Setelah awalnya iseng dengerin episode-episode di tahun 2018, ternyata banyak momen-momen menarik di tahun itu. Jadi kali ini gw kumpulkan ala kadarnya. Di kesempatan ini gw mau berterimakasih sama orang-orang yang sudah banyak membantu gw bikin podcast seperti sekarang ini.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar? Semoga lo baik-baik, menikmati hari-hari santai pekan lalu. Siap dan seger untuk menghadapi 2019. Bencana besar lagi melanda Indonesia. Ayo bantu sebisa kita, doakan mereka semoga mereka diberi keuatan, bantuan dan perbaikan yang sempurna. Amiin.

Makasih udah dengerin. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Cuplikan episode yang udah dirilis, sebagiannya bisa dilihat di instagram.com/devmuslimid.

Pas ngedit obrolan bareng Kresna di episode lalu, gw jadi inget pertama kali gw ngobrol bareng beliau di awal tahun 2018. Trus gw jadi kepikiran untuk dengerin semua episode-episode di 2018. Awalnya gw pikir ngapain? Trus akhirnya gw mulai juga itung-itung biar gw inget lagi apa yang udah pernah gw sebut di depan publik, mana yang belum. Ya biar yakin lah apa yang belum kesebut mengenai pribadi gw, ga keceplosan, hehehe.. Dan alasan-alasan keamanan lainya. Gw rasa pengetahuan mana yang udah jadi informasi publik, mana yang belum, itu akan membantu untuk kedepannya. Masih hipotesa sih, kayanya seru. Ya udah deh, akhirnya dengerin lagi dengan kecepatan 2x dan ternyata menyenangkan juga.

Dan alhamdulillah, wow, ga kebayang sebelumnya gimana semuanya bisa terjadi. Gw sangat bersyukur dan berterima kasih buat lo semua. Khususnya untuk narasumber yang sudah berbagi. Makasih, makasih banyak. Tanpa lo semua, podcast ini akan jauh lebih garing, ga jelas gw akan ngomong apa. Gw ga yakin akan bisa melakukan hal yang sama di tahun 2019, karena ini bukan kerjaan utama gw. Doakan aja semoga bisa memaksimalkan kesempatan & potensi yang ada. Sama kasih rating & komentar yang bagus dong di manapun lo dengerin podcast ini.. hehehe Ya, sekali lagi makasih buat lo semua.

Baik, jadi pas gw dengerin episode-episode di tahun 2018, ya gw jadi kepikiran dong buat bikin episode ringkasan. Apalagi podcast-podcast yang gw dengerin bikin hal yang serupa, makin terdorong lah. Awalnya ga pernah kepikiran karena “ah, belum layak lah bikin episode review.” tapi pas dengerin lagi, ya ternyata seru juga. Jadi akhirnya gw bikin alakadarnya. Ya siapa tahu bermanfaat buat lo yang baru tahu sama podcast ini untuk dengerin episode mana yang menarik buat mereka.

Ini pertama kalinya gw bikin yang seperti ini jadi harap maklum. Gw kejebak mikir kalau bikinnya sederhana, harusnya ga makan banyak waktu. Awal-awal ideal harus begini, begitu. Tapi semakin waktunya mepet, ya gitu deh.. Sayang gw ga sempat masukin momen-momen yang bagus lainnya. Jadi kalo ga dimasukin bukan berarti itu ga bagus ya.. Baik ini dia, semoga bermanfaat.

Baik, yang pertama ada Satya Kresna yang membahas Web Accessibility di episode 41. Cuplikan berikut adalah pesan agar teman-teman developer peduli sama Web Accessibility. Silakan dengerin baik-baik.


Cuplikan episode 41


Selanjutnya ada Kunto Aji yang membahas mengenai tidur & dampaknya di episode 43. Dan di cuplikan ini beliau juga membagi tips produktivitas untuk menjaga tidur buat diri sendiri dan teman-teman satu tim. Semoga kita bisa lebih perhatian sama hal ini. Silakan dengerin.


Cuplikan episode 43


Berikutnya ada Muhammad Ghazali di episode 44 yang membahas Tools untuk produktivitas. Di cuplikan ini beliau berbagi bagaimana nemuin tool baru dan gimana agar kita terus memperbaiki diri tool apa yang harus kita pakai dan lain-lain. Silakan dengerin.


Cuplikan episode 44


Selanjutnya di episode 40 gw ngobrol bareng panitia Scrum Day Bandung, mbak Najla Sef & Scrum coach, mas Rudy Rahadian. Cuplikan ini berisi pesan mas Rudy mengenai scrum yang paling dasar dan sementara mbak Najla sedang mencoba mempraktikkan Scrum di departemen lainnya. Silakan dengerin.


Cuplikan episode 40


Masih di Scrum Day Bandung, gw bersyukur bisa mengundang Reydi Sutandang, yang berbagi poin-poin yang beliau dapat dari acara itu. Di antara yang paling berkesan adalah Scrum for Remote Team, yang dibawakan oleh pak Edo, scrum master di BCA dan ibu Asyirini dari WGS. Dan gw gabungin juga pesan yang senada dari pembicara-pembicara lain di sana. Silakan dengerin cuplikan berikut.


Cuplikan episode 49


Pas banget sama yang mas Rudy bilang, “Scrum is for smart people”. Silakan dengerin episode 49 & 51 karena oleh-oleh Scrum Day Bandung ini gw jadikan 2 episode.

Baik, dari Scrum Day Bandung, gw banting setir untuk dengerin ceritanya mbak Virta yang berhasil banting setir beneran dari pekerjaan sebelumnya sebagai jurnalis di CNN Indonesia, menjadi developer yang spesialis generalis. Eh bener ga sih. Ya pokoknya seinget gw beliau pengen jadi generalis yang jago lah. Ini ada di episode 59. Cuplikan ini kesan-kesan beliau setelah banting setir. Silakan dengerin.


Cuplikan episode 59


Hahaha.. Seru banget emang ngobrol sama mbak Virta. Dengerin episode 59 kalo lo tertarik.

Selanjutnya ada episode 60 di mana gw ngobrol sama abang gw sendiri, Aditya Pradana, mengenai memberi & menerima nasihat. Cuplikan ini menjelaskan pentingnya nasihat untuk kita semua. Silakan dengerin.


Cuplikan episode 60


Selanjutnya ada episode 61 di mana gw ngobrol bareng temen gw Ikhsan yang cerita pengalamannya otodidak jadi developer. Cuplikan ini menceritakan pengalamannya waktu gw larang pakai React, namun akhirnya beliau malah sekarang mahir pakai React bahkan mengajar kursus React. Silakan dengerin.


Cuplikan episode 61


Selanjutnya ada episode 63 saat gw ngobrol sama Obi, mahasiswa UIN Malang yang berbagi kesan-kesannya menyiapkan dan memberikan presentasi untuk pertama kalinya di Meetup. Pengalaman yang sangat unik. Semoga makin banyak pembicara-pembicara baru tercetak. Cuplikan ini menceritakan saat persiapan dan bagaimana dukungan pengurus komunitas juga berperan. Salut buat obi dan teman-teman komunitasnya. Silakan dengerin.


Cuplikan episode 63


Ya, itulah di antara peran-peran komunitas yang semoga bisa diangkat dari episode 63. Ini jadi pembuka cuplikan-cuplikan berikutnya yang menyinggung komunitas. Dan salah satu yang unik adalah pengalaman Omrobbie di episode 67 yang memberikan contoh Belajar Teknologi Tanpa Mengenal Lelah. Cuplikan yang saya angkat adalah bagaimana beliau sangat bersyukur dan berterima kasih atas teman-teman komunitas di Bali.


Cuplikan episode 67


Makasih banyak Omrobbie. Salah satu tanda berterima kasih dan rasa syukur yang sangat tinggi adalah berkontribusi balik ke komunitas. Dan beliau sudah memberikan contoh yang sangat baik kepada kita semua akan hal itu. Sama halnya dengan mas Mikha, pengurus BaliJS & Developer Circles Bali. Sayang ga bisa gw masukin cuplikan kata-kata emasnya karena gw udah bikin dan ga ketemu file-nya. Silakan dengerin episode 56.

Masih dari Bali, sekalian aja gw sebut episode 74 di mana gw ngobrol dengan Wahyu Bucil menjadi Developer Student Club Bali 2017 / 2018. Cuplikan ini menceritakan hal yang unik bagaimana beliau sebagai mahasiswa baru, benar-benar baru masuk, tapi sudah berhasil mendirikan Unit Kegiatan Mahasiswa yang berkaitan sama developer.


Cuplikan episode 74


Dan yang terakhir yang mau gw angkat adalah episode yang membahas Hacktoberfest, yaitu episode 73. Ini benar-benar berkesan buat gw karena gw memanfaatkan momen #Hacktoberfest untuk cari pembicaranya. Makasih banyak buat semua yang sudah terlibat. Khususnya buat mas Diky Arga, Mozilla Tech Speaker dan Doni Rubiagatra, pengurus Surabaya Py. Cuplikan ini menjelaskan apa itu Hacktoberfest.


Cuplikan episode 73


Baik itu dia beberapa momen yang bisa gw masukin. Silakan dengerin lagi yang mana yang menarik buat lo. Kalau udah punya aplikasi podcast tinggal cari aja episodenya. Kalau belum, lo bisa kunjungi situs devmuslim.id. Untuk langsung ke catatan episodenya masing-masing, lo bisa kunjungi devmuslim.id/episode trus sebutin nomor episodenya. Misalnya devmuslim.id/episode 67 atau devmuslim.id/episode73.

Baik, waktunya mepet banget. Banyak banget kendala teknis yang gw hadapi tadi. Harap maklum. Gw sangat berterimakasih buat lo semua yang udah mendengarkan, berkolaborasi, berbagi cerita, mengenalkan narasumber, apapun itu. Terima kasih, terima kasih banyak. Err… Tinggal rating aja nih.. ayolah diserbu. Hehehe…

Pertanyaan, kritikan, saran atau cuma mau kenalan bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid. Kalau belum ada bahan yang mau disampaikan, lo bisa lihat rundown topik-topik yang insya Allah akan dibahas di podcast ini di Github. Siapa tahu muncul pertanyaan susulan atau kepikiran untuk topik lain, ya kan? Silakan kunjungi https://bit.ly/devmuslimrundown b i t titik l y garis miring d e v m u s l i m r u n d o w n.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d. Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus di aplikasi manapun lo dengerin podcast ini. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: