Melanjutkan episode 74, kali ini Bucil, panggilan akrab Wahyu Budi, berbagi cerita rencananya ke depan untuk terus membangun komunitas & ekosistem untuk developer yang masih mahasiswa / pelajar.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Semoga kabar lo juga menyenangkan pekan ini. Gw biasa rekaman pas akhir pekan makanya itu yang jadi pembuka episode. Bini gw sampai pernah nanya kenapa sih kalo mulai selalu begitu? Yah, susah emang buat gw. Ini juga padahal harusnya udah terbantu dengan nulis poin yang mo disampaikan sebelum rekaman. Kadang gw jadi mikir ini makin lama rekaman podcast kok makin mirip sama standup ya.. Seolah-olah ada tuntutan untuk menghibur lo semua. Sampe maksa muterin adegan film yang belum tentu semua orang ngerti karena bukan jamannya, hahaha.. Itu mah hiburan buat developer jaman gw ya..

Makanya kasih tanggapan ya.. Gw pengen tahu loh, tanggapan lo semua sama podcast ini, baik secara umum atau cuma di sebagian episodenya. Lo bisa email ke [email protected], DM gw di Twitter atau di Instagram. Makasih buat yang udah email & DM. Insya Allah akan ada episode tersendiri untuk baca & merespon balik ke kalian semua.

Makasih udah dengerin. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Cuplikan episode yang udah dirilis, sebagiannya bisa dilihat di instagram.com/devmuslimid. Alhamdulillah gw bisa menyempatkan bikin cuplikann 2 episode terakhir & akan terus juga bikin untuk episode-episode lawas. Kalo mau bantuin, bisa kasih saran menit ke berapa yang dijadikan perhatian / highlight. Karena itu akan menghemat waktu banget. Jadi gw masih ada waktu untuk nyiapin episode yang akan dirilis.

Kali ini gw langsung melanjutkan oborlan gw bareng Wahyu Budi, yang akrab dipanggil Bucil. Kalo belum dengerin episode lalu, episode 74, gw ngobrol sama beliau tentang pengalamannya ikut komunitas sebelum kuliah dan sebagai Developer Student Club Lead di Bali. Pencapaiannya benar-benar unik. Sekarang ini beliau di semester 3, sebagai Mahasiswa Baru bareng teman-temannya sudah menginisiasi Unit Kegiatan Mahasiswa baru di kampusnya dan berbagai macam aktivitas lainnya.

Nah kali ini Bucil akan berbagi rencana beliau selanjutnya untuk membangun komunitas & ekosistem developer khususnya buat mereka yang masih jadi mahasiswa, atau bahkan pelajar. Kalo mo dengerin episode 74 nya dulu silakan. Tapi ga gw tungguin ya.. Kali ini gw ga bikin rangkuman episode sebelumnya biar lo bisa bandingin enakan mana, dikasih rangkuman sebagian atau yang langsung seperti ini. Baik, ini dia lanjutan obrolannya.


Wawancara


Baik, barusan obrolan gw bareng Bucil. Benar-benar pengalaman yang unik. Kalo lo masih mahasiswa, gw sangat menyarankan untuk aktif ikut komunitas. Ga harus jadi pengurus, cukup bantu sekecil apapun itu udah sangat berarti. Gw tantang para mahasiswa nih, terutama buat yang belum pernah datang ke acara komunitas atau udah lama berhalangan hadir, untuk coba usahain datang. Ga hanya untuk dengerin materi, tapi juga untuk saling kenal dan berinteraksi. Rasakan manfaatnya. Kalau ada hal-hal yang ingin ditanyakan seputar komunitas bisa email ke [email protected] atau DM gw di Twitter / Instagram. Insya Allah akan gw bantu sebisanya. Bukan gw yang jawab, tapi mungkin kita bisa kumpulkan pertanyaan-pertanyaan itu, kita taruh di Github dan beberapa orang yang bisa bantu jawab bisa kita undang atau kirim email jawabannya nanti gw bacarin. Atau gimanapun caranya, kirim aja pertanyaan-pertanyaan itu, semoga akan ada penyelesaiannya.

Jangan lupa telusuri link-link yang dibahas di episode ini. Kali aja ada yang belum bisa nebak ada di mana gitu. Ya, itu ada di https://devmuslim.id/episode75.

Pertanyaan, kritikan, saran atau cuma mau kenalan bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid. Kalau belum ada bahan yang mau disampaikan, lo bisa lihat rundown topik-topik yang insya Allah akan dibahas di podcast ini di Github. Siapa tahu muncul pertanyaan susulan atau kepikiran untuk topik lain, ya kan? Silakan kunjungi https://bit.ly/devmuslimrundown b i t titik l y garis miring d e v m u s l i m r u n d o w n.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d. Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus di aplikasi manapun lo dengerin podcast ini. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: