Berbagi pengalaman seputar Google Developer Group, khususnya di Bali dan acara Google I/O 2018 Extended Bali bareng developer muda berbakat dan co-manager Google Developer Group Bali, kadek Adi Andrea.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo, apa kabar semuanya? Semoga kita semua dalam keadaan sehat wal afiat. Jangan lupa berdoa dan membantu saudara-saudara kita se-tanah air yang terkena bencana, khususnya yang terjadi di Lombok. Semoga bisa segera ditangani semuanya dengan baik, aamiin.

Makasih udah dengerin. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Semua episode-episodenya disiapkan dengan konteks visi itu. Ya gw sadar, nama podcast-nya bisa bikin sebagian orang ga tertarik. Peribahasa bilang “ga kenal maka ga sayang”, jadi buat lo yang baru 1 / 2 kali dengerin ya gw persilakan untuk dengerin episode-episode yang lain supaya kenal dan menilai sesuai ga sih sama deskripsi yang gw jelasin barusan.

Ibaratnya kayak tempat makan, lo peduli sama namanya atau menu yang ada di sana? Ada macam-macam nama yang terkadang ga ada hubungannya sama makanan yang disajikan. Jadi buat lo yang baru dengerin, gw ucapin selamat datang. Silakan cari developer muslim di Apple Podcast atau Google Podcast, trus lihat judul-judul episode yang udah dirilis. Semoga lo nemu sesuatu yang menarik karena gw selalu berusaha untuk bikin episode yang ada sesuatu yang bisa lo ambil. Kalo punya usulan atau saran bisa email ke [email protected] atau DM gw di Twitter @devmuslimid.

Ga terkecuali sama episode kali ini. Gw seneng banget bisa kenalan & ngobrol-ngobrol sama kadek Adi Andrea, developer Android yang keren. Masih muda banget, tapi udah jadi co-manager Google Developer Group Bali. Selain ngomongin tentang Google I/O 2018 Extended di Bali, gw juga penasaran sama GDG nya itu sendiri. Seperti gimana sih kalau mau bikin di kota / daerah lain? Apa aja syaratnya dan manfaatnya dan lain-lain. Jadi dengerin baik-baik & selamat menikmati.


Wawancara


Baik itu tadi obrolan gw bareng kadek Adi. Semoga bermanfaat. Yang menarik buat gw adalah lingkungan komunitas di Bali dan aktivitas kadek Adi sampai berinisiatif bikin dan jalanin komunitas Android developer di sana. Ga heran dia diajak jadi co-manager GDG Bali karena dia cocok banget untuk posisi itu. Benar-benar luar biasa.

Semoga episode ini bisa menginspirasi lo untuk bangun komunitas di daerah lo. Aktifkan kegiatan-kegiatannya. Mungkin kalo bingung cari pembicara, kita bisa atur format pertemuannya.

Ya, itu sekedar contoh aja sih. Yang penting adakan pertemuan rutin dan didokumentasikan. Siapa tahu bisa berujung jadi GDG? Karena bisa dapat dukungan ga sekedar sponsor tapi juga pembicara-pembicara dari Google Developer Expert (GDE).

Jangan lupa telusuri link-link yang dibahas di episode ini. Tau kan ada di mana? Yup, bisa lihat di devmuslim.id/episode62.

Kalo lo seneng sama podcast ini, trus mau ngucapin makasih, kirim bunga, saldo dompet elektronik, voucher listrik, pulsa handphone dan lain-lain, dengan rasa hormat dan seneng gw bilang terima kasih. Terima kasih banyak. Cuma untungnya gw tuh orang yg gampang disenengin, gampang dipuasin. Lo cukup langganan aja dan syukur-syukur kasih rating aja mas, mbak, om, tante, abang, none sekalian. Buktikan kepedulian & dukungan lo.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, Castbox, PlayerFM, Tune-In, dan masih banyak lagi. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: