Melanjutkan obrolan sebelumnya bareng Arkan Nur Robby (PT. Bank BTPN), Najla Seff (HOOQ) dan Yanuar Tirta (PT. XL Axiata), kali ini mereka cerita pengalaman implementasi Scrum di tempat kerja mereka. Pendekatan yang mereka ambil & gimana menghadapi tantangannya. Mereka juga singgung Shu-ha-ri, Scrum Zombie dan berbagi kiat-kiat dalam retrospeksi.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo.. Apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Insya Allah tanggal 2 Agustus nanti gw akan hadir ke Software Architecture Conference 2019 di Jakarta. Kalau berencana hadir juga, semoga bisa ketemuan. Email atau DM gw di media sosial ya..

Melanjutkan obrolan gw bareng panitia Scrum Day Bandung 2019, episode kali ini kita bahas topik yang semoga mewakili sebagiannya sama keadaan kita semua yang mau implementasi Scrum di tempat kerjanya. Karena kalau dari pengalaman gw pribadi itu mentok di pihak manajemen ke atas. Tim yang solid juga menentukan supaya tim scrum nya berjalan dengan baik sehingga pihak manajemen itu mau mendukung implementasi ini. Idealnya memang semua pihak perlu dikasih pemahaman yang baik. Tapi pada akhirnya langkah apapun itu harus tetap diupayakan sama siapapun yang yakin & percaya kalau Scrum bisa membantu. Makanya gw nanya pengalaman para panitia Scrum Day Bandung, yang juga merupakan Scrum Master semua, gimana sih pertama kali implementasi scrum di tempat kerja mereka. Gw juga nanya tanggapan mereka buat tim yang udah merasa nyaman dengan implementasi Scrum mereka, namun pada akhirnya ada ritual scrum yang ditinggalkan berbulan-bulan.

Baik, semoga dapat wawasan dan inspirasi dari obrolan kita nanti karena Arkan, Najla & Yanuar juga akan berbagi kiat-kiat dalam implementasi Scrum. Selamat mendengarkan!


Wawancara


Baik, itu tadi obrolan gw bareng panitia Scrum Day Bandung 2019. Seperti yang udah dibilang, lo validasi sendiri & datang ke Scrum Day Bandung 2019. Bawa permasalahan lo ke sana & tanyakan ke coach-coach yang berpengalaman di klinik khusus. Semoga udah cukup banget buat ngajak lo dan teman-teman lo ke Scrum Day Bandung 2019! Jangan lupa buat pendengar podcast Developer Muslim ada potongan khusus sebesar Rp. 125.000 dengan menggunakan kode DEVMUSLIMSDB. Gw ga jualan tiket. Ga ngaruh berapapun orang yang pakai kode ini. Gw cuma pengen lo semua yang punya kesempatan untuk memanfaatkan sebaik-baiknya untuk datang ke Scrum Day Bandung 2019. Ayo datang dan ubah lingkungan kerja lo supaya lebih menyenangkan, terus belajar dan berkembang, bareng-bareng!

Sekali lagi gw mau berterima kasih sama panitia Scrum Day Bandung 2019 yang udah menyediakan waktu untuk ngobrol dan potongan khusus harga tiketnya buat pendengar podcast. Semoga acaranya lancar & sukses, serta lebih membawa dampak yang besar bagi kebahagiaan tim di proyek dan juga produk-produk yang dihasilkan dari tim itu.

Link-link yang dibahas bisa lo lihat di devmuslim.id/episode99. Silakan ditelusuri dan kabari gw kalau ada yang kelewat.

Pertanyaan, kritikan, saran atau cuma mau kenalan bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid. Kalau ada yang berencana hadir ke Scrum Day Bandung dan bersedia berbagi pengalaman setelah acaranya nanti, silakan hubungi gw.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di https://devmuslim.id/links. Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus di aplikasi manapun lo dengerin podcast ini. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: