Developer Muslim

096 Memaksimalkan Kehadiran Kita Di Konferensi Teknologi

Pernah datang ke konferensi teknologi terus nyesel sama hal-hal yang luput & ga kesampaian saat acaranya? Bukan sekedar ga sempat selfie sama orang-orang keren! Tapi juga diskusi keren, pendapat / pemikiran developer keren terhadap suatu topik, itu ga berharga banget nilainya! Kali ini gw ngobrol bareng abang gw Aditya Pradana yang lumayan sering menghadiri konferensi teknologi & desain di Amerika & Eropa.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

  • 00:12 Sapa pendengar & pengenalan topik bahasan
  • 02:40 Sekilas mengenai Interaction 19 conference
  • 08:18 Apa yang dilihat dari konferensi / acara teknologi
  • 13:57 Mengatur pola & kerangka pikir terhadap konferensi
  • 15:55 Menyusun kembali tujuan kita hadir ke konferensi
  • 21:22 Persiapan 1: Gimana kita memperkenalkan diri & aktivitas kita
  • 24:12 Persiapan 2: Beberapa topik untuk icebreaker dan gimana menanganinya
  • 28:22 Meyakinkan kalau hal-hal kecil yang dianggap remeh itu tetap penting
  • 34:10 Persiapan 3: Siap dengan hal-hal yang disangka-sangka
  • 36:44 Manfaat bikin jurnal pekerjaan agar siap dengan bahasan saat acara
  • 41:52 Mengatasi hal-hal yang ga sesuai dengan kita harapkan
  • 45:14 Banyak keputusan dari negosiasi / bisnis lahir dari agenda yang informal
  • 50:34 Rangkuman & pesan-pesan tambahan dari Dida
  • 53:30 Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus :)

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Internet broadband di rumah udah dicabut, jadi udah mengandalkan tethering dari hp. Bulan depan kayanya bakal upgrade quota internet hp biar ga kekurangan quota. Buat yang penasaran kenapa internet dicabut dan ngandelin 4G dari hp, karena gw lagi siap-siap pindah ke Jakarta. Dan untuk itu podcast nya akan istirahat dulu kira-kira 2 bulan ke depan. Masih akan ada 1 episode sebelum waktu istirahat itu, yaitu pekan depan.

Terima kasih udah setia dengerin podcast ini. Saran dan tanggapan, apalagi rating akan selalu gw hargai. Insya Allah gw masih semangat untuk terus melakukan apa yang gw lakukan melalui podcast, membahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Cuplikan episode yang udah dirilis, sebagiannya bisa dilihat di instagram.com/devmuslimid.

Kali ini gw ngobrol bareng abang gw mengenai datang ke konferensi. Sekilas perkenalan, namanya Aditya Pradana, biasa dipanggil Adit. Gw sih manggilnya mas Andi & gw di rumah biasa dipanggil Dinda. Saat ini dia bekerja di sebuah startup di London sebagai Head of Design. Sedikit konteks dari bahasan kali ini. Jadi sekitar awal Februari lalu beliau datang ke Interaction 19, sebuah konferensi mengenai desain dan teraksi. Dan kebetulan gw punya uneg-uneg tersendiri hampir setiap kali gw datang ke konferensi di Asia tenggara. Perilaku kita secara relatif masih mirip. Jadi gw nanya pengalaman datang ke konferensi di Eropa & Amerika itu seperti apa sekalian bahas gimana memaksimalkan kehadiran kita di konferensi teknologi yang sebenarnya juga bisa diperluas ke meetup, kursus singkat atau acara-acara yang ga sebesar konferensi.


Wawancara


Baik, itu tadi obrolan gw bareng abang gw, Aditya Pradana. Banyak banget yang bisa gw dapat dari sini:

  • Sesuaikan materi-materi di acara dengan arah pengembangan karir dan apa yang dibutuhkan sama perusahaan tempat bekerja
  • Pentingnya cara kita memandang acara itu. Tujuan kita datang, baik secara umum maupun khusus. Yang kemudian juga pentingnya mempersiapkan segala sesuatunya. Gimana kita memperkenalkan diri kita dan aktivitas sehari-hari. Persepsi apa yang ingin kita tunjukkan ke orang. Diskusi yang seperti apa yang bakal seru dan mencairkan suasana. Ini akan terbantu kalau kita memiliki jurnal dalam pekerjaan kita.
  • Peluang-peluang karir, kerjasama, atau hal-hal yang membuat kita berkembang itu ga datang di saat yang ga kita sangka, oleh karena itu kita harus siap sebaik mungkin.
  • Jangan perilaku orang lain mempengaruhi kita dalam memanfaatkan acara ini sebaik-baiknya. Ga harus perilaku buruk, tapi terkadang juga ajakan ke minum kopi, makan ringan atau ke track yang mungkin belum tentu sesuai sama rencana kita, bisa jadi merusak rencana kita. Gw ga bilang itu jelek, tapi lebih kepada waspada aja dan jangan sampai kesempatan ketemu ini atau apapun lah rencana kita, itu jadi ga kesampaian.

Istilah yang mungkin masih asing:

icebreaker: kalau diartikan secara harfiah adalah hal yang bikin es batu pecah. Dalam hal ini maksudnya Es itu diibaratkan seperti sekumpulan orang, 2 atau lebih yang saling diem-dieman ga kenal. Jadi ice breaker itu suatu cara yang diutarakan seseorang untuk membuka percakapan sehingga satu sama lain ga diem-dieman. Jadi memecah keheningan.

Baik, semoga kita semua dapat pencerahan dari obrolan ini. Gw mau tahu juga gimana persiapan lo saat datang ke konferensi, meetup, kursus atau acara-acara teknologi lainnya.

Link-link yang dibahas bisa lo lihat di devmuslim.id/episode96. Silakan ditelusuri dan kabari gw kalau ada yang kelewat.

Pertanyaan, kritikan, saran atau cuma mau kenalan bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid. Kalau belum ada bahan yang mau disampaikan, lo bisa lihat rundown topik-topik yang insya Allah akan dibahas di https://bit.ly/devmuslimrundown b i t titik l y garis miring d e v m u s l i m r u n d o w n.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d. Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus di aplikasi manapun lo dengerin podcast ini. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke:

Menu