Menceritakan pengalaman Abdul Fattah Ikhsan (Ikhsan) yang belajar otodidak jadi web developer yang membuat Javascript library di NPM dan aktif kontribusi di proyek open source lainnya.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik, masih agak pilek dikit. Semoga lo juga baik-baik, sehat, seimbang antara urusan di dalam maupun di luar rumah. Makasih udah dengerin, semoga nambah wawasan dan terhibur.

Buat yang baru dengerin, makasih. Semoga lo betah dengerinnya. Lo bisa dengar episode-episode sebalumnya, kali aja ada yang lo suka juga. Tempat yang paling tepat untuk itu adalah di Instagram karena gw naruh teaser selama 1 menit supaya lo ada gambaran episodenya bahas apa. Username nya devmuslimid. Kalo ada pertanyaan, usulan atau masukan silakan email gw di [email protected] atau DM di Twitter @devmuslimid.

Podcast ini membahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang & peduli dengan lingkungan. Bahasannya itu bisa melalui materi langsung, maupun dari pengalaman mereka yang jadi developer profesional.

Pengalaman adalah guru yang paling berharga.

Malah bisa disebut guru yang paling sabar dan ga pernah marah. Dia ga marah / menyalahkan kalo lo menentukan pilihan, seberapa kalipun lo memilih jalan yang ga bagus. Cuma ya lo tanggung sendiri akibatnya.

Gw bersyukur banget bisa kenalan sama Gardyan, siswa SMU yang belajar pemrograman dari les & privat sambil mengisi waktu cuti sekolah 1 tahun untuk penyembuhan penyakitnya. Terus juga sama Ridho, lulusan sebuah SMK di Kalimantan Selatan yang belajar pemrograman dengan ikut bootcamp di Jakarta. Dan sama Virta, yang banting setir dari profesinya sebagai jurnalis jadi developer dengan belajar pemrograman dari penyedia bootcamp yang sama dengan Ridho. Melalui mereka-mereka ini kita bisa sedikit menyelami tantangan mereka, apa yang bikin mereka semangat dan jalan-jalan apa yang mereka ambil untuk jadi developer yang berbakat.

Trus gimana untuk lo yang belum ada budget / alokasi dana yang cukup untuk ikut les / kursus? Nah, episode ini alhamdulillah gw ngobrol sama developer yang belajar pemrograman secara otodidak dari internet. Gw ga mau bocorin ringkasan obrolannya supaya seru kaya baca buku. Gw cuma minta lo dengerin 5 menit dari sekarang untuk tau latar belakang Abdul Fattah Ikhsan, biasa dipanggil Ikhsan, sampai dia jadi developer yang menonjol di kantornya. Ayo deh, simak baik-baik gimana kiat-kiatnya supaya bisa berkompetisi jadi developer profesional.


Wawancara


Ya itu tadi obrolan gw bareng ikhsan. Semoga lo bisa dapet poin-poin penting dari pengalaman beliau dan benang merah dari pengalaman-pengalaman developer keren lainnya yang lo kenal, setidaknya yang jadi tamu di podcast ini.

Topik mentor ini sepertinya menarik untuk dibahas di episode tersendiri. Kalo lo punya mentor, atau lo mentorin orang, atau kenal sama mentor, bolehlah kenalin ke gw. Kita berbagi pengalaman mulai dari gimana nyarinya, praktik apa saja yang efektif dan yang tidak.

Jangan lupa telusuri link-link yang dibahas di episode ini. Tau kan ada di mana? Yup, bisa lihat di devmuslim.id/episode61.

Gw mau dengar tanggapan dari lo semua. Kirim pertanyaan, masukan, pendapat atau komentar ke [email protected] atau DM gw langsung ke Twitter @devmuslimid. Makasih buat lo yang baru follow dan nyapa gw melalui DM di Twitter. Gw seneng banget bisa konek sama lo 4 mata di sana. Semua yang baru follow gw selalu gw DM, mudah2an masih mungkin dilakukan. Kalo lo kelewat kemungkinan tweet lo ga publik, atau lo juga DM duluan juga ga ada salahnya kan? Insya Allah gw balas.

Kalo lo seneng sama podcast ini, trus mau ngucapin makasih, kirim bunga, saldo dompet elektronik, voucher listrik, pulsa handphone dan lain-lain, dengan rasa hormat dan seneng gw bilang terima kasih. Terima kasih banyak. Cuma untungnya gw tuh orang yg gampang disenengin, gampang dipuasin. Lo cukup langganan aja dan syukur-syukur kasih rating aja mas, mbak, om, tante, abang, none sekalian. Buktikan kepedulian & dukungan lo.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, Castbox, PlayerFM, Tune-In, dan masih banyak lagi. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: