Gw ngobrol bareng I Putu Roby Irawan (om Roby), sosok yang selalu haus untuk belajar sesuatu yang baru dan tidak pernah puas meskipun sudah lumayan lama mendalami suatu bidang teknologi. Seorang tokoh komunitas & aktif dalam belajar / mengajar di Bali. Dengerin hal-hal menarik yang bisa kita pelajari dari pengalaman beliau.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo semuanya! Apa kabar? Semoga lo baik-baik. Bagaimanapun keadaan kita, selama kita ga terancam jiwa raga, entah itu dari penyakit, debt collector atau yang lain, trus juga ga perlu pusing / khawatir besok mo makan apa, itu udah patut untuk disyukuri. Gw mo kasih momen sebentar untuk ngajak & ngingetin kita semua untuk mendoakan & memberikan bantuan untuk saudara-saudara kita yang terkena musibah, khususnya yang di Lombok dan baru-baru ini di Palu. Semoga mereka diberi kekuatan & ketabahan untuk menghadapinya. Semoga keadaan mereka segera membaik.

Makasih udah dengerin, terutama buat lo yang baru. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Kalo lo dengerin dari website devmuslim.id, gw saranin untuk langganan di Apple Podcast, atau di Google Podcast (instal di Play Store), atau aplikasi podcast lainnya. Kalo ga mau instal aplikasi baru, lo bisa cek di Spotify, Tunein, kalo aplikasi ini udah terinstal. Cari aja developer muslim, trus langganan. Atau dengerin dulu episode yang lain kalo belum siap dengerin suara gw. hehehe..

Episode kali ini gw ngobrol bareng sosok yang selalu belajar di sepanjang karirnya. Selalu memanfaatkan momen untuk belajar, apapun yang bisa dipelajari, bahkan terkadang belajarnya itu paralel. Baik itu belajar yang hard skill, yang bisa dilihat kasat mata, maupun belajar yang harus dilakukan dengan pengalaman-pengalaman yang berulang-ulang seperti ngajar, interaksi dengan orang dan juga membantu komunitas. Gw undang beliau ini untuk bahas pengalamannya yang unik jadi peserta Apple Developer Academy Indonesia. Tapi karena agak panjang dan gw menemukan beberapa poin yang penting dari topik utamanya, obrolannya harus dipisah jadi 2 bagian. Karena gw takut poin-poin penting ini terlewat atau sebagian dari lo lebih banyak konsen sama pengalaman beliau di Akademinya saja.

Di antara poin utama yang bisa gw sampaikan sebelum lo mulai dengerin adalah gimana berkomunitas itu mengakselerasi proses pembelajaran beliau. Karena sebelumnya beliau sibuk belajar sendiri dengan mengandalkan sumber yang ada di Internet. Secara pribadi ini membawa pesan buat diri gw sendiri yang mulai jarang menghadiri meetup yang langsung di daerah gw tinggal. Jadi gw berharap ini juga membawa dampak yang sama buat lo semua. Bahwa komunitas itu penting, sebisa mungkin datang, meskipun belum banyak berkontribusi. Baik, langsung aja dengerin obrolan gw bareng Om Roby, selamat mendengarkan.


Wawancara


Baik, itu tadi obrolan gw. Benar-benar luar biasa dan senang sekali bisa ngobrol bareng beliau. Insya Allah dilanjutkan di episode yang akan datang. Sengaja gw potong obrolannya pas lagi singgung Apple Developer Academy Indonesia, itung-itung teaser gitu, hehehe… Beneran, gw bagi dua karena takutnya porsi obrolan yang ini kurang jadi perhatian karena pengalaman di akademi itu benar-benar unik dan menarik. Gw saranin untuk dengerin ulang episode ini. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kita.

Jangan lupa telusuri link-link yang dibahas di episode ini. Lo bisa lihat di devmuslim.id/episode67. Pertanyaan & tanggapan atau yang lainnya bisa email ke [email protected] atau DM gw di Twitter @devmuslimid. Gw juga ada di Anchor, jadi lo juga bisa kirim pesan suara di sana.

Kalo lo seneng sama podcast ini, pastikan lo langganan untuk dapet episode terbaru. Syukur-syukur kasih rating dan komentar yang bagus. Itu aja yang gw minta. Ya kalo mo lebih, bisa ceritain juga ke temen-temen yang lain. Kalo mo lebih lagi dari itu email / DM di Twitter. Buktikan kepedulian & dukungan lo.

Seperti yang sempat gw singgung di awal, podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: