Episode kali ini gw akan jawab pertanyaan-pertanyaan #TanyaDevMuslim di awal Januari 2019 yang mencakup kedudukan mentor & gimana mencarinya, tips kerja-hidup seimbang, tips ngoding, tips podcast dan masih banyak lagi.

Selamat untuk Afridjal, Andrean Hendy & Anugrah Ramadhan yang terpilih untuk dapat hadiah sederhana, stand hp. Insya Allah hadiahnya akan segera dikirim. Dan terima kasih untuk lo semua yang uda berpartisipasi.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar? Semoga lo baik-baik terlepas dari apapun yang terjadi di media sosial. Belum lama ini ada episode bagus dari Teh Atau Kopi, podcast nya Hilman Ramadhan, Sekolah Koding. Semoga membantu kita semua, untuk tetap waras, tidak terbawa emosi.

Selamat untuk Afridjal, Andrean Hendy & Anugrah Ramadhan yang terpilih untuk dapat hadiah sederhana, stand hp. Insya Allah hadiahnya akan segera dikirim. Dan terima kasih untuk lo semua yang uda berpartisipasi. Kali ini gw akan jawab pertanyaan-pertanyaan lo dari tagar #TanyaDevMuslim.

Makasih udah dengerin. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Cuplikan episode yang udah dirilis, sebagiannya bisa dilihat di instagram.com/devmuslimid.

Balik lagi ke tagar #TanyaDevMuslim. Mohon maaf, pertanyaan-pertanyaan yang ga berkaitan sama topik developer terpaksa tidak dibahas. Kayak ada aja gitu ya.. Ya dibilang aja buat informasi dan jaga-jaga kali aja ada pertanyaan yang seperti itu.

Baik, langsung aja gw tanggapi pertanyaan-pertanyaan yang masuk.

Jawaban-jawaban dari #TanyaDevMuslim

1. Fikri Syahfalaq bertanya soal kedudukan mentor & bagaimana mencarinya?

Apakah punya seorang mentor saat belajar coding itu penting? Jika penting bagaimana tips mencari seorang mentor yang tepat dan mau mementori kita? Interaksi awal apa yang harus kita mulai kepada calon mentor? @Fikrisyahfalaq

Jawaban: Pertanyaan ini ga kelihatan saat broadcast live. Wah ini sebenarnya topik yang rencananya akan dibahas. Insya Allah saya push rundown-nya ke Github. Narasumbernya belum dapat, kalau ada yang bersedia silakan.

Sementara ini gw jawab singkat aja. Punya mentor itu penting, namun tidak harus dan bukan keperluan yang mutlak. Kalau punya itu enak banget. Enak dalam artian bisa berkembang lebih cepat dan terarah. Bukan enak dalam arti disuapin atau dilayani ya..

Sepengetahuan gw mentor itu bisa didapatkan dari layanan atau bisa jadi hubungan baik yang terjadi karena terbiasa. Melalui diskusi misalnya, atau ngobrol teknis, atau yang lainnya. Dan itu untung-untungan sih. Gimana ya, kadang kan ga semua orang lagi pas mood nya untuk bantuin orang lain. Trus juga dilihat dari seberapa jauh usaha orang yang lagi belajar / lagi nyari mentor itu mencari solusi & usaha sendiri.

Jadi kalo boleh saran,

  1. Belajar sendiri dan berusaha semandiri mungkin. Internet ada, tinggal kita mau terus cari jalan dan menganalisa jalan yang udah diambil. Misalnya mau cari framework frontend nih. Bingung mau milih mana, ya coba aja cari jalan, pilih sendiri, bandingkan sendiri. Setelah coba, analisa lagi, penilaian lo sendiri gimana.
  2. Banyak diskusi dengan komunitas, entah itu forum, group Telegram atau offline. Tunjukin apa yang udah lo kerjain. Bikin catatan belajar buat diri sendiri. Syukur-syukur bagi ke teman dekat lo / taruh di blog.
  3. Kalau ini udah terbiasa, dan udah biasa komunikasi dengan orang yang lebih senior, mereka akan lihat usaha-usaha lo di poin-poin sebelumnya. Gw rasa ini akan meningkatkan kemungkinan untuk lama kelamaan akan jadi mentor yang bisa lo tanyain pendapatnya dan terkadang mereka ga segan-segan untuk bimbing lo untuk naik ke tingkat selanjutnya.

Itu aja, maaf jadi agak panjang. Doakan agar bisa taruh rundown-nya ke Github dan dapat narasumber yang bagus.

2. Ijul bertanya mengenai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan di luar itu

Seberapa pentingnya work-life balance saat bekerja sebagai developer? Pekerjaan, belajar hal baru / improve skill dan social life terkadang tidak balance. Dan mungkin bisa memberi nasihat buat kami yang masih muda dan belum berkeluarga @afrijaldz

Jawaban: Kalau pertanyaannya seberapa penting, ya penting banget karena sebagai makhluk sosial, kita ga hanya kerja dan kerja. Bahkan kalaupun kita alokasikan persentasi ke pekerjaan yang termasuk di dalamnya ke pengembangan keahlian, dengan adanya keseimbangan dari sisi di luar itu, dari keluarga, teman dan hal-hal yang ada karena status sosial kita, entah itu sebagai anak, orang tua, pasangan, teman, itu akan berdampak balik juga ke pekerjaan. Karena kesenangan yang kita dapatkan dari di luar kerjaan itu akan memberikan ketenangan dan kadang-kadang inspirasi. Atau setidaknya tidak memberikan tekanan saat kita kerja.

Sebaliknya juga begitu, kalau ga seimbang nanti akan mengganggu konsentrasi bekerja. Makanya dengan mengerti pentingnya keseimbangan ini, kita harus pintar-pintar menjaganya.

Saran gw buat kita semua adalah menyadari kedudukan kita di mata orang lain dan penuhi kewajiban-kewajiban atau tuntutan-tuntutan sosial yang diharapkan pihak lain dari diri kita. Sebagai anak, sebagai pemuda/pemudi di lingkungan tempat tinggal, sebagai penumpang kereta yang dapat tempat duduk dan melihat ada yang lebih membutuhkan tempat duduk itu.

Kemudian, mawas diri dengan penggunaan waktu kita. Trus klasifikasi sudah ke mana aja. Prioritaskan sesuai dengan penilaian & keyakinan masing-masing. Ada hal-hal yang terpaksa dikorbankan. Cuma hal yang sudah dikorbankan berkali-kali tentu akan jadi naik prioritasnya.

Gitu aja sih. Jadi

  1. Sadari pentingnya masing-masing sisi dari kerja & kehidupan.
  2. Yang membawa kepada pentingnya menjaga keseimbangan.
  3. Untuk jaga keseimbangan, kita perlu:
    1. Sadar sama status kita di lingkungan sekitar
    2. Mawas diri dengan penggunaan waktu
    3. Klasifikasi waktu yang udah terpakai & prioritaskan sesuai dengan penilaian kita masing-masing.

Semoga membantu.

3. ‏Handoyono bertanya lagu / suara agar tetap fokus ngoding.

Bang bang … Apakah ada lagu atau suara yang bikin kita fokus untuk ngoding?.. itu bener ngaruh nggak? Atau malah membuat distraksi lebih banyak?. @Handoyono11

Jawaban: Gw ga tahu kalau ada lagu atau suara yang bisa bikin kita fokus. Kalau ga salah dulu ada aplikasi yang mengklaim suara-suara yang dikeluarkan akan berdampak ini itu dan penasaran sempat coba, tapi ga berhasil dengan itu. Dan jangan percaya sama gw juga karena gw bukan ahlinya. Saran gw sih cari cara lain yang lebih baik & masuk akal untuk fokus.

4. Anugrah bertanya agar ngoding tetap fun.

Gimana sih tips biar ngoding tetep fun? @dekadensiotak

Jawaban: Agar koding tetap menyenangkan, bisa coba teknik pomodoro. Baca & coba ikutin aja prinsipnya. Kuncinya saat harus koding, harus benar-benar fokus. Dan saat istirahat, harus benar-benar istirahat. Jangan pas istirahat ngatur-ngatur jadwal, baca blog teknis / tutorial atau hal-hal yg mikir lainnya. Keliling, jalan kaki, lihat yang jauh-jauh, yang menenangkan & menyenangkan pokoknya.

5. Hani Ramadhan bertanya soal Software Defined Network

Apa sih Software Defined Network itu? Apakah akan mengubah kebutuhan software engineer secara keseluruhan? @haniXVI

Jawaban: Pertama-tama gw baru denger istilah SDN ini. Jadi menurut Wikipedia,

Software-defined network adalah sebuah konsep pendekatan jaringan komputer dimana sistem pengkontrol dari arus data dipisahkan dari perankat kerasnya. Umumnya, sistem pembuat keputusan kemana arus data dikirimkan dibuat menyatu dengan perangkat kerasnya.

Sebuah konfigurasi SDN dapat menciptakan jaringan dimana perangkat keras pengontrol lalu lintas data secara fisik dipisahkan dari perangkat keras data forwarding plane. Wikipedia Indonesia

Jadi dengan pemisahan ini kita bisa mensimulasi, menganalisa keamanan, merancang arsitektur aluran data dan hal-hal lainnya. Lo bisa cari video penjelasannya di YouTube, kemungkinan lo akan dapat. Nanti gw kasih link video yang menurut gw lumayan bagus penjelasan & penggunaan SDN ini. Terus juga ada tulisan orang Indonesia yang lumayan menjelaskan SDN ini.

Balik ke pertanyaannya, apakah akan mengubah kebutuhan software engineer secara keseluruhan? Gw agak kurang ngerti maksud / arah pertanyaannya sih secara jujur. Kalau maksudnya jadi akan dituntut untuk bisa SDN atau jadi nilai tambah kalau ngerti sama SDN? Untuk jabatan yang berkaitan sama jaringan & sistem, mungkin bisa jadi demikian.

Kalau yang dimaksud kebutuhan dalam arti demand software engineer jadi meningkat. Menurut gw iya, karena untuk memrogram jaringan tentu akan ada bahasa / kerangka kerja tersendiri. Jadi konsep-konsep dalam sebuah software perlu diajarkan ke mereka-mereka yang mengurus jaringan.

Itu yang bisa gw jawab. Semoga membantu.

6. Burhanudin Hakim bertanya & mengusulkan ngobrol bareng mas Soesapto

Sudah ada kah? atau kalau belum kapan ada rencana podcast mas soesapto? @udnpico

Jawaban: Belum, mas Soesapto belum pernah diundang. Gw akan sangat senang sekali kalau ada yang bisa mengenalkan. Sementara ini udah ada beberapa orang yang udah gw deketin jadi akan belum sempat menghubungi beliau langsung. Cuma kalau dikenalkan langsung ya gw terima dengan senang hati banget. Trus juga harap usulkan materi yang akan beliau bahas di podcast. Karena lo semua lebih punya pandangan dan ide yang lebih baik dari pada gw.

7. Andrean Hendy bertanya trend pemrograman, bahasa & framework di 2019

gimana soal trend pemrograman di 2019, bahasa pemrograman apa yang akan banyak dipakai, framework apa yang seharusnya dikulik atau dipelajari mas. Di beberapa artikel masih sangat sedikit yang bahas. @andreanhendy_

Jawaban: Itu pertanyaan sederhana tapi jawabnya susah banget dan akan panjang. Perlu penelitian & pengalaman yang lumayan dalam. Biasanya yang lebih bisa menjawab ini adalah software house, konsultan, atau juga tempat kursus / bootcamp. Makanya ga heran sangat sedikit yang bahas ini.

Waktu broadcast gw udah kasih lihat buku kecil yang bahas ini. Keren sih itu, rangkuman ga hanya trend bahasa program / library, tapi saran-saran yang bukan teknis juga ada. Namanya Thoughtworks Radar. Kalau ada yang belum tahu, Thoughtworks itu perusahaan konsultan yang ternama, banyak panutan dan pujangga yang kerja di sana. Jadi isinya sangat komprehensif yang pernah gw lihat. Bisa jadi rujukan.

Yang gw punya itu volume 18. Volume 19 baru dirilis. Nanti link nya gw taruh di catatan episode. Semoga membantu & terjawab.

8. Andrean Hendy bertanya search engine untuk sehari-hari.

Lebih pilih google atau DuckDuckGo sih untuk search engine sehari-hari. Ada isu sih soal google, misalnya si Google ini ngetrack lokasi kita, bener nggak sih? @andreanhendy_

Jawaban: Gw pribadi jarang banget pakai DuckDuckGo. Masih suka pakai tapi persentasinya masih sangat kecil dibanding pakai Google.

Untuk isu kalau Google ngetrack lokasi kita. Menurut gw itu pilihan aja. Kalau kita mau hasil pencariannya menyesuaikan dengan lokasi kita, ya silakan. Kalau ga juga ga ada masalah kan? Dan yang paling penting adalah ini dilakukan dengan transparan dan jelas, jadi kita tahu kalau kita kasih data lokasi kita ke mereka. Jadi gw belum melihat adanya isu di sini.

Itu yang bisa gw jawab. Semoga membantu.

9. Ihwan bertanya tips podcast

semoga tidak telat, tips tips podcast mas dida hehe, ‏@Ihwan_ID

Jawaban: Pertanyaannya agak umum nih. Apa ya.. Gini deh, gampangnya coba usahakan punya tujuan untuk setiap episodenya. Tentukan aja 1 - 2 buah gitu. Tanyakan ke diri sendiri, pesan apa yang pengen lo sampaikan buat pendengar. Trus kalau udah rekaman, coba dengerin lagi, kira-kira sampai ga pesan yang mau lo sampaikan tadi. Ya itung-itung unit test sederhana lah. Hehehe.. Jangan langsung deploy ke production. Pernah lihat meme gambaran orang yang nekat langsung deploy ke production? Hahaha.. Yah bayangin aja sendiri.

Cuma jangan berlebihan harus sempurna banget. Kan saran gw setidaknya dengerin sekali aja. Trus maklumi diri lo untuk ketidaksempurnaannya. Setidaknya lo udah berusaha untuk menyampaikan dengan baik. Udah ada niat bahwa lo akan menyampaikan suatu pesan. Orang akan menghargai hal itu. Dan semoga mereka akan kasih kesempatan untuk dengerin lo lagi di episode berikutnya.

Buat yang berminat bikin podcast, silakan bergabung ke PDPCID (Product & Development Podcast Community Indonesia). Sementara ini bisa email ke [email protected] atau DM di Twitter. Website nya masih dalam proses. Tunggu aja tanggal mainnya. Insya Allah dalam waktu dekat, mungkin 1 - 2 bulan lagi, akan merilis podcast.

10. Apologise bertanya gimana mengatasi aktivitas saat ngoding

Bagaimana mengatasi turun nya aktifitas saat ngoding, suatu saat saya semangat pas mulai dan tiba tiba drop di tengah jalan. @firmnardians

Jawaban: Coba dicari sebabnya menurun di tengah jalan itu apa. Kalau kurang semangat, coba diingat-ingat lagi apa yang bikin semangat seblumnya. Bayangkan hasil yang akan dicapai nantinya. Mungkin juga perlu istirahat sejenak, kasih waktu 15 menit misalnya.

Karena tidak dijelaskan sebabnya apa, gw jadi ga bisa jawab secara terperinci juga.

Baik, itu aja yang bisa gw sampaikan di episode ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa telusuri link-link yang dibahas. Semuanya ada di https://devmuslim.id/episode82.

Pertanyaan, kritikan, saran atau cuma mau kenalan bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid. Kalau belum ada bahan yang mau disampaikan, lo bisa lihat rundown topik-topik yang insya Allah akan dibahas di podcast ini di Github. Siapa tahu muncul pertanyaan susulan atau kepikiran untuk topik lain, ya kan? Silakan kunjungi https://bit.ly/devmuslimrundown b i t titik l y garis miring d e v m u s l i m r u n d o w n.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d. Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus di aplikasi manapun lo dengerin podcast ini. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: