Semua developer harus latihan (workout) untuk menjaga keahliannya dan mematangkan ilmunya agar siap dan ga buntu saat ngoding! Kali aja lo belum tahu atau sempat tahu tapi lupa, episode kali ini membahas aplikasi Enki untuk membantu mengasah keahlian yang diperlukan sama developer.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar? Alhamdulillah gw baik-baik. Semoga lo juga segar bugar dan seneng. Salah satu kunci kebahagiaan seseorang adalah bagaimana dia bisa melihat & mensyukuri keadaannya. Selama besok kita ga cemas mikirin akan makan apa dan merasa aman besok mau beraktivitas apapun, itu udah patut untuk disyukuri. Kenapa? Karena kita bisa bebas mau melakukan apa aja, bebas memanfaatkan waktu & kesempatan yang ada untuk produktif.

Makasih udah dengerin. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Cuplikan episode yang udah dirilis, sebagiannya bisa dilihat di instagram.com/devmuslimid.

Ngomong-ngomong soal produktif, apa sih sebenarnya produktif itu? Buat gw pribadi, produktif itu berarti suatu keadaan di mana kita bisa menghasilkan sesuatu yang berguna dengan memanfaatkan waktu yang ada, terutama waktu luang. Dengerin podcast adalah di antaranya. Jadi lo semua udah bener nih, pada dengerin podcast. Di perjalanan, pas antri, nunggu kembalian saat abang / mbak nya lagi nukerin uang kecil, dan lain-lain. Nah, kalo udah kehabisan podcast untuk didengerin, apa lagi nih, ya kan? Kalau gw dulu suka main game di hp, lihat media sosial dan lain-lain biasa lah ya.. Tapi trus kadang lo pernah terbesit pikiran ga kalau sebenarnya kita bisa pake waktu itu buat yang lebih bermanfaat, santai, tapi tetap seru kaya main game?

Jadi kali ini gw semangat banget mau kasih rekomendasi aplikasi yang cocok buat developer di semua kalangan. Ga hanya buat yang pengen atau lagi belajar pemrograman, tapi juga buat yang udah senior atau lama bergelut jadi developer bertahun-tahun. Gw akan jelasin nanti kenapa bisa begitu. Jadi aplikasinya ini lebih kepada latihan atau olahraga. Kalau olahraga kan untuk menjaga agar badan & otot tetap bugar dan kuat, nah aplikasi ini menjaga keahlian kita dalam ngoding atau memperkuatnya dengan hal-hal kecil / tips yang baru dalam bidang yang kita minat.

Makanya cocok buat yang pengen belajar pemrograman karena aplikasi ini ngasih materi-materi dasar yang dikemas dengan sederhana untuk mengerti suatu konsep secara singkat. Yang lagi belajar / memperdalam keahlian pemrograman pun juga akan merasakan manfaatnya. Materinya dibagi menjadi beberapa minat, bahasa pemrograman, dan topik. Minat itu seperti Web & Linux, trus bahasa programannya ada Javascript, Python, SQL & Java. Terus untuk topik ada Security & Comp. Sci. Trus ada juga Git. Contoh materi yang gw masih inget sampai sekarang itu untuk Linux misalnya, itu ada tip gimana jalanin perintah tanpa masuk ke history. Atau gimana mengulangi argumen tertentu. Jadi hal-hal kecil yang sangat bermanfaat buat digunakan saat kerja. Trus ada juga tips di bahasa pemrograman tertentu misalnya.

Dan bagi gw pribadi ini cocok banget buat developer senior karena ada hal-hal kecil yang belum kita tahu. Atau ada hal-hal yang udah kita tahu tapi masih jarang kita pakai. Itu beneran kaya nemu emas-emas kecil sih kalau lagi jalanin aplikasi ini. Jadi ibarat atlit, aplikasi ini untuk menjaga otot memori otak kita dalam menyelesaikan masalah. Dan ibarat panglima / warior, aplikasi ini menjaga kita untuk tetap tangkas dalam menangani medan yang lagi kita hadapi sebagai apapun jabatan kita. Iya benar, karena cakupan materinya lumayan luas.

Baik, semoga lo udah ngebet pengen tahu nama aplikasinya. Gw rasa aplikasi sejenis ini udah lumayan ada beberapa sih, cuma yang gw senang banget makainya dari sekitar 1 tahun yang lalu sampai sekarang adalah Enki. Itu ada di Android & iOS, nanti link nya gw masukin di catatan episode. Dan gw bikin episode ini ga dibayar, murni karena gw suka banget sama aplikasinya dan kelihatan banget kalau mereka benar-benar memikirkan user-nya. Jangan-jangan ini dari developer untuk developer, ga sekedar bikin. Kalau lo tahu aplikasi yang konsepnya mirip dan lo merasa terbantu sekali dengan itu, harap email gw atau DM di Twitter / Instagram.

Setup Enki

Baik, gw mau cerita sedikit pas gw pakai Enki ini. Jadi pas pertama kali buka, kita bisa login (dengan Github atau Google), atau mau lihat-lihat dulu / buat akun baru. Kalau buat baru, ini alur yang akan lo lewati:

  1. Pilih keahlian yang lo minati. Ini yang sebelumnya gw bilang ada Web, Python, Javascript, Git, Linux, dan lain-lain. Ga ada batasan milih berapa, setidaknya 1 aja udah cukup. Di setiap pilihan ini, lo juga kan ditanya levelnya. Ada:

    • beginner (pengen mulai dari awal banget),
    • familiar (udah ngerti dasar-dasarnya, tapi belum yakin sama penggunaannya),
    • confident (fitur baru, pola / pattern baru, framework baru; lo pengen belajar semuanya tapi ga yakin gimana mulainya)
    • Expert (udah mahir beberapa topik, tapi masih nyari informasi tambahan)

    Gw pilih Web, Javascript, Linux & SQL dengan level familiar. Sementara Python, Security & Comp. Sci. dengan level beginner. Beneran itulah level gw sekarang. Tahun lalu gw inget Ruby pernah diusulkan tapi belum cek lagi kenapa masih belum tersedia sampai sekarang. Mungkin karena tidak seluas Javascript & Python penggunaannya.

  2. Pilih hari & waktunya. Tiap hari, tiap hari kerja aja, tiap pekan, atau tidak sama sekali. Trus jam-nya.

Karena ini idenya seperti latihan / olahraga, jadi ini sebaiknya sih dipakai secara rutin. Tapi tetap kasih kebebasan buat kita. Gw milihnya tiap hari kerja.

  1. Udah berapa lama ngoding?

Ini pertanyaan standar. Isi aja sesuai sama keadaan lo. Gw rasa kalau diisi dengan benar, aplikasinya akan lebih bermanfaat buat kita.

  1. Apa sekarang lagi kerja sebagai developer fulltime? Ya; belum, tapi pengennya; belum dan belum ada rencana.

Sama dengan pertanyaan sebelumnya, gw rasa kalau diisi dengan benar, aplikasinya akan lebih bermanfaat buat kita.

Contoh Materi

Setelah kita tentukan minat kita. Aplikasinya menawarkan mau ngerjain latihan yang mana dari minat itu. Masing-masing bervariasi jumlah waktunya, bisa 5 - 6 menit.

  1. Sebagai gambaran, gw pilih Linux. Aplikasinya kasih 5 materi. Di materi ini menjelaskan sebuah perintah atau konsep atau apapun beneran tergantung konteks minatnya apa. Materi ini bisa kita
    • skip kalau lagi ga mut sama materinya, atau alasan apapun beneran.
    • tandai dengan “already knew” kalau memang kita udah ngerti.
    • tandai dengan “learned something” kalau emang kita belajar sesuatu.
  2. Pas nyobain untuk jelasin ini di podcast, gw dapat materi mengenai iptables. Materi pertama gw dijelasin iptables itu untuk firewall, mengatur koneksi apa yang masuk atau keluar, dari sumber yang seperti apa.

    Untuk lihat aturan-aturan yang sedang diterapkan itu perintahnya begini dan macam-macam variasinya. Setelah itu persis di bawahnya ada 1 soal untuk ngetes pemahaman dari materi singkat ini. Kalau kita mau mengizinkan input dari IP ini, perintahnya gimana.

    Jawaban yang dikasih itu bentuknya melengkapi titik-titik yang kosong aja sih. Dan untuk menjawabnya kita ga perlu ngetik, cukup memilih bagian-bagian dengan urutan yang sesuai. Jadi enak banget, ga ribet harus nulis & frustrasi kalau ngerjainnya di perjalanan misalnya. Masih bisa dikerjakan dengan satu tangan, atau bahkan 1 jari! Ini yang gw suka, karena tujuannya adalah supaya kita ngerti materi dan konsepnya. Yang penting kita inget / tau sekilas. Ga perlu harus dalem banget.

    Kalau sering salah jangan putus asa, lo bisa baca lagi teorinya. Jadi jangan anggap ini terlalu serius. Keren emang kalo lo bisa jawab tanpa liat ulang materinya, cuma jangan bikin stres / baper oh kenapa gw salah / ga bisa sama materinya. Sebagaimana latihan, ini cuma buat ngasah ingatan kita sama materinya. Anggap santai aja beneran.

  3. Setelah itu lo kerjain sampai semua materinya selesai lo akan diminta tanggapan berupa bintang dan komentar bebas. Ada juga pilihan untuk jangan minta tanggapan lagi. Benar-benar pengertian banget sama developer, ya ga sih? Kadang kita merasa terganggu sama hal-hal seperti ini. Dan mereka gpp banget.

  4. Setelah itu ada game yang baru terbuka. Gw baru kali ini mainin game nya. Sederhana, lumayan seru dan kadang bikin senyum juga. Yang gw mainin ini namanya “Sudo-fu”, jadi ada perintah yang datang terus kita harus tentukan apakah perintahnya perlu dijalankan pakai sudo atau ga perlu. Sesederhana itu. Cuma yang muncul kadang menjebak dan kadang lucu juga kaya rm -rf /usr/bin :)

Itu aja yang bisa gw ceritain saat memakai Enki. Gw sangat menyarankan untuk lo semua coba, setidaknya 1 kali dan selesaikan latihannya. Cuma perlu paling lama 10 menit lah. Gw anggap ini kaya game karena agak nyantai walaupun bisa jadi serius terkadang. Pertama kali main ini gila ini keren banget! Banyak momen aha, wah gw baru tau nih. Dan kadang gw senyum-senyum sendiri di kereta. Bagi gw sangat membantu untuk menyegarkan memori lama atau belajar hal-hal kecil yang bermanfaat. Dan ga peduli sama kedudukan / keahlian lo sekarang, sangat cocok buat siapa aja.

Ini baru sebagian yang gw bahas. Enki juga punya fitur tim. Dan kayanya untuk beberapa materi lo harus beli deh seingat gw. Tapi banyak banget yang gratis. Dan kita juga bisa berkontribusi balik untuk materi / topik yang dibahas. Keren banget sih ini. Gw kayanya pernah lihat deskripsi aplikasi lain yang mirip, cuma kayanya ini yang paling nyaman buat gw. Harap kabarin kalo lo punya aplikasi serupa supaya kita sama-sama berkembang.

Baik itu aja yang bisa gw sampaikan di episode kali ini. Makasih udah dengerin. Semoga bermanfaat. Gw pengen banget lo cobain Enki dan berbagi pengalaman lo ke sini. Jangan lupa telusuri link-link yang dibahas. Semuanya ada di https://devmuslim.id/episode83.

Pertanyaan, kritikan, saran atau cuma mau kenalan bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid. Kalau belum ada bahan yang mau disampaikan, lo bisa lihat rundown topik-topik yang insya Allah akan dibahas di podcast ini di Github. Siapa tahu muncul pertanyaan susulan atau kepikiran untuk topik lain, ya kan? Silakan kunjungi https://bit.ly/devmuslimrundown b i t titik l y garis miring d e v m u s l i m r u n d o w n.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d. Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus di aplikasi manapun lo dengerin podcast ini. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: