Berbagi pengalaman menghadiri Web Unconf ID 2018 di Yogyakarta dan cerita sedikit tentang Product & Development Podcast Community Indonesia (PDPC ID).


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semuanya? Semoga kalian semua baik-baik, sehat wal afiat. Alhamdulillah gw baik-baik. Gw pengen kasih momen sebentar sekali lagi untuk ngajak kalian semua untuk berdoa dan saling membantu saudara-saudara kita yang lagi kena musibah di Indonesia, khususnya di Lombok, Palu dan lain-lain. Setidaknya menahan diri dari repost,retweet, like atau komentar di media sosial sama hiruk pikuk yang terjadi. Ga semua yang lo benci itu harus ditanggapi, apapun alasan & tujuan baik lo.

OK, podcast ini bukan ngomongin media sosial, ngomentarin kejadian heboh atau yang lainnya. Podcast ini bahas developer, apa yang bikin mereka berkembang, produktif dan peduli sama lingkungan. Follower gw di Twitter & Instagram lumayan naik jadi gw mau sapa dulu buat mereka & kalian yang baru dengerin. Cuplikan-cuplikan episode podcast bisa kalian lihat di Instagram.com/devmuslimid. Ga semuanya sih, tapi dapetlah gambaran podcast ini tentang apa.

Obrolan gw bareng om Roby belum bisa gw lanjutin di episode kali ini karena gw mau kasih update sebentar dari acara Web Unconf ID 2018 di Yogyakarta dan kabar-kabar menarik lainnya. Gw excited banget sama kabar & rencana gw selanjutnya.

Web Unconf ID 2018

Acara ini baru pertama kali di Indonesia. Konsepnya sih sudah umum, Unconference itu maksudnya topiknya ditentukan sama peserta. Dan bukan siapa yang jadi pembicara, tapi semua peserta sama, punya hak dan kewajiban untuk diskusi sesuai topik yang dipilih bersama. Yang unik adalah para pesertanya ini dari orang-orang yang aktif di komunitas di dunia pengembangan web. Berawal dari idenya mas Yohan Totting yang pengen ngajak para aktivis komunitas ini untuk hangout bareng akhir pekan gitu di villa. Untuk tahun ini pesertanya berdasarkan undangan.

Alhamdulillah disambut dengan sangat positif. Salut buat semua pihak yang terlibat, dari penyelenggara, sponsor & peserta. Para aktivis ini rela meluangkan waktu, biaya dan tenaga untuk hadir ke Yogyakarta. Menurut gw semuanya ini rela hadir demi menciptakan komunitas yang bermanfaat untuk para pengembang agar web di Indonesia jadi lebih baik.

Acaranya bagus banget. Selain diskusi ada presentasi mengenai teknologi web dari Google, Mozilla dan sponsor, yaitu Tiket.com & SIRCLO. Trus disediakan juga waktu untuk networking, saling kenal dan lain-lain. Semuanya proporsional, ga ada yang lebih dan yang kurang. Bener-bener pas banget dengan situasi akhir pekan dan suasana tempat acaranya.

Gw rada nyesel ga bisa melakukan banyak atau kurang memanfaatkan momen langka itu. Gw ga merekam langsung satupun aktivis yang hadir di sana. Sebenarnya antara sungkan dan takut ga bisa menikmati acaranya sih. Emang minim jiwa jurnalis jadi ya udah takut ganggu / kepo-kepoin. Ya gw tau, kalo gw jadi pendengar kaya lo, gw pasti akan menyayangkan sih kalo ga ada rekaman / apa gitu. But hey, 2 episode lalu kan gw udah nawarin kalo ada yg mau lo tanyain akan gw sampein. Yah, well, ga jelek-jelek amat lah, setidaknya udah nawarin. Tapi yang jelas kalo ada kesempatan lain ga akan gw sia-siain lagi.

Trus yang gw sayangkan juga adalah pas selesai acara, sebenarnya bakal seru tuh kalo gw liat setup environment & tools para aktivis super keren ini. Ya siapa tahu kan ada insight supaya bisa lebih produktif / lebih baik lagi ngerjain / setup proyek / apapun lah. Walaupun ga harus best practices setidaknya alternatif lain kan? Wah, pokoknya sayang banget lah..

Semoga gw bisa menebus apa yang kelewat ini dengan mengundang mereka ke podcast untuk bahas topik-topik yang mereka geluti. Udah ada 1 di antaranya yang nanti insya Allah akan gw jelasin pas ngabarin PDPC ID. Akhirnya gw mau ucapin makasih banyak untuk semua pihak yang terlibat di Web Unconf Indonesia 2018 ini, dari penyelenggara, sponsor dan para pengurus komunitas yang hadir.

Product & Development Podcast Community - Indonesia

Nah, sekarang ngomongin PDPC ID (Product & Development Podcast Community - Indonesia). Jadi mas Riza Fahmi dari Ceritanya Developer podcast dan gw dari Developer Muslim berinisiasi untuk bikin komunitas pengurus & pendengar podcast-podcast yang membahas seputar product & development, tidak lebih dari itu. Semoga komunitas ini bisa jadi wadah kita bersama untuk saling membantu agar podcast-podcast yang baru muncul dapat berkembang dan ada tambahan konten menarik buat kalian para pendengar. Jadi mohon doa dan dukungan dari kalian semua.

Di antara ide yang mau kita jalankan saat ini adalah membuat repositori di Github yang berisi kumpulan ide-ide untuk komunitas maupun podcast-podcast pesertanya. Saat ini baru 4 podcast peserta, 2 podcast yang baru bergabung yaitu Wicara & Dunia Dalam Desain. Sejauh ini baru 1 ide yang gw masukin ke repositori ini. Karena ide ini masih sangat baru, masih banyak percobaan. Jadi harap maklum dan kami benar-benar sangat menghargai masukan dari kalian semua.

Ide topiknya sangat menarik, mengenai peran komunitas dalam pendidikan formal. Narasumbernya dari aktivis komunitas peserta acara Web Unconf 2018 pekan lalu. Silakan repositorinya di catatan episode devmuslim.id/episode68. Kalian bisa mengajukan pertanyaan / diskusi langsung di Github. Bikin isu baru di sana, sampaikan komentar kalian di sana. Kalian juga bisa langsung kirim Pull Request yang berisi minimal 1 file markdown. Tinggal ikuti aja formatnya dengan ide-ide yang sudah ada. Saya coba sediakan README yang jelas. Atau kalo mo kasih masukan gimana README yang jelas juga silakan.

Sekali lagi gw bilang ini masih percobaan. Kalo sukses akan gw terusin dengan perbaikan sana sini. Makanya gw perlu tanggapan & masukan dari kalian semua.

Baik, itu aja yang bisa gw sampaikan untuk episode kali ini. Semoga pekan depan gw bisa lanjutin obrolan gw bareng om Roby. Makasih banyak udah dengerin. Jangan lupa telusuri catatan episode di devmuslim.id/episode68. Pertanyaan & tanggapan atau yang lainnya bisa email ke [email protected] atau DM gw di Twitter @devmuslimid. Gw juga ada di Anchor, jadi lo juga bisa kirim pesan suara di sana.

Kalo lo seneng sama podcast ini, pastikan lo langganan untuk dapet episode terbaru. Syukur-syukur kasih rating dan komentar yang bagus. Itu aja yang gw minta. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: