Kali ini gw mendapat kehormatan yang besar karena bisa ngobrol bareng Galuh & Kiki, panitia Global Diversity CFP Day yang pertama kali di Indonesia. Dengerin untuk tahu apa dan tujuan acara yang diadakan serentak di seluruh dunia itu, gimana mereka mempersiapkannya, dan gimana kalian bisa ngadain di kota kalian tahun depan!


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik. Semoga keadaan lo baik-baik dan menyenangkan. Hampir 1 tahun lalu gw ikut workshop di Singapur mengenai gimana nulis proposal untuk diajukan ke konferensi dan presentasi di sana. Pas gw tahu ada acara seperti ini, gw pun terkagum-kagum mikir “Gila nih aktivis komunitas di sini, mikirnya kayak selangkah ke depan! Negara-negara tetangga aja belum sebanyak mereka ngadain konferensi. Mereka udah berusaha untuk nyiapin supply pembicara-pembicaranya!”

Makasih udah dengerin. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Cuplikan episode yang udah dirilis, sebagiannya bisa dilihat di instagram.com/devmuslimid.

Baik lanjut lagi. Acara yang gw ikut itu namanya Global Diversity CFP Day. Ga tau kenapa gw ngiranya itu cuma diadakan di Singapur, atau merekalah penggagas pertama kali. Mungkin karena website nya belum populr atau kehadiran pengurus globalnya ini di secara online masih ala kadarnya atau gaungnya belum sampai. Dan saat acaranya pun, gw masih belum ngeh kalau acara itu sebenarnya diselenggarakan secara serentak di berbagai kota di seluruh dunia. Mungkin karena udah terlalu seneng kalau ada yang peduli sama area ini, bimbingan untuk persiapan berbicara di konferensi.

Tapi apapun itu, alhamdulillah gw bersyukur dan super senang banget kalau tahun ini acara yang sama akan segera digelar di Jakarta! Dan gw berkesempatan untuk ngobrol bareng sama para panitianya! Yeeeah..!

Baik, sebelum lanjut. Gw mau lo lakukan hal kecil sebentar. Gw ga peduli lo dengerin dari handphone, desktop / laptop. Baik, udah siap? Bikin pengingat, reminder atau tandain tuh kalender akhir November. Akhir November. Ada apa akhir November? Jauh banget akhir November! Ya makanya gw minta tolong lo dari sekarang biar ga kelupaan nanti, soalnya masih jauh. Baik, tandain akhir November lo hubungin tuh komunitas developer / programmer atau tempat yang suka ngadain acara. Ingetin ke mereka untuk ngadain acara Global Diversity CFP Day tahun depan. Bener banget! Lo ingetin tuh mereka untuk mulai siap-siap mikirin acaranya. Lah emangnya bisa bikin acara global keren kaya gitu? Bisa, bisa banget! Syaratnya sederhana dan komunitas di kota manapun bisa ngadain acara yang sama. Dan yang bikin gila seru adalah lo dapat pengalaman yang suuper unik dalam mempersiapkan acaranya karena dibimbing dan berkomunikasi lintas negara. Makanya lo juga bantuin sebisa mungkin, jangan cuma ngingetin & nyuruh pengurus komunitas aja buat ngadain.

Jadi dengerin deh nih baik-baik obrolan gw bareng panitia & fasilitator Global Diversity CFP Day Jakarta 2019! Mereka adalah Galuh Sahid & Rizki Kelimutu! Gw bersyukur dan ucapin banyak terima kasih sama mereka yang udah berkolaborasi menyiapkan episode ini, terutama buat Mozilla Indonesia yang sudah mengenalkan mereka. Baik, ini dia obrolannya! Selamat menikmati!


Wawancara


Baik, itu tadi obrolan gw bareng Galuh & Kiki, panitia Global Diversity CFP Day Jakarta 2019. Semoga acaranya tanggal 2 Maret nanti berjalan dengan lancar dan sukses. Seperti yang disampaikan mbak Kiki, mungkin akan live di Instagram-nya Mozilla Indonesia.

Selamat buat mereka-mereka yang beruntung bisa hadir & ngikutin acaranya. Gw harap kalian sadar kalau kesempatan itu benar-benar langka, karena topiknya penting dan sangat jarang terjadi. Semoga gw bisa ngobrol bareng 1 - 2 peserta yang berprestasi untuk cerita pengalamannya.

Seperti yang udah dijelaskan sama panitia, kayanya tantangan terbesarnya adalah mencari pembimbing yang berkompeten karena materinya ga sembarangan. Nah sebagai tambahan, mungkin gw bisa kasih alternatif solusi untuk ini. Google Developer Expert dan mungkin juga Mozilla Tech Speaker. Gw ga tahu tentang Mozilla Tech Speaker sih, tapi untuk Google Developer Expert kita bisa mengundang mereka untuk berbicara di acara kita dengan dukungan akomodasi & penginapan dari Google. Belum lama ini Riza Fahmi, salah satu GDE cerita di podcast beliau mengenai Google Developer Expert. Nih dengerin sebentar ya..


Kutipan Ceritanya Developer episode bonus[2]


Makasih banyak informasinya mas Riza. Silakan dengerin episode Ceritanya Developer yang judulnya Chrome Dev Summit untuk dapat pengalaman beliau.

Semoga itu bisa jadi solusi. Terakhir gw cek, ada 8 GDE di Indonesia. Meskipun bidangnya macam-macam, tapi menurut gw bukan jadi penghalang untuk menyampaikan materi gimana mempersiapkan sebuah proposal dan presentasi di konferensi. Karena mereka ini kan expert, jadi keahliannya dalam presentasi masih bisa digunakan untuk membimbing workshop seperti ini. Gw ga tahu juga sih, ya cuma ngasih tahu kalau ada Google Developer Expert ini yang bisa jadi berguna kalau tahun depan ingin mengadakan acara yang sama.

Makanya jangan lupa pasang pengingat atau tandain kalender lo, akhir November komporin tuh pengurus komunitas untuk ngadain Global Diversity CFP Day 2020.

Link siapa-siapa aja GDE di Indonesia akan gw masukkan ke catatan episode. Jangan lupa telusuri link-link lainnya yang dibahas di episode ini. Buku-buku & hal-hal menarik lainnya bisa dilihat di https://devmuslim.id/episode88.

Pertanyaan, kritikan, saran atau cuma mau kenalan, atau mau ngenalin seseorang? Boleh banget! Silakan kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid. Kalau belum ada bahan yang mau disampaikan, lo bisa lihat rundown topik-topik yang insya Allah akan dibahas di podcast ini di Github. Siapa tahu muncul pertanyaan susulan atau kepikiran untuk topik lain, ya kan? Silakan kunjungi https://bit.ly/devmuslimrundown b i t titik l y garis miring d e v m u s l i m r u n d o w n.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d. Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus di aplikasi manapun lo dengerin podcast ini. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: