Gw ngobrol bareng Wahyu Budi Saputra, biasa dipanggil Bucil, yang menceritakan pengalamannya menjadi Developer Student Club Lead di Bali.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Semoga juga begitu keadaannya. Chrome Dev Summit 2018 baru aja selesai. Banyak banget hal-hal yang baru, yang seru dan tentunya menarik. Asyik kali ya kalo ada yang bikin rangkumannya gitu. Semoga aja ada.

Makasih udah dengerin. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Cuplikan episode yang udah dirilis, sebagiannya bisa dilihat di instagram.com/devmuslimid. Alhamdulillah gw bisa menyempatkan untuk bikin cuplikannya untuk episode 73 yang bahas Hacktoberfest. Semoga untuk episode-episode ke depannya juga bisa dan syukur-syukur ada kesempatan buat juga untuk episode-episode lawas.

Kalo lo udah lumayan dengerin podcast ini, sebagian besar temanya akhir-akhir ini mengarah ke tema komunitas. Bagaimana peran komunitas buat narasumber yang diundang ini dalam membentuk & mengembangkan keahlian mereka. Baik keahlian koding dan produktif dalam berkarya, juga keahlian dalam memimpin, melayani dan berkomunikasi dengan berbagai pihak. Ini semua ga lo dapati di manapun, selain di komunitas. Gw ulang ya, ini ga akan lo dapati di tempat lain. Dari medan yang dihadapi, tantangan dan hal-hal lain itu, ga akan lo temui di tempat lain.

Makanya gw senang sekali tanya pengalaman komunitas dari narasumber dan secara khusus topik-topik yang dibahas di podcast juga mengarah ke tema komunitas. Karena menurut gw ini masih kurang mendapat perhatian yang cukup. Dan tema ini lebih besar dari sekedar topik teknis. Harapannya lo semua yang dengerin ini bisa punya motivasi dan semangat untuk berkomunitas. Yang pada akhirnya makin banyak developer-developer Indonesia yang berkualitas dan peduli sama lingkungan.

Makanya kali ini gw bener-bener bersyukur & senang sekali bisa mempersembahkan obrolan gw bareng salah satu Developer Student Club (DSC) dari 60 orang DSC Lead di Indonesia. Beliau ini sangat unik karena aktivitasnya banyak banget dan masih muda banget, ga sampe setengah perjalanan dari umumnya masa perkuliahan 4 tahun. Namanya Wahyu Budi, dari Bali. Kalo gw cuma bisa sebutin 1 pencapaian yang paling unik, dia yang bikin Unit Kegiatan Mahasiswa yang berkaitan sama pemrograman, di kampusnya, saat baru masuk jadi Mahasiswa Baru. Benar-benar unik kan?

Pas awal dihubungi, beliau tertarik untuk bahas gimana membangun komunitas developer untuk pelajar / mahasiswa. Cuma karena beliau saat ini menjabat jadi DSC Lead, kesempatan banget kan untuk cari tahu pengalaman beliau sebagai DSC Lead. Jadi kali ini lo akan denger apa itu DSC, tujuan & programnya, serta pengalaman Bucil menjalani perannya sebagai DSC Lead di Bali. Baik, berikut obrolannya. Selamat mendengarkan!


Wawancara


Baik, barusan obrolan gw bareng Bucil. Benar-benar pengalaman yang luar biasa. Maaf harus gw potong sampai di situ karena khawatir kepanjangan. Seperti biasa nih, gw belum bisa membatasi obrolan gw sama narasumber soalnya banyak yang mau gw ketahui. Gw belum nemu cara yang pas nih buat ini. Harap kasih masukan ya.. Baik, nantikan bagian selanjutnya Bucil akan berbagi rencananya & tantangan kedepan buat beliau. Jadi pantengin terus nih podcast.

Setelah gw dengerin ini, gw jadi ingat sama mas Mikha, Trimikha Valentius, yang sempat ngobrol tentang komunitas di Bali, di episode 56. Semoga ga berlebihan & bermasalah kalo gw bilang, “Kalo lo dengerin episode 56, Bucil itu kaya versi mahasiswa-nya mas Mikha.” Maksudnya karena banyak kemiripannya. Gw sangat menyarankan untuk dengerin episode 56 kalo belum dan juga episode 3 dari Ceritanya Developer podcast. Gw berharap lo akan sependapat sama gw.

Jangan lupa telusuri link-link yang dibahas di episode ini. Iih pada pinter-pinter amet nih lo semua! Pada bisa nebak link-nya! Ya, itu ada di https://devmuslim.id/episode74.

Pertanyaan, kritikan, saran atau cuma mau kenalan bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter @devmuslimid dan coba mulai aktif juga di Instagram. Kalau belum ada bahan yang mau disampaikan, lo bisa lihat rundown topik-topik yang insya Allah akan dibahas di podcast ini di Github. Siapa tahu muncul pertanyaan susulan atau kepikiran untuk topik lain, ya kan? Silakan kunjungi https://bit.ly/devmuslimrundown b i t titik l y garis miring d e v m u s l i m r u n d o w n.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d. Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus di aplikasi manapun lo dengerin podcast ini. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: