Developer Muslim

094 Tip Mengerjakan Proyek Sampingan Bareng Irfan Maulana

Punya atau mau bikin proyek sampingan? Dengerin nih episode karena gw ngobrol bareng sama developer yang suka bikin proyek sampingan. Baik berupa library / tool, maupun produk yang bisa dipakai siapapun.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

  • 00:12 Sapa pendengar
  • 02:02 Kenalan dengan Irfan Maulana
  • 05:53 Gimana mulai ngerjain & mempersiapkan proyek sampingan
  • 10:23 Komitmen dalam menyelesaikan proyek sampingan
  • 13:39 Pentingnya punya pandangan tertentu terhadap proyek sampingan kita
  • 15:51 Menentukan library / hal-hal yang digunakan untuk mengerjakan proyek sampingan
  • 19:24 Mensiasati agar dapat waktu untuk mengerjakan proyek sampingan
  • 23:24 Gimana menentukan fitur dan alokasi waktu untuk fitur itu
  • 26:15 Kendala mengerjakan proyek sampingan
  • 28:29 Gimana menangani distraksi ingin mengerjakan yang lain
  • 30:39 Pesan-pesan tambahan dari Irfan
  • 34:16 Yang lagi digeluti Irfan: implementasi micro-frontend
  • 35:36 Aplikasi pilihan & aktivitas Irfan menarik dalam waktu dekat
  • 37:28 Rangkuman & pesan tambahan dari Dida
  • 39:45 Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus :)

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik. Saat rekaman dan menyapa lo adalah waktu favorit gw dalam sepekan. Meskipun sebenarnya jatah waktu ngulik dan ngoprek jadi berkurang, tapi ga ada yang bisa ngalahin dari kesempatan untuk ngomong langsung ke lo semua. Syukur-syukur membawa dampak buat kualitas kode lo dan karya-karya lo. Wo elah, eneug ga sih dengernya. Yah namanya juga usaha kan?

Makanya, gw berterima kasih buat lo yang udah dengerin. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Cuplikan episode yang udah dirilis, sebagiannya bisa dilihat di instagram.com/devmuslimid.

Ngomongin waktu luang & ngulik, bulan lalu, tepatnya di episode 90, gw sempat bahas ngulik & proyek sampingan. Gw sempat singgung manfaat proyek sampingan dan gimana mulainya. Sebelumnya juga sempat lihat tweet nya mas Irfan Maulana yang mengumumkan proyek sampingannya, Quran reader. Singkat cerita gw berkesempatan ngobrol bareng beliau mengenai proyek sampingan ini.

Sedikit perkenalan, mas Irfan ini developer yang aktif menulis, ikut berkomunitas dan bikin proyek-proyek sampingan. Dalam hal ini proyek open source maupun proyek sambilan. Gw ga mau kalau itu disebut proyek iseng karena menurut beliau itu bikinnya serius dan selesai dalam artian bisa dimanfaatkan, bukan setengah jadi. Nah makanya gw seneng banget bisa nanya-nanya gimana beliau ngatur semua hal yang diperlukan, termasuk waktunya. Nah, penasaran ga? Silakan dengrin terus.


Wawancara


Baik, itu tadi obrolan gw dengan mas Irfan Maulana, developer super yang baik hati dan senang membantu orang. Banyak banget yang bisa gw dapat dari sini:

  • Segera mulai begitu kepikiran “wah bisa nih kalau bikin sesuatu dari ini3x”. Ini yang juga sempat gw singgung di episode 90.
  • Jangan bikin proyek yang kita pada akhirnya ga bisa berkomitmen untuk menyelesaikannya. Dan ini bukan berarti kita harus buru-buru. Jangan lupa istirahat yang cukup.
  • Dalam bikin sesuatu harus selesai & bisa digunakan orang. Karena terlalu gampang untuk bikin proyek baru di Github, terus jalanin generator dari framework tertentu atau meskipun cuma 1 halaman template yang relatif mudah untuk kita kopas misalnya. Jadi saking mudahnya, kita luput untuk sedikit memperhatikan atau menggambarkan hasil akhir yang minimal agar proyeknya bisa dipakai orang, meskipun ada pekerjaan manual / yang merepotkan. Seperti yang dikatakan mas Irfan, MVP-nya.
  • Bayangkan kalau proyek yang kita buat ini akan digunakan sama orang lain, karena itu akan membantu kita untuk serius dan menunjukkan serta profesionalisme kita.
  • Manfaatkan proyek sampingan untuk belajar & eksplorasi.

Menurut gw episode ini layak untuk didengerin ulang karena lo akan rasakan bedanya & dapetin manfaat-manfaat tambahan. Coba deh. Dan walau bagaimanapun, sesuaikan dengan keadaan kita masing-masing. Apa yang cocok buat mas Irfan, belum tentu cocok buat lo. Gw pengen banget denger tanggapan lo semua dari episode ini. Gimana lo mempersiapkan dan bagi waktunya.

Link-link yang dibahas bisa lo lihat di https://devmuslim.id/episode94. Silakan ditelusuri dan kabari gw kalau ada yang kelewat.

Pertanyaan, kritikan, saran atau cuma mau kenalan bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid. Kalau belum ada bahan yang mau disampaikan, lo bisa lihat rundown topik-topik yang insya Allah akan dibahas di https://bit.ly/devmuslimrundown b i t titik l y garis miring d e v m u s l i m r u n d o w n.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d. Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus di aplikasi manapun lo dengerin podcast ini. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke:

Menu