Kali ini gw cuma mau ngingetin kalau mau mulai suatu proyek sampingen / proyek iseng, jangan kebanyakan & kelamaan mikir akan pakai library apa.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo,.. apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Belakangan ini lagi banyak hal yang harus diselesaikan jadi waktu luang juga berkurang. Beruntunglah lo yang waktu luang yang tersisa lumayan banyak. Waktu luang itu gampang banget jadi nikmat yang melenakan. Awalnya cuma mau ngecek status / berita / tulisan, tapi seringkali keterusan, banyak waktu yang terbunuh. Terus menyesal kenapa ga dipakai buat hal lain yang lebih baik / lebih bermanfaat.

Makasih udah dengerin. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Kalau lo mau berbagi pengalaman atau masalah yang baru saja lo selesaikan atau mau ngobrol bareng hal-hal yang berkaitan sama kehidupan developer, bisa email gw. Cuplikan episode yang udah dirilis, sebagiannya bisa dilihat di instagram.com/devmuslimid.

Di antara hal bermanfaat yang bisa dikerjakan di waktu luang adalah bikin proyek sampingan. Proyek sampingan ini ga terbatas sama kriteria tertentu. Bahasa pemrogramannya ga harus sama dengan bahasa program yang utama. Framework-nya juga ga harus sama. Pokoknya kerjain aja apapun itu.

Sebelum lebih lanjut bahas proyek sampingan, gw mau persempit sedikit apa yang gw bahas kali ini. Jadi yang gw maksud di sini adalah proyek yang ga melibatkan kontrak dengan pihak tertentu, atau yang ga punya tanggungjawab ke penggunanya. Jadi hanya membuat sesuatu untuk belajar, merasakan pengalaman, menambah jam terbang dalam berinteraksi dengan kode, dan ya syukur-syukur bermanfaat buat orang lain. Pokoknya ga ada kaitannya dengan uang, kontrak, apalagi data-data yang sensitif.

Baik, lanjust ke proyek sampingan ini, sebagian orang menyarankan untuk bikin sesuatu yang diperlukan, yang menyelesaikan masalah kita atau orang-orang di sekitar kita. Untuk orang yang sudah lama mendalami suatu bahasa, sebagian orang nyaranin pakai bahasa pemrograman baru biar nambah pengetahuan dan pandangan dari cara kita menyelesaikan masalah dengan bahasa itu. Sama halnya dengan framework, sebagian orang menyarankan untuk pakai framework yang lain atau yang ga terlalu sering kita pakai.

Apapun alasannya, jangan sampai itu jadi penghalang kita untuk ngerjain proyek sampingan. Semua pertimbangan itu bagus karena punya manfaatnya masing-masing. Makanya justru karena semuanya bermanfaat, jangan jadi penghalang kita untuk mulai & ngerjain proyeknya. Jangan kebanyakan mikir, coba pakai bahasa program baru ah.. Atau pakai framework, library atau apapun yang baru muncul. Lagi-lagi karena manfaatnya akan tetap kita dapatkan, terlepas dari teknologi yang dipakai. Yup, meskipun pakai framework yang udah kita kuasai sekalipun, manfaat kita ngerjain proyek sampingan sederhana itu masih bisa kita dapatkan. Mungkin gw bisa bahas manfaat-manfaat ini di episode lain.

Di antara sebab gw wanti-wanti jangan terlalu banyak pertimbangan untuk mulai proyek iseng ini adalah supaya lo bisa segera mulai dan ga terhalang dari apapun yang ga / kurang penting. Misalnya mau bikin todo-list, ya udah bikin aja. tentukan mau pakai bahasa apa, framework apa, datanya perlu disimpan atau ga. Kalau hal-hal ini bisa ditentukan segera, ya bagus banget. Kalau masih meraba, atau bahkan browsing2 mana framework yang cocok sampai makan waktu, ya harusnya punya pengingat wah, udah harus diputuskan segera. Karena berapa banyak developer, termasuk yang ngomong ini yang sebelumnya udah kepikiran bikin sesuatu, nanti bagian A pakai library ini, untuk bagian B pakai itu, tapi pada saat akhirnya memutuskan akan pakai apa, kelamaan milih hal-hal seperti ini. Kebanyakan membandingkan library! Library X bisa ini3x. Library Y bisa melakukan ini dengan cara yang sederhana banget, atau bahkan mungkin nyasar baca tutorial library Z! Hahaha.. Keren banget kalo ga pernah dalam waktu 2 tahunan belakangan ini. Gw mau kenalan sama lo untuk ngobrol di podcast ini.

Ya akhirnya ga jadi bikin ide keren yang muncul di pikiran kita. Dan secara keseluruhan dan kalau kita zoom out, waktunya jadi ga efektif. Makanya kalau perlu dijaga waktunya. Sering-sering lihat jam itu bisa membantu. Atau bikin pengingat di komputer / handhpone.

Kalau seperti ini, gw jadi inget sama hackathon ya.. Semoga ada yang berkenan diundang untuk bahas persiapan & gimana menjalani hackathon dengan baik. Silakan kalau ada yang mau ngusulin atau mengajukan diri.

Baik, itu aja yang bisa gw sampaikan kali ini. Sekali lagi kalau lo punya pendapat lain atau mau menambahkan sesuatu mengenai proyek iseng ini, silakan email gw ke [email protected] atau tinggalkan komentar di catatan episode, devmuslim.id/episode90.

Pertanyaan, kritikan, saran atau cuma mau kenalan, atau mau ngenalin seseorang? Boleh banget! Silakan kirim email atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid. Kalau belum ada bahan yang mau disampaikan, lo bisa lihat rundown topik-topik yang insya Allah akan dibahas di podcast ini di Github. Silakan kunjungi https://bit.ly/devmuslimrundown b i t titik l y garis miring d e v m u s l i m r u n d o w n.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus di aplikasi manapun lo dengerin podcast ini. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: