Membahas kiat-kiat dalam memberi & menerima nasihat dengan baik. Ini adalah episode kedua dari segmen berseri yang coba disuguhkan di podcast ini bersama Aditya Pradana. Episode ini membahas pentingnya masukan sehingga harus kita dapatkan walaupun di tengah-tengah kesuksesan kita dalam melakukan sesuatu.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semuanya? Semoga lo sehat wal afiat. Tetap bisa produktif dan berkembang, vertikal maupun horizontal.

Makasih udah dengerin. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Buat lo yang baru dengerin, selamat bergabung. Nanti pas udah selesai dengerin episode ini, coba cari “Developer Muslim” di aplikasi podcast lo atau di internet, lihat episode-episode lainnya. Semoga ada yang relevan buat lo dan juga bermanfaat.

Sedikit kabar dari gw. Alhamdulillah gw diundang untuk acara Web Unconf Indonesia 2018 di Yogyakarta tanggal 29 - 30 September. Dan insya Allah gw akan hadir. Lihat informasinya di catatan episode. Nanti di akhir episode gw akan bahas ini sedikit. Semoga semuanya berjalan lancar, amiin.

Kali ini gw mau lanjutin obrolan gw bareng abang gw di episode 60, tentang gimana memberi & menerima nasihat atau masukan. Waktu itu kita bahas arti sebuah masukan / tanggapan, kenapa itu penting & apa prasyarat agar penyampaian dan penerimaan nasihat itu bisa efektif. Yaitu dengan adanya psycological safety. Kali ini kita membahas di antara cara mendapatkan feedback / tanggapan dari orang lain.

Gw ulang sedikit perkenalan, buat lo yang belum dengerin episode 60. Nama abang gw Aditya Pradana, biasa dipanggil Adit. Gw sih manggilnya mas Andi & surprise2 gw di rumah biasa dipanggil Dinda. Jabatan beliau saat ini adalah Head of Design di Engage Technology Partners, London. Beliau ini adalah mentor gw dan banyak memberikan andil dalam meraih apa yang gw capai hari ini.

Buat yang belum dengerin episode 60, ga perlu khawatir, lo bisa langsung dengerin episode kali ini karena ada sebagian episode 60 yang gw rangkum jadi masuknya enak. Jadi abang gw mempresentasikan ulang apa yang teman kantornya sampaikan trus ditambah dengan konteks budaya kita di Indonesia, ya berdasarkan pengalaman beliau dan tanpa menghukumi / menggeneralisir semua orang seperti itu loh ya…

Baik, ini dia obrolanya. Selamat mendengarkan!


Wawancara


Baik segitu dulu obrolannya. Gw pengen pelan-pelan & singkat-singkat aja karena agak dalam. Gw usahain ada topik kaya gini di setiap bulannya. Doain aja semoga lancar.

OK, seperti yang dibahas tadi, kalo perlu masukan / tanggapan minta aja. Jadi ya gw harap lo mau kasih masukan / tanggapan untuk podcast ini, khususnya episode tertentu secara spesifik. Insya Allah gw akan terbuka dan menelan masukan itu dengan sebaik mungkin karena gw benar-benar perlu belajar dan perlu berkembang.

Meskipun gw udah rangkumin episode 60, gw sangat menyarankan supaya lo dengerin episode itu secara keseluruhan deh. Karena di episode ini bahasan utamanya mengenai psycological safety ga gw masukin dan itu sangat menarik dan esensial.

Jangan lupa telusuri link-link yang dibahas di episode ini. Bisa lihat di devmuslim.id/episode66. Trus juga sekalian lihat informasi acara Web Unconf Indonesia 2018 di Yogyakarta. Sebuah bootcamp untuk aktivis komunitas pengembang web Indonesia agar saling kenal dan berdiskusi agar pengembang web lainnya di Indonesia bisa ikut membangun web yang lebih baik. Gw seneng banget bisa diundang dan akan ketemu sama aktivis yang super keren-keren ini. Semoga gw bisa memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya.

Supaya lebih seru, gw ajak lo semua untuk lihat siapa-siapa aja aktivis komunitas yang diundang, trus kasih usulan topik / pertanyaan buat mereka. Gw utamakan yang berkaitan sama komunitas yang mereka urus, tapi bisa juga topik lain misalnya kiat-kiat supaya bisa begini / begitu, atau topik lainnya. Atau ga harus pertanyaan buat mereka, lo juga bisa kasih ide lain seputar acara ini. Kirim email ke [email protected] atau DM gw di Twitter @devmuslimid. Buktikan kepedulian lo & dukungan lo untuk podcast ini.

Mudah-mudahan semuanya lancar & ada pengalaman menarik yang bisa gw ceritain di podcast.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, Castbox, PlayerFM, Tune-In, dan masih banyak lagi. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: