Membentuk & mengembangkan komunitas developer adalah pekerjaan yang ga mudah, terlebih lagi di lingkungan yang masih belum mengenal developer dengan teknologi mutakhir. Gw ngobrol bareng pemuda berbakat, salah satu inisiator dari LampungJS, Haidar Afif Maulana untuk berbagi pengalamannya. Semoga bermanfaat ga hanya untuk daerah lain yang ingin membangun hal serupa, tapi juga untuk kita semua agar tetap menjaga agar komunitas kita tetap aktif.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Semoga lo juga begitu. Makasih buat lo yang udah berpartisipasi di tagar #TanyaDevMuslim di Twitter. Cukup nambah pengalaman baru buat gw. Insya Allah pekan depan akan gw bagi poin-poin tanggapan dari gw & pertanyaan-pertanyaan lo akan dijawab. Kalo lo punya waktu 25 menit untuk dibuang, hehe.. silakan nonton rekamannya. Link akan gw kasih di catatan episode. Harap kasih tanggapan & usulan gimana supaya lebih baik lagi. Email & DM gw di Twitter atau Instagram.

Karena sering bahas komunitas di beberapa episode terakhir ini, gw jadi mulai ikut hadir ke acara-acara developer di tempat gw tinggal, sejak udah sekian lama jarang hadir. Ya, masak gw bahas komunitas, jelasin manfaat-manfaatnya, tapi gw sendiri ga menjalaninya secara konsisten dan berkesinambungan.

Makasih udah dengerin. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Cuplikan episode yang udah dirilis, sebagiannya bisa dilihat di instagram.com/devmuslimid.

Manfaat komunitas itu banyak banget dan udah sering banget disampaikan sama narasumber di banyak episode. Sepertinya sudah menjadi konsensus dari orang-orang sukses, terutama dari bidang yang kita geluti, teknologi, digital dan yang berkaitan dengan keduanya, akan pentingnya komunitas. Gw baru-baru ini denger Dunia Dalam Desain episode 9 mengenai UI Desainer. Di akhir episode, ada wejangan yang bagus mengenai komunitas, terutama untuk yang mulai belajar suatu keahlian.

Namun sayangnya, keberadaan komunitas ini belum merata di Indonesia. Di luar Jawa & Bali, itu jarang sekali ada komunitas developer. Makanya cukup mendapat perhatian gw kalau ada aktivitas komunitas yang diadakan di luar itu. Dan gw senang banget bisa ngobrol sama Haidar Afif Maulana, salah satu inisiator komunitas LampungJS. Komunitas ini baru dibentuk di pertengahan tahun 2018 dan pertemuan pertamanya bulan Agustus 2018.

Harapan gw sih kita semua bisa dapat pelajaran / masukan gimana membangun komunitas, gimana berjuang agar komunitas itu hidup dan berkembang. Terutama untuk yang benar-benar ingin mewujudkan peran & manfaat komunitas itu di lingkungan kita tinggal. Pekan lalu gw lihat video acara Google for Indonesia 2018. Gw suka dengan tema yang mereka pakai yaitu “maju rame-rame”. Jadi kalau mereka sudah berupaya untuk mencetak developer-developer baru di Indonesia, ya harapannya itu juga akan dilanjutkan dengan komunitasnya. Dan itu harus diupayakan dari individu masing-masing developer.

Buat lo yang pengen bikin komunitas atau mau menghidupkan kembali komunitas di daerah lo, semoga obrolan gw bareng Haidar ini bisa sedikit membantu. Selmat mendengarkan!


Wawancara


Baik, itu tadi obrolan gw bareng Haidar. Semoga bermanfaat. Jangan lupa telusuri link-link yang dibahas di episode ini. Itu ada di https://devmuslim.id/episode77.

Pertanyaan, kritikan, saran atau cuma mau kenalan bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid. Kalau belum ada bahan yang mau disampaikan, lo bisa lihat rundown topik-topik yang insya Allah akan dibahas di podcast ini di Github. Siapa tahu muncul pertanyaan susulan atau kepikiran untuk topik lain, ya kan? Silakan kunjungi https://bit.ly/devmuslimrundown b i t titik l y garis miring d e v m u s l i m r u n d o w n.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d. Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus di aplikasi manapun lo dengerin podcast ini. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: