Gw ngobrol bareng Omrobbie (I Putu Roby Irawan), sosok yang selalu haus untuk belajar sesuatu yang baru, yang berbagi pengalamannya ikut Apple Developer Academy. Seorang tokoh komunitas & aktif dalam belajar / mengajar di Bali. Dengerin hal-hal menarik yang bisa kita pelajari dari beliau.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semua? Alhamulillah baik-baik. Semoga lo juga pada sehat-sehat. Seimbang antara kebahagiaan karena koding / proyek lo berhasil dan kebahagiaan di luar kantor. Gw ga mau sebut apa karena bisa banyak banget contohnya dan juga relatif buat kita semua. Cuma yang jelas kebahagiaan itu banyak dipengaruhi sama gimana kita mensyukuri apa yang kita punya. Selama jiwa raga ga terancam dan ga perlu khawatir besok makan apa, itu udah layak untuk disyukuri.

Gw mau kasih momen sebentar untuk saling ngingetin sama kabar saudara-saudara kita yang terkena bencana, khususnya di Lombok, Palu, Donggala dan lain-lain. Bantu sebisa kita, doakan mereka semoga mereka diberi keuatan, bantuan dan perbaikan yang sempurna.

Makasih udah dengerin. Beneran, lo semua itu penyemangat gw untuk bikin episode. Podcast ini akan terus bahas tentang developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Kebanyakan web developer sih memang selama ini, tapi tetap terbuka sama mobile, desktop atau yang lainnya. Kenalin aja narasumbernya insya Allah gw akan ngobrol bareng dia. Selama ini ga dibedain apa masih baru belajar, atau masih sekolah SMU, apalai cuma sebatas gender.

Dan kali ini gw seneng banget akhirnya bisa melanjutkan obrolan gw bareng Omrobbie yang cerita pengalamannya ikut Apple Developer Academy cohort yang pertama, tahun 2018. Bagian pertama bisa dengerin kisah beliau belajar teknologi tanpa kenal lelah, semangat untuk membantu orang dan peran penting komunitas untuk beliau. Jangan di pause untuk dengerin bagian pertama karena topiknya agak terpisah. Jadi masih bisa nyambung lah kalo langsung dengerin episode ini.

Sebelum mulai, kira2 ada yang tau ga Apple Developer Academy itu? Sebuah akademi developer resmi dari Apple yang targetnya ingin menantang sekaligus menginspirasi siswa-siswanya melalui pendekatan multidisiplin dalam belajar & mengajar. Untuk membangun akademi ini, Apple bekerjasama dengan Universitas Bina Nusantara. Lokasinya ini di BSD Tangerang dan luas lahannya sekitar 15 hektar. Trus, lo tau ga sih, Apple Developer Academy ini ada berapa lokasi di dunia? 8? 10? Ah.. Ga gw jawab sekarang deh.. Jawabannya ada di akhir2 obrolan gw bareng Omrobbie. Penasaran kan? Baik, langsung aja dengerin deh.


Wawancara


Iiyup, nulisnya Omrobbie, digabung jadi 1 kata. Itu wanti-wanti beliau pas nulis judul episode ini. Mungkin brand-nya begitu. Beneran gw pengen banget nyoba daftar cuma sayang jalur hidup belum melihat itu sebagai suatu kemungkinan langkah yang bisa diambil. Hehe.. Benar-benar pengalaman yang luar biasa. Kalo lo masih kuliah, mau lulus atau baru lulus, gw sangat menyarankan lo untuk coba daftar. Seperti yang Omrobbie bilang tadi bebas latarbelakang lo apa.

Jangan lupa telusuri link-link yang dibahas di episode kali ini. Gampang kok, ada di devmuslim.id/episode69 Lumayan menghemat waktu untuk searching / Googling sana sini. Gw merasa Apple Developer Academy ini kok seperti underrated ya, kurang dapat antusiasme yang seharusnya. Coba kalo dibuka di Singapur, Malaysia atau Australia gitu, mungkin lebih dianggap wah gitu. Ya mungkin gw yang kudet dan udah skeptis kalo kadang-kadang orang kita kurang menghargai apa yang udah dibangun di negaranya. Inget ya, baru ada 3 Apple Developer Academy di dunia. Manfaatkan keadaan lo yang deket, masih di Indonesia, untuk kesempatan yang langka ini.

Anyways, ya udah buruan deh cari tahu tentang Apple Developer Academy ini. Sebarin ke temen-temen dan keluarga sekalian. Salah satunya buat dengerin podcast ini juga, ya kan. hehehe. Ya meskipun podcast gurem, tp pan baru di sini ada wawancara sama peserta Apple Developer Academy. Ye kan..? Haha.. Makasih banyak ya Omrobbie & mas Kresna yang udah ngenalin.

Sebelum gw tutup, ada informasi menarik nih buat yang lagi belajar prmrograman. Ada situs yang mendata sumber belajar pemrograman namanya koding.club. k o d i n g titik c l u b. Di sini ada kumpulan artikel dan link-link untuk belajar. Mulai link buku, web, komunitas, podcast dan masih banyak lagi. Pokoknya keren. Bikinan Hilman Ramadhan dari sekolahkoding.com. Buruan cek, koding.club. Link nya akan gw masukin di catatan episode.

Oh iya, udah tau belum kalo lo bisa kasih usulan tema yang menarik untuk dibahas di podcast favorit lo inih? Lo bisa ajuin dengan kirim Pull Request berupa file markdown yang isinya tujuan tema ini dibahas sama beberapa pertanyaan, syukur-syukur link yang jadi bahan juga. Belum kepikiran? Ga usah khawatir, lihat aja repo-nya di Github, udah ada beberapa rundown yang gw susun sendiri untuk episode-episode podcast mendatang. Keren, ga seru karena pertanyaannya udah dikasih tahu duluan? Ga masalah, kirim aja issue di Github, nanti akan gw balas insya Allah. Link repositori akan gw masukin di catatan episode.

Ngomong-ngomong podcast ini kira-kira bakal nongol di bagian New & Noteworthy ga ya di iTunes? Ayo dong min, gw kan udah bahas Apple Developer Academy, nyenengin gw sekali-kali. hahaha. Ah, rating di iTunes rada-rada ajaib emang. Mending gw minta dari lo aja deh nih pendengar sekalian. Tolong dong kasih rating yang bagus. Komentarnya juga yang asyik lah. Kalo belum langganan, ya buruan deh sana. Ga cuma yang bagus-bagus, kalo lo punya kritikan dan masukan, lo bisa email ke [email protected] atau DM gw di Twitter @devmuslimid. Buktikan dukungan & kepedulian lo sama podcast ini.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: