Gw ngobrol bareng Tesya Nurintan yang menceritakan pengalamannya dari ketertarikannya dengan komputer hingga menjadi Developer Student Club Lead untuk Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta sejak tahun 2017 hingga 2019.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik. Lagi di Jakarta jadi setup rekamannya agak beda. Harap maklum kalau agak gimana gitu.

Gw mau sapa untuk lo yang baru bergabung. Makasih udah dengerin. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Cuplikan episode yang udah dirilis, sebagiannya bisa dilihat di instagram.com/devmuslimid.

Buat lo yang udah dengerin beberapa episode, lo tentu tahu kalau gw itu suka bahas tema-tema yang menyinggung komunitas dan para aktivisnya. Peran mereka sangat penting untuk membantu lo berkarya sekaligus peduli sama lingkungan sekitar.

Makanya gw seneng banget beberapa waktu lalu bisa ngobrol bareng Tesya Nurintan, mahasiswi Teknik Informatika yang aktif berpartisipasi di komunitas & menjabat sebagai Developer Student Club Lead untuk Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Buat yang belum kenal, beliau ini punya banyak prestasi jadi ga susah buat lo untuk baca blog & beritanya di internet. Jadi di obrolan gw kali ini, Tesya berbagi pengalamannya dari ketertarikan dengan komputer, gimana masuk jurusan kuliah sampai prestasinya sebagai Developer Student Club Lead di UIN Sunan Kalijaga. Benar-benar pengalaman yang luar biasa & unik.

Ayo deh, dengerin baik-baik ya..! Ini dia obrolannya. Selamat mendengarkan!


Wawancara


Baik, barusan obrolan gw bareng Tesya. Semoga bisa jadi inspirasi ga hanya buat siswa-siswi SMU, tapi juga mereka yang baru kuliah. Ya sebenarnya kesempatan berkomunitas juga terbuka buat mereka yang ga kuliah.

Dari obrolan ini

  1. Kelihatan banget bukti dari pernyataan “Selama ada keinginan yang kuat, akan ketemu lah caranya”. Kita harus memberikan kesempatan untuk belajar & berbagi pengalaman kepada siapa saja, terlepas dari latar belakang apapun, usia, gender dan bahkan kepada mereka yang jelas-jelas memiliki keterbatasan tertentu. Setidaknya kasih kesempatan itu, biar usahanya yang menentukan hasilnya.
  2. Aktif berkontribusi di komunitas. Bantu sebisa kita. Yakin kalau manfaat-manfaat komunitas itu nantinya juga akan kita rasakan bersama. Kita juga kebagian hal-hal positifnya.
  3. Cari inspirator kita, dekati mereka dan belajar banyak dari mereka. Ini sepertinya pernah dibahas sama banyak orang. Lo bisa dengerin podcast Subjective yang membahas Gary V dan juga di beberapa episodenya podcast 30 Days of Lunch. Setidaknya yang baru-baru ini yang juga judulnya berkaitan sama Garry V.

Dan gw seneng banget Tesya merekomendasikan podcast, yaitu The Lavendaire Lifestyle.

Baik, itu aja yang bisa gw persembahkan kali ini. Jangan biarkan informasi yang lo dapat dari episode ini berlalu begitu aja. Silakan lihat link-link yang dibahas / disebut. Telusuri materi, rekomendasi podcast dan link lainnya di devmuslim.id/episode91. Dan mumpung lo di halaman itu, kasih komentar / tanggapan lo di sana ya.. Nanti gw bacain deh!

Pertanyaan, kritikan, saran atau cuma mau kenalan bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter & Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid. Kalau belum ada bahan yang mau disampaikan, lo bisa lihat rundown topik-topik yang insya Allah akan dibahas di podcast ini di Github. Siapa tahu muncul pertanyaan susulan atau kepikiran untuk topik lain, ya kan? Silakan kunjungi https://bit.ly/devmuslimrundown b i t titik l y garis miring d e v m u s l i m r u n d o w n.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d. Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus di aplikasi manapun lo dengerin podcast ini. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: