Kali ini gw melanjutkan obrolan gw bareng Rahmad Slamet, aktivis Komunitas Programmer Makassar (KPM), yang bercerita pengalamannya membangun kembali KPM bersama teman-teman lainnya dan berupaya untuk mendekatkan hubungan kampus dengan komunitas. Semua ini terinspirasi dari pengalaman yang beliau dapat dari salah satu program Global Silicon Valley Labs di San Francisco.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Semoga lo juga sehat, seimbang antara di dalam & luar pekerjaan. Buat yang baru bergabung gw ucapin makasih udah dengerin. Podcast ini bahas tentang developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Cuplikan sebagian episodenya bisa lo liat di instagram.com/devmuslimid.

Seperti biasa, gw mau kasih waktu sebentar untuk saling ngingetin sama keadaan saudara-saudara se-tanah air yang kena bencana, khususnya di Lombok, Palu, Donggala & daerah-daerah lainnya. Ayo bantu mereka, terus doakan, agar kita semua diberikan kesabaran, ketangguhan dalam menghadapi musibah. Agar mereka mendapat bantuan dan proses pemulihan yang sempurna, aamiin.

Episode kali ini merupakan lanjutan dari obrolan gw bareng Rahmad, yang aktif di Komunitas Programmer Makassar (KPM). Beliau berbagi cerita tentang awal mula beliau berkomunitas sejak dari kuliah, gimana kedudukan komunitas buat beliau dan cerita gimana kampusnya mengubah penggunaan bahan ajar untuk mata kuliah web programming dari PHP ke NodeJS. Trus juga gimana upaya beliau untuk mendekatkan hubungan kampus dengan komunitas. Kalo belum dengerin, lo bisa cek devmuslim.id/episode71. Lo ga harus berhenti dengerin ini sekarang dan pindah ke episode 71 karena gw masih masukin beberapa cerita penting yang disampaikan di episode 71. Tapi kalo lo dengerin ini langsung setelah dengerin episode sebelumnya, lo bisa langsung skip ke menit ke 10. Gw pikir ya ga masalah juga kan ngulang sebentar, karena kalo benar-benar langsung lanjutin

Nah di episode ini, Rahmad berbagi pengalamannya sebagai salah satu peserta Indonesia Next 2016 yang terpilih untuk ikut ke San Francisco, apa saja yang ingin beliau bawa dari sana dan coba inisiasi penerapannya di Makassar, dan baru-baru ini juga di Ambon, tempat beliau berasal. Baik, langsung saja, berikut obrolannya.


Wawancara


Ya, itu tadi obrolan gw bareng Rahmad. Benar-benar pengalaman & cerita yang luar biasa. Semoga kita bisa dapat pelajaran & inspirasi dari sana. Semoga kabar-kabar dari Indonesia timur akan terus berlanjut. Dan juga kabar dari daerah-daerah selain Jawa & Bali. Amiin. Jangan lupa lihat link-link yang dibahas di catatan episode. Ada di https://devmuslim.id/episode72.

Pertanyaan, kritikan, saran atau cuma mau kenalan bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter @devmuslimid. Kalau belum ada bahan yang mau disampaikan, lo bisa lihat rundown topik-topik yang insya Allah akan dibahas di podcast ini di Github. Siapa tahu muncul pertanyaan susulan atau kepikiran untuk topik lain, ya kan? Silakan kunjungi https://bit.ly/devmuslimrundown.

Makasih buat lo yang udah kasih Pull Request di sana dan juga yang sudah DM di Twitter. Khususnya yang mengusulkan narasumber untuk HacktoberFest. Topik-topik lain juga masih tersedia. Oh iya, rundown tentang gimana pembentukan LampungJS udah ada. Ini kesempatan emas lo untuk masukin pertanyaan, khususnya yang lagi pengen banget bikin komunitas di daerahnya. Sekali lagi silakan kunjungi https://bit.ly/devmuslimrundown b i t titik l y garis miring d e v m u s l i m r u n d o w n.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d. Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus di aplikasi manapun lo dengerin podcast ini. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: