Gw ngobrol bareng Diky Arga dan Doni Rubiagatra, para aktivis komunitas developer, untuk membahas Hacktoberfest. Keduanya jadi panitia acara hacktoberfest lokal di Jakarta & Surabaya.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semuanya? Semoga lo baik-baik, sehat & bahagia. Alhamdulillah pekan ini lumayan menyenangkan buat gw karena ada hari libur nasional & acara RedHat Forum. Waktu rekaman kaya gini juga salah satu waktu favorit gw setiap pekannya. Khususnya untuk episode kali ini.

Makasih udah dengerin. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Cuplikan episode yang udah dirilis, sebagiannya bisa dilihat di instagram.com/devmuslimid.

Ya, kali ini sangat spesial karena cara mendapatkan narasumbernya, yaitu dari kalian semua pendengar & pendukung podcast ini. Baik melalui pull request di Github dan juga saran dari Twitter. Kalo boleh sedikit cerita, semuanya ini kembali lagi ke Hacktoberfest, acara yang gw baru tahu akhir September lalu.

Jadi udah agak lama juga terbetik niat untuk mempublikasikan rundown-rundown episode yang akan gw bahas dengan narasumber ke Github. Sempat ragu apakah ini akan berdampak baik atau justru malah bikin episodenya ga seru kalo udah tahu duluan setup & pertanyaan-pertanyaan yang akan dibahas. Sampai akhirnya mas Irfan Maulana membuat repositori di Github yang isinya daftar akun Medium keren dari para profesional software engineer di Indonesia yang bertepatan dengan Hacktoberfest.

Gw langsung terdorong untuk bikin repositori yang lebih luas lagi yaitu kumpulan ide, dengan rundown pertama yang gw masukkan mengenai Hacktoberfest karena sangat tertarik untuk bahas itu mumpung sedang berlangsung. Gw langsung buka issue untuk mencari siapa nih yang bisa & bersedia membahas Hacktoberfest. Ya kalo dari segi penulisan sih mungkin gampang ya, tinggal masukin nama narasumber trus kirim pull reqeust. Cuma ternyata kan itu ga sekedar tulisan, tapi harus mengupayakan narasumbernya.

Setelah 2 pekan nyebarin di Twitter ga dapat, sampai ber-lebay-lebayan segala pake ngengreus yang kesannya developer Indonesia belum banyak yang tahu gitu. Ah lebay dah pokoknya. Akhirnya di pertengahan pekan ketiga Pull Request itupun muncul dari mbak Farah Oktarina dengan yang mengusulkan mas Diky Arga, Mozilla Speaker, yang baru mengadakan Hacktoberfest di Mozilla space di Jakarta. Sementara di Twitter sebagian orang yang menyarankan mas Irfan Maulana sendiri dan mas Doni Rubiagatra dari Surabaya Py. Dan setelah dihubungi ketiganya waktu cocok dan memungkinkan dalam waktu dekat itu mas Diky & mas Doni.

Gw seneng & terharu banget bisa dapetin narasumber yang gw ga punya koneksi / kenalan langsung. Trus juga mereka bersedia dalam waktu yang relatif singkat. Obrolannya seru banget. Keduanya aktivis komunitas, mereka belum lama ini mengadakan acara Hacktoberfest offline, jadi bisa dapat inspirasi dari kedua acara itu. Wah, pokoknya seru banget.

Lo akan dengerin apa itu Hacktoberfest, apa itu open source, pengalaman di acara Hacktoberfest yang di Jakarta & Surabaya, kejadian-kejadian lucunya juga dan harapan-harapan untuk masa yang akan datang. Ini dia obrolannya


Wawancara


Baik itu tadi obrolan gw bareng Doni Rubiagatra dari Surabaya Python dan Diky Arga, Mozilla Tech Speaker. Semoga kita dapat inspirasi dan pengalaman dari mereka. Semoga partisipasi Hacktoberfest di Indonesia lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang. Makin banyak acara-acara hacktoberfest offline. Jangan lupa telusuri link-link yang dibahas di catatan episode. Udah tahu kan ada di mana? Ih kok keren banget sih bisa nebak.. Ya, itu ada di https://devmuslim.id/episode73.

Pertanyaan, kritikan, saran atau cuma mau kenalan bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter @devmuslimid dan coba mulai aktif juga di Instagram. Kalau belum ada bahan yang mau disampaikan, lo bisa lihat rundown topik-topik yang insya Allah akan dibahas di podcast ini di Github. Siapa tahu muncul pertanyaan susulan atau kepikiran untuk topik lain, ya kan? Silakan kunjungi https://bit.ly/devmuslimrundown b i t titik l y garis miring d e v m u s l i m r u n d o w n.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d. Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus di aplikasi manapun lo dengerin podcast ini. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: