Berbagi pengalaman gimana rasanya memberikan presentasi di meetup untuk yang pertama kalinya bareng Mohammad Robih, yang akrab dipanggil Obi, mahasiswa UIN Malang.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik dan sehat. Gw harap lo juga gitu, pada sehat-sehat dan sukses sama aktivitasnya masing-masing. Pekan ini kesibukan gw meningkat jadi belum sempat bikin audiogram, video teaser buat episode sebelumnya. Masih belum punya workflow yang pas nih supaya bisa konsisten. Walaupun kelihatannya sederhana, bikinnya sendiri itu lumayan makan waktu juga.

Makasih udah dengerin. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Buat lo yang baru 1 / 2 kali dengerin, gw persilakan untuk dengerin episode-episode yang lain. Lihat aja judul-judulnya di website devmuslim.id atau instagram @devmuslimid. Semoga lo nemuin episode menarik buat lo dengerin di perjalanan, olahraga, beberes rumah dll. Trus kalo lo punya masukan, usulan atau pertanyaan bisa email ke [email protected] atau langsung DM ke Twitter @devmuslimid.

Di antara hal yang baik untuk perkembangan seseorang itu adalah bagaimana berkomunikasi dengan lingkungan sekitar. Bagaimana dia dapat menyampaikan pendapatnya atau informasi yang jelas dan teratur agar pesannya itu dapat dimengerti dan diterima dengan baik. Terlebih lagi untuk seorang developer, ada hal dan cara yang harus dipertimbangkan dalam menyampaikannya. Tapi sebelum itu, buat mereka-mereka yang baru belajar, keinginan untuk berbagi dan melakukan presentasi di meetup saja sudah tantangan besar tersendiri.

Makanya gw super seneng pas lihat tweet nya Obi yang bilang lagi nyiapin presentasi pertamanya di PHP Malang. Gw mau nangkep momen ini ke dalam sebuah episode. Jadi semua momen yang dia alami mulai dari persiapan materi, penyampaiannya, trus pas saat presentasi dan perasaan yang dialami setelah itu semua berakhir. Semoga ini bisa jadi inspirasi ga hanya buat yang baru belajar, tapi juga pengurus komunitas. Itu keren banget, gw beneran ga nyangka kalo komunitasnya itu perhatian banget dari awal sampai akhir. Selamat mendengarkan..!


Wawancara


Baik itu tadi obrolan gw bareng Obi. Bener-bener pengalaman yang luar biasa. Jadi pengen ikut komunitas PHP Malang nih. Pengurusnya keren banget. Awalnya seolah-olah menjorokkan anggotanya untuk presentasi di meetup selanjutnya, tapi ga dilepas gitu aja, didukung dan pas meetup juga jadi diskusi, bukan menempatkan pembicara sebagai yang harus tahu segalanya. Dan itu berakhir dengan kelegaan, kepuasan dan kebanggaan. Siapa sih yang ga suka sama happy ending? Itu sampe dikasih sertifikat karena udah kasih presentasi. Gw berharap itu bisa berkembang jadi bentuk penghargaan-penghargaan selanjutnya. Tiga kali dapet piring ya.. Ah, jangan piring lah, USB apa gitu pake logo sponsor.

Anyways, jangan lupa telusuri link-link yang dibahas di episode ini. Yup, lo bisa lihat di devmuslim.id/episode63. Pertanyaan & tanggapan atau yang lainnya bisa email ke [email protected] atau DM gw di Twitter @devmuslimid. Gw juga ada di Anchor, jadi lo juga bisa kirim pesan suara di sana.

Kalo lo seneng sama podcast ini, trus mau ngucapin makasih, kirim bunga, saldo dompet elektronik, voucher listrik, pulsa handphone dan lain-lain, dengan rasa hormat dan seneng gw bilang terima kasih. Terima kasih banyak. Cuma untungnya gw tuh orang yg gampang disenengin, gampang dipuasin. Lo cukup langganan aja dan syukur-syukur kasih rating aja mas, mbak, om, tante, abang, none sekalian. Buktikan kepedulian & dukungan lo.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, Castbox, PlayerFM, Tune-In, dan masih banyak lagi. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: