyinggung politik. Ouch.. that would be so ugly right? Sadar ga kalo gw jadi memanfaatkan keadaan politik supaya orang jadi suka ama podcast gw nih. Hahaha.. That is how powerful podcast can be, my friends. It’s intimate. It can speak directly to your brain Wahahahaha…

Anyways, maaf kalo gw terlalu lama intronya. Udah lama ga kasih intro kaya gini. Ya, setelah bahas pengembangan diri supaya ga FOMO (Fear of Missing Out), singgung komunitas dan belajar dari pengalaman seru para developer keren & berbakat. Kali ini gw coba ubah haluan sedikit bahas mengenai kedudukan kita sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan dan bekerjasama.

Beberapa bulan lalu gw ngobrol sama abang gw yang kerja di sebuah startup di London. Ada hal menarik yang dipresentasikan sama teman kantornya di sharing session di kantor mereka. Dan alhamdulillah abang gw bersedia untuk berbagi sama kita semua di podcast.

Sedikit perkenalan. Nama abang gw Aditya Pradana, biasa dipanggil Adit. Gw sih manggilnya mas Andi & surprise2 gw di rumah biasa dipanggil Dinda. Jabatan beliau saat ini adalah Head of Design di Engage Technology Partners, London. Beliau ini adalah mentor gw dan banyak memberikan andil dalam meraih apa yang gw capai hari ini. Mulai dari desain grafis, ngulik beberapa distro Linux dan lain-lain termasuk untuk dengerin podcast sejak 12 tahun yang lalu. Oh man, tuwir banget gw ye..

Ok, balik ke topik. Jadi yang presentasi temen abang gw itu tentang gimana cara ngasih & juga menerima nasihat dengan baik. Agar tujuan dari nasihat itu sampai baik untuk kedua belah pihak. Setelah gw dan abang gw coba rekaman untuk presentasi ulang, kita mau menambahkan konteks untuk budaya kita di Indonesia dan akhirnya kita mutusin kalo kita akan melakukan ini secara bertahap menjadi beberapa episode. Belum tahu angka pastinya, tapi gw seneng banget sama rencana ini, semoga berjalan dengan baik. Gw ga mau kasih intro terlalu banyak mengenai psycological safety karena gw pengen lo dengerin dulu baru Googling artinya apa.

Baik, obrolan kali ini agak serius dari sebelumnya, jadi coba siapkan diri lo. Selamat mendengarkan!


Wawancara


Maaf banget harus gw potong sampai sini obrolannya karena gw pengen kita bisa meresapi baik-baik materinya. Gw banyak dapet pelajaran & hal-hal yang baru dari sini. Semoga bisa membuka wawasan kita untuk tahu persiapan apa aja yang harus ada dalam memberi & menerima tanggapan / nasihat, dan juga sama istilah psycological safety.

Buat lo yang berpengaruh atau bisa mengusulkan sebuah budaya di perusahaan, ya coba lakukan donat meeting supaya saling kenal satu sama lain. Dan buat yang sudah / akan berkeluarga, kita juga bisa cari cara untuk mewujudkan adanya psycological safety ini. Gw rasa ga harus donat meeting sih, yang penting gimana caranya kita bisa kenal satu sama lain. Bisa makan siang bareng, atau bisa juga istirahat minum teh / kopi. Menurut pengalaman pribadi, kayanya maksimal itu 3 - 4 orang. Kalo lebih dari itu kayanya obrolannya kurang personal / pribadi. Gw pengen banget denger gimana situasi lo di lingkungan kerja, baik itu di kantor apalagi buat lo yang remote.

Gw pribadi sempat merasakan kerja remote dari Singapur untuk proyek kantor yang anggota tim lainnya di Amerika. Ya bener sih, kebayang sama gw kalo hal-hal seperti donat meeting itu bisa untuk menciptakan Psycological safety yang seluas-luasnya. Jangan lupa telusuri link-link yang ada di catatan episode. Udah bisa nebak di mana? Ya, di devmuslim.id/episode60

Di episode ini lo udah dengerin gimana pentingnya feedback / nasihat buat diri kita. Makanya di akhir episode ini gw selalu minta tanggapan dari lo semua. Apa yang kurang dan perlu dihindari, atau usulan gimana supaya lebih baik lagi. Apakah itu khusus episode ini, maupun secara umum podcast developer muslim. Ayo kita berkomunikasi supaya lo juga dengerinnya enak. Sebagai orang yang lagi belajar apapun, sebagai pengurus organisasi / meetup, tentu sangat mengharapkan tanggapan dari orang lain. Jadi mudah-mudahan episode ini membantu kita untuk sama-sama mengerti. Ayo, kita belajar dan alami bersama!

Sebagai poin yang bisa langsung dipraktikkan dari episode ini adalah gw pengen bikin psycological safety buat lo semua, para pendengar. Insya Allah ga ada hal / pertanyaan yang cupu selama lo benar-benar pengen tahu dan mau podcast ini jadi lebih baik lagi. Buktikan kepedulian & dukungan lo.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, Castbox, PlayerFM, Tune-In, dan masih banyak lagi. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: