Waktu gw datang ke Ruby Conf 2018 di Kuala Lumpur, gw ketemu orang Indonesia yang kerja di Bangkok. Dan ternyata dia mahasiswa jurusan Mikrobiologi di ITB yang magang ke software house keren di Bangkok. Hah, seriusan? Dengerin cerita Fikri Karim gimana semua ini terjadi.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semuanya? Semoga lo baik-baik. Alhamdulillah gw juga ok. Makasih buat lo semua yang udah berpartisipasi di tagar #TanyaDevMuslim di Twitter. Maaf ngabarinnya agak dadakan. Karena awalnya ga kepikiran akan ngadain itu lagi dalam waktu dekat. Tapi karena gw akan berakhir pekan di Riau insya Allah dan ya kayanya asyik juga kalo dimanfaatin untuk kasih hadiah sederhana buat sebagian dari lo yang terpilih. Makanya dibikinlah alasan untuk dapat hadiahnya, yaitu tagar #TanyaDevMuslim.

Makasih udah dengerin. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Cuplikan episode yang udah dirilis, sebagiannya bisa dilihat di instagram.com/devmuslimid.

Lanjut sedikit mengenai tagar #TanyaDevMuslim kemarin. Sepertinya tagarnya harus diubah karena kesannya gw pengen banget ya, ditanyain gitu. Padahal mah kagak expert-expert amat. Haha.. berarti masih ngaku kalo expert dong. Nggak, nggak, ya saya standar lah seperti developer yang lain. Ya sebenarnya gw pengen hangout aja bareng lo semua. Nanti deh dilanjutin di episode berikutnya pas gw tanggapi tweet-tweet yang bertagar #TanyaDevMuslim. Ga nyangka bisa bertahan 34 menit. Kalau penasaran, link akan gw kasih di catatan episode. Harap kasih tanggapan & usulan gimana supaya lebih baik lagi. Email & DM gw di Twitter atau Instagram.

Baik, kali ini gw senang banget bisa merilis obrolan gw bareng Fikri Karim, mahasiswa Mikrobiologi ITB yang magang ke Lombok jadi Ruby developer. Kalo sekitar 2 pekan lalu lo lihat screenshot yang gw tweet mengenai pengalaman internasional dengan magang, inilah obrolan yang dimaksud. Karena banyak informasi yang sayang kalo dipotong, dan kalo dibagi 2 pun nanggung, jadi episode kali ini lumayan panjang. Semoga obrolan ini bisa kasih gambaran & peluang buat lo magang ke luar negeri. Selamat mendengarkan!


Wawancara


Baik, itu tadi obrolan gw bareng Fikri Karim. Semoga bermanfaat & memberikan wawasan serta ide buat lo magang ke luar negeri. Jangan lupa telusuri link-link yang dibahas di episode ini karena banyak yang penting. Kalo umur lo masih 20an, lo bisa lanjut dengarin podcast Curhat Babu episode yang judulnya 20an. Podcast ini curhat nya seorang Bapak dan Ibu, jadi Babu nya itu singkatan, bukan kata yang biasa dikenal. Penyiarnya Ario Pratomo, vlogger, youtuber dan aktivitas-aktivitas beliau yang lain. Link Curhat Babu & link-link menarik lainnya bisa dilihat di https://devmuslim.id/episode81.

Sebenarnya masih ada poin-poin yang mau gw sampaikan dari obrolan ini, tapi karena ini aja udah 50an menit. Semoga pertanyaan & yg dibahas di episode kali ini benar-benar mengena dan merupakan informasi yang pengen banget lo dapetin. Kalau kurang, atau ada bahasan yang pengen lo singgung, tau ga sih, sebenarnya tuh lo bisa lihat rundown topik-topik yang bakal dibahas di podcast Developer Muslim. Itu ada di Github. Silakan kunjungi https://bit.ly/devmuslimrundown b i t titik l y garis miring d e v m u s l i m r u n d o w n.

Kalo Github bukan tempat yang cocok buat lo untuk kasih ide. Ga masalah! Lo bisa nanya, kasih saran, mau kenalan atau - yang lagi ngetren sekarang - “Maaf, sekedar mengingatkan” Ga masalah! Gw seneng malah! Lo bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d. Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus di aplikasi manapun lo dengerin podcast ini. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: