Kali ini gw jelasin pentingnya punya catatan koding harian dan contoh penggunaannya yang mungkin belum terpikirkan sama sebagian orang.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar? Semoga lo semua dalam keadaan baik-baik. Alhamdulillah gw ok. Kesibukan di kantor mulai meningkat. Akhir pekan lalu hp gw ketinggalan di taksi jadi waktu gw sempat tersita juga ngurus itu. Ya, hal sederhana seperti ini, kadang kita luput untuk bersyukur kalau itu berjalan lancar karena semata-mata udah terbiasa, udah seharusnya ga ada halangan. Emang bener tuh tiap hari harus bersyukur sama hal-hal buruk yang ga terjadi sama kita, sekecil apapun. Bahkan untuk hal burukpun yang kita alami, itu juga bisa lebih buruk kejadian / keadaannya. Ya jadi hadapi & terima aja karena bisa jadi lebih buruk. Ambil hikmahnya aja, gw jadi ada alibi untuk telat karena udah menunda-nunda rekaman ini. Hahaha..

Makasih udah dengerin. Podcast ini jarang banget ngomongin orang, tapi seneng banget untuk bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Cuplikan episode yang udah dirilis, sebagiannya bisa dilihat di instagram.com/devmuslimid.

OK, biasanya orang yang seneng nulis jurnal atau blog atau yang lainnya, akan nulis kejadian ketinggalan hp dan cerita apa aja yang udah dilalui. Itu akan bermanfaat buat orang lain yang mengalami hal serupa, atau buat diri sendiri saat meretrospeksi atau menganalisa apa yang bisa kita lakukan lebih baik dalam menangani masalah-masalah yang mirip dengan itu. Semakin detil kita nulis kejadiannya, semakin banyak hal-hal kecil yang bisa kita ambil dari sana. Memang menjemukan, apalagi kalau kejadiannya biasa-biasa aja, tetapi diri kita di masa depan akan merasakan nilai-nilai informasi yang kita catat waktu itu.

Kita bisa nulis deskripsi kejadian dan suasananya seperti:

Hal lain yang bermanfaat untuk ditulis juga adalah gimana perasaan, pemikiran, pertimbangan kita dalam memutuskan tindakan yang diambil untuk menangani saat sadar kalau hp ketinggalan. Ya mungkin ga semua tindakan itu punya alasan yang logis karena tekanan, panik atau yang lain, tapi tulis aja. Karena informasi-informasi ini akan berguna di kemudian hari.

Hmm… ini podcast katanya ngomongin apa yang bikin developer itu produktif dan berkembang. Tapi kok ngomongin pengalaman pribadi? Apa hubungannya?

Ada dong..! Gw mau berbagi pengalaman dari nulis catatan harian dari apa yang gw kerjain di kantor. Alhamdulillah ini udah gw jalanin hampir 1 tahun jadi bisa gw ceritain sekilas di episode ini.

Sebelum mulai, mungkin gw ceritain dulu nih sedikit konteks dan arahnya. Developer yang baik / ideal itu seperti apa sih?

Tentunya semakin lama kita jalani sebagai developer, kita ingin berkembang dan mengarah ke pencapaian-pencapaian ini. Nah, ini semua akan sangat terbantu kalau kita punya kebiasaan mencatat apa yang kita kerjain. Dan gw pengen sedikit berbagi dari pengalaman gw terutama di awalnya, bagian nulis, apa yang ditulis, gimana agar konsisten dan lain-lain.

Asal mula

Baik. Jadi ide untuk nulis itu sebenarnya bukan hal yang baru. Supaya bisa berbagi di diskusi online maupun meetup, akan terbantu kalau sudah pernah kita singgung di blog misalnya. Makanya menurut gw sebelum dari itu semua adalah kita perlu nulis aktivitas lo sehari-hari. Kalau belum merasa perlu untuk nulis blog dan presentasi di meetup pun, dengan nulis aktivitas ini pun akan membantu kita buat laporan harian atau mingguan misalnya.

Awalnya gw perlu mencatat adalah karena daily standup di mana dalam 1 tim, semua orang menceritakan apa yang sudah dikerjakan di hari kerja sebelumnya, dan apa yang akan dikerjakan hari ini / selanjutnya. Terkadang nyebutin judul fitur atau tiket atau pekerjaan yang ditugaskan untuk kita saja ga cukup, terlebih lagi kalau tiket itu cukup kompleks atau berkaitan ke banyak aspek. Jadi saat menceritakan di standup harus terlihat perkembangan sebelum & sesudahnya dengan penjelasan 1 - 2 kalimat.

Atau untuk tugas sederhanapun kalau kita nulis aktivitas harian juga membantu kalau ditanya kemarin lo ngerjain apa, atau kalau sewaktu-waktu harus melaporkan daily standup ini melalui email atau tempat komunikasi dalam tim seperti di Slack, Discord atau yang lainnya. Kadang dalam berbagai situasi gw mengalami yang kaya gini.

Kalau kita ga nulis aktivitas harian untuk kita sendiri, kita harus repot-repot ngubek di Git log, melihat komit-komit kita. Masalahnya kalau ada tugas di mana belum ada kode yang layak untuk dikomit karena itu kompleks atau belum ketemu hasil yang memuaskan. Kita jadi bingung mau nulis apa, akhirnya bisa jadi merasa ga produktif. Yang mana bukan berarti seperti itu. Cuma kalau kita ga bisa menunjukkan kalau kita sudah kerja, ya kan agak susah juga orang lain menilai. Apalagi kalau kejadiannya berulang-ulang.

Intinya nulis aktivitas harian itu sangat bermanfaat dan membantu kita dalam banyak keadaan. Kalaupun lo ga harus berhadapan dengan contoh-contoh yang gw sebutin sebelumnya, setidaknya bisa dipakai untuk nulis blog dengan mengembangkan kasus yang lo kerjain di kantor misalnya. Bisa berlanjut ke presentasi di meetup juga. Atau lo juga bisa baca-baca lagi sehingga lebih lama ingat di kepala dan bisa dikeluarkan saat diskusi di mana pun kapanpun. Ini mungkin lebih jarang kali ya.. Ya pokoknya gitu deh, kita mungkin ga kepikiran kapan akan dibutuhkan, tapi kita siap.

Baik-baik, punya catatan harian itu penting. Sekarang, sebaiknya nulis di mana? Ya pada prinsipnya sih terserah karena yang penting nulis. Cuma gw mau ceritain pilihan gw dan beberapa keuntungan yang gw dapat dari situ. Gw udah pernah cobain SimpleNote, Google Keep dan lain-lain tapi gw ga inget karena cuma sebentar banget pakenya. Ini semua bukan berarti ga keren dan bagus buat nyatet, cuma buat gw belum sempurna, maksudnya bisa lebih baik lagi. Hampir 1 tahun yang lalu gw nemuin VSNotes dan merasa cocok banget dengan ini dan belum lihat ada yang seperti ini atau yang lebih baik dari ini. Karena catatan untuk koding yang terbaik adalah yang menyatu sama kode editor kita. Jadi waktu yang diperlukan untuk pindah dari tempat kita nulis kode sama ke aplikasi catatan itu sangat minim.

VSNotes itu sebuah tool sederhana yang menangani pembuatan dan pengaturan catatan dan memanfaatkan Command Palette dari VSCode. Jadi ini extension nya VSCode. Seperti extension lainnya, ada beberapa perintah tambahan yang tersedia saat akses Command Palette atau Ctr + Shift + P atau Cmd + Shift + P. Bisa bikin catatan baru, lihat catatan-catatan terakhir, lihat daftar tag dari semua catatan yang ada dan lain-lain. Selain itu, VSNotes juga kasih panel khusus yang bisa diakses di menu vertikal yang di sebelah kiri itu. Buat yang pakai VSCode yang standar nya kan ada file, search, git dan lain-lain. Nah setelah VSNotes terinstall, dia kasih 1 lagi khusus untuk manajemen catatan kita.

Alasan gw milih VSNotes karena

Pokoknya keren banget dan gw saranin lo coba 1 - 2 pekan ini, meskipun VSCode bukan editor utama lo, tapi masih suka pakai sesekali untuk alasan tertentu. Kaya gw, hehehe..

Baik, kita lanjut lagi ke topik untuk punya catatan koding harian. Gw udah jelasin kalau itu bisa membantu lo mengingat apa yang udah lo kerjain. Gw punya catatan ini awalnya karena supaya nulis laporan harian lebih baik di kantor. Gw ga perlu nyiapin waktu banyak untuk ini, karena pas mau ngirim tinggal lihat ulang lagi catatannya. Kadang bahasanya aja yang gw ubah sesuai konteks. Tapi lama-lama gw dapat manfaat lain yang sangat berharga.

Yang pertama itu saat gw ngerjain tugas kurang deterministik seperti meningkatkan performa, menangani sesuatu lebih efisien atau yang lainnya. Karena pada saat-saat seperti ini, suka ada kasus di mana kode kita belum ada yang layak untuk dikomit dan tiba-tiba udah lewat waktu sekian lama. Ini harusnya udah mulai lampu kuning yang menandakan tugas kita belum berprogres. Harus dicari jalan keluarnya. Akhirnya mulailah gw tulis perkembangannya bersamaan saat mengerjakan tugas itu. Atau sebenarnya udah berprogres karena kan ga semua progres itu bisa dituangkan ke dalam kode / komit. Cuma perlu disampaikan secara singkat di daily standup atau kalau ada yang nanya lebih jauh lagi. Bayangin kalau kita udah ngerjain itu lebih dari 2 hari sementara yang kita sampaikan itu sama terus,

Kemarin gw ngerjain peningkatan efisiensi dari render halaman dashboard, dan akan gw lanjutin hari ini.

Sebagian orang akan nanya, masalahnya di mana, ada halangan / gangguan ga lo ngerjain itu dan lain-lain. Nah dengan punya catatan harian dan nulisnya dicicil, kita akan terselamatkan dari situasi-situasi seperti ini. Lo bisa lihat catatan itu sebelum daily standup atau persiapan lainnya.

Kalo gw pribadi, setiap berapa jam kerja gw lihat catatan harian ini. Apa yang bisa gw tulis dari sana. Usahakan ada perubahan / tambahan yang bisa kita masukkan ke sana setiap berapa jam itu. Ingat-ingat lagi, gw ngerjain apa, tujuannya apa, gimana hasilnya, kenapa hasilnya seperti itu, apa langkah logis yang selanjutnya gw kerjain. Tulis jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini. Kalaupun lo buntu di hasilnya, coba kasih jatah waktu 1 jam lagi misalnya untuk menyelesaikan masalahnya. Nanti kalau setelah itu masih buntu juga dan ga ada ide gimana selanjutnya, lo bisa minta bantuan teman, atasan atau manager. Kalau ga ada, coba jalan-jalan kecil berhenti sejenak. Semoga dapat inspirasi dari proses itu.

Baik, itu aja yang bisa gw sampaikan di episode kali ini, semoga berguna buat lo. Dari catatan ini lo bisa kembangkan jadi sebuah blog atau presentasi di meetup. Kalo lo udah punya catatan harian ini bisa bagi-bagi pengalamannya. Silakan email gw nanti kita ngobrol bareng. Maaf agak telat rilis episodenya. Manfaat-manfaat lain dari catatan harian ini atau secara khusus dari VSNotes nya sendiri mungkin bisa gw bahas di episode tersendiri nanti. Link yang dibahas di episode ini bisa dilihat di https://devmuslim.id/episode85.

Pertanyaan, kritikan, saran atau cuma mau kenalan, atau mau ngenalin seseorang? Boleh banget! Silakan kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid. Kalau belum ada bahan yang mau disampaikan, lo bisa lihat rundown topik-topik yang insya Allah akan dibahas di podcast ini di Github. Siapa tahu muncul pertanyaan susulan atau kepikiran untuk topik lain, ya kan? Silakan kunjungi https://bit.ly/devmuslimrundown b i t titik l y garis miring d e v m u s l i m r u n d o w n.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid. Kami perlu banyak bantuan untuk mengembangkan komunitas ini. Kalo lo peduli dan pengen banget lebih banyak lagi konten podcast seperti ini untuk teman-teman sejawat di Indonesia, silakan hubungi gw.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d. Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus di aplikasi manapun lo dengerin podcast ini. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: