Continuous Integration / Continuous Deployment sangat diperlukan dalam merilis perubahan / update sebuah perangkat lunak. Sebagian developer atau tim terkadang melewatkan proses ini. Kali ini gw ngobrol bareng Aslam Hadi untuk membahas apa itu CI/CD, pilihan-pilihan yang bisa kita ambil untuk membangun CI/CD secara bertahap, sampai berbagai teknik & strategi deployment ke Production.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Semoga lo juga begitu keadaannya. Gw mo kasih slot sebentar untuk saling ngingetin sama keadaan saudara-saudara kita yang lagi kena bencana. Khususnya di Lombok, Palu, Donggala dan daerah-daerah lainnya. Semoga lo ga bosen. Layaknya iklan, semoga pesan ini bisa sedikit membantu untuk kebaikan kita semua. Ayo bantu sebisa kita, doakan agar mereka semua diberi ketangguhan, kesabaran, bantuan yang cukup serta perbaikan yang sempurna, amiin. Di setiap kesulitan itu pasti ada kemudahan. Dan di setiap kesulitan itu pasti ada kemudahan.

Makasih udah dengerin. Podcast ini bahas tentang developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Buat lo yang baru bergabung, lo bisa cek Instagram @devmuslimid buat liat cuplikan-cuplikan sebagian episode yang udah dirilis. Mudah-mudahan lo dapat gambaran tema cakupan podcast ini.

Setelah beberapa pertimbangan, akhirnya gw merasa perlu untuk menyisipkan slot waktu sebentar untuk saling kenal dan mempererat hubungan kita. Dan nanti akan gw jelasin juga kenapanya. Wo elah apa sih.. Ya ini agak setengah serius setengah santai sih. Karena beneran gw ga nyangka akan bisa ke episode 70. Maksudnya, gw jadi mikir gila nih, podcast ini mo gw ke manain arahnya? Tenang-tenang, bukan mau istirahat atau gimana. Ok, supaya lo ga bingung, ni kenape si tiba-tiba mellow begini? Nah, ini kenapa gw minta waktu lo sebentar untuk saling kenal dan mempererat hubungan kita. Kenalan lagi yuk. Mulai ya..

Hai, nama gw Adinda Praditya, biasa di panggil Dida. Web developer yang seneng banget dengerin podcast karena bisa dinikmati kapan aja, di mana aja. Trus bisa dapat insight yang lebih detil kalo dengerinnya diulang. Gw pengeen banget orang lain dapat informasi bermanfaat dengan podcast ini. Makanya di tahun 2017 gw memberanikan diri bikin podcast tentang developer, coba fokus sama apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Cuma karena waktu itu kurang kreatif pas ngasih nama, dan mikirnya juga pragmatis, yang penting bikin dulu, akhirnya podcast itu dinamakan Developer Muslim. Ya sebenarnya sah-sah aja, ga jelek. Cuma tentu saja muncul kesan eksklusif. Padahal dari awal sekali, ga ada kepikiran untuk itu.

Anyways, lanjut ya. Setelah 1 tahun ini dapat sambutan yang sangat baik, melanjutkan misi gw yang pengen banget saudara-saudara se-tanah air juga dapat informasi bermanfaat melalui podcast. Gw dan mas Riza Fahmi baru-baru ini menginisiasi komunitas podcast yang bertemakan produk & pengembangan, namanya Product & Development Podcast Community Indonesia, yang disingkat jadi PDPC-ID. Harapannya agar para profesional di dunia produk dan pengembangan ini juga dapat informasi bermanfaat yang sesuai dengan bidang pekerjaannya. Supaya kita bisa saling akrab antara podcaster dan para pendengarnya. Saling memberikan tanggapan dan ide-ide untuk dilakukan di podcast.

Melalui PDPC-ID ini, kita coba membuka diri ke lo semua. Dimulai dari repositori di Github yang isinya kumpulan ide-ide untuk PDPC-ID. Sebagai permulaan, isinya masih berupa rundown episode yang akan & sudah dirilis. Jadi rundown mengenai tujuan bahas suatu topik itu apa aja, pertanyaan-pertanyaan menarik yang akan disampaikan ke narasumber dan referensi yang terkait. Ini masih sangat baru, pre-alfa kalo kata developer. Tapi dari sana lo bisa ikut lihat gimana episode itu dirancang, bisa usul pembahasan di episode. Kalo ada yang ingin ditanyakan atau mau kasih tanggapan, bisa pakai Github Issues.

Semuanya ini komitmen kita buat lo semua yang dengerin. Lo bisa cek toko sebelah, eh, Google, komunitas podcast mana di dunia ini yang melakukan seperti ini? Hehe.. bukannya apa2, kita juga mau benchmark, hehehe.. Kalo belum ada, ya manfaatkanlah sebaik-baiknya. Ga harus kasih usulan, liat aja repositorinya. Semoga muncul pertanyaan / masukan yang bisa lo salurkan melalui Github Issue atau Pull Request-nya. Sekaligus mengalami sendiri, seperti apa sih, berkontribusi di open source itu.

Ya, jadi itu pesannya, maaf rada panjang, semoga layak & makasih masih terus dengerin (ga di skip). Gw pengen partisipasi lo semua. Ga sekedar episode yang lewat aja trus udah. Ayo berkontribusi balik untuk saudara-saudara kita di Indonesia yang dengerin ini. Gw pengen dengar tanggapan lo semua. Ikut jadi bagian dari orang-orang yang menyebarkan informasi bermanfaat ke penjuru negeri.

Baik, sekali lagi makasih udah dengerin. Sengaja ga gw bikin episode tersendiri untuk pesan-pesan kaya gitu karena ya gw tetap pengen ada sesuatu yang bisa diambil dari setiap episodenya. Kalo isinya cuma pesan itu aja kalo gw jadi pendengarnya, ya agak kecewa sih. ya ga?

OK, episode kali ini gw seneng banget bisa update pengetahuan gw sama CI (Continuous Integration) & CD (Continuous Deployment). Gw pikir CI/CD itu suatu kesatuan, ya mungkin kalo disebut salah satunya, itu bisa mencakup keduanya. Tapi kalo disebut satu per satu ya, ternyata itu kedua hal yang berbeda. Termasuk juga istilah Continuous Delivery. Makanya gw seneng banget bisa ngobrol sama Aslam Hadi, lead developer di GDIS Inovasi Indonesia. Seperti apa sekarang penerapan CI/CD ini? Alternatif apa saja layanan ini bisa didapatkan secara gratis? Trus langkah-langkah apa aja untuk bikin CI/CD yang ideal? Dengerin obrolan gw kali ini.


Wawancara


Baik, itu tadi obrolan gw bareng Aslam Hadi, Lead Developer di GDIS Inovasi Indonesia. Semoga bermanfaat. CI/CD itu ga hanya untuk orang backend, ya mungkin lebih umum / lebih dekat dengan mereka. Tapi itu sebenarnya perlu juga untuk deployment semua produk software. Jangan lupa telusuri link-link yang dibahas kali ini di devmuslim.id/episode70.

Episode ini menandai berakhirnya season pertama dari podcast Developer Muslim. Tenang-tenang, ini cuma penomoran & penandaan aja kok. Insya Allah penomorannya akan berlanjut 71, 72 dan seterusnya, cuma jatuhnya jadi season 2 aja. Perubahannya adalah insya Allah episodenya sudah akan menggunakan apa yang ada di rundown di repositori kumpulan ide. Jadi gw seriusan pengen terbuka sama lo semua. Silakan liat rundown-rundown lainnya, terus kirim Github Issues kalo punya pertanyaan & tanggapan. Lo juga bisa kirim Pull Request untuk mengajukan topik menarik yang mau lo bahas. Link repositori gw masukin di catatan episode.

Oh iya, ini harusnya gw sebut juga di awal perkenalan tadi. Gw tuh orangnya gampang banget disenengin. Jadi kalo lo ga perlu ngasih bunga, saldo dompet elektronik, atau voucher handphone untuk bilang makasih. Cukup langganan, kasih rating & komentar yang bagus di manapun lo dengerin podcast ini. Kritik dan saran bisa email ke [email protected] atau DM gw langung di Twitter / Instagram ke @devmuslimid. Inget ya, kalo yang bagus2, komentar & rating. Kalo kecewa, kritik & tanggapan lainnya, kirim email / DM. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: