Kali ini gw ngobrol bareng “The explainer in chief of git”, Leonardo Situmorang. Beliau semangat sekali memberikan kelas-kelas sehari untuk mengenal git secara gratis. Udah setahun lebih dan masih berlanjut. Apa latarbelakang dan motivasi beliau untuk melakukan ini semua? Mari kita dengarkan bersama.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo.. Apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Bersyukur banget bisa melalui mati listrik berjam-jam tanggal 4 Agustus 2019 lalu. Sempat cukup khawatir terjadi sesuatu yang lebih dari sekedar mati listrik. Dan waktu itu banyak saudara yang lagi keluar kota. Jadi selama itu ga dapat kabar dari mereka yang seharusnya kembali di hari itu, sempat bikin cemas.

Dan alhamdulillah gw masih punya kesempatan untuk ngedit episode kali ini yang menarik banget. Jadi gw ngobrol bareng Leo karena antusiasmenya bikin kelas-kelas gratis belajar git. Sampai lo dengerin podcast ini udah lebih 10 kali!

Jujur, belum pernah gw lihat orang sesemangat beliau ini dalam ngajarin git. Dan sempet penasaran, emang ga bisa developer2 kita ini belajar git sendiri? Atau ada udang yang ga keliatan ama gw, entah di balik ape ye..

Nah, setelah ngobrol ama beliau, beneran loh, poin-poin yang Leo sampaikan itu penting banget! Bahkan ada agenda dan misi tersendiri dari kelas-kelas gratis yang beliau kasih.

Penasaran kan? Ini dia obrolan gw bareng Leonardo Situmorang. Selamat mendengarkan!


Wawancara


Yak pas banget waktu itu anak gw datang dan obrolan kita terputus sebentar. Dan sepertinya waktu yang cocok juga untuk mengakhiri bagian pertama dari obrolan kita di episode kali ini.

Benar-benar menarik latarbelakang dia bikin kelas-kelas git gratis. Gw minta maaf kalau terganggu dan sengaja ga gw teruskan karena lanjutannya lumayan serius dan agak banyak yang harus ditangkap. Setidaknya kalo gw dengerin sendiri sih memang enaknya dibagi jadi dua. Itung-itung gw jadi ada waktu buat ngedit episodenya.

Oh iya, ngomong-ngomong soal ngedit episode. Gw kepikiran untuk menyewa jasa editor yang bisa bantu gw. Lo bisa meringankan beban gw dengan cara berikut:

  1. Jadi / mencari editor podcast yang mau bantu sukarela
  2. Mencarikan editor yang rela dibayar murah. Yang lagi belajar mungkin atau mahasiswa. Nanti gw sebut di setiap episode yang dia edit.
  3. Buat lo yang di Amerika. Berdasarkan analitik sih, 25% pendengar gw dari Amerika. Gw ga tahu itu bot atau orang beneran. Tapi di manapun lo tinggal, kalau lo pengen donasi mendukung aktivitas gw dengan podcast ini, silakan kunjungi anchor.fm/devmuslimid, klik “Support this podcast”. Terserah lo mau kasih $1, $5 atau $10. Berapapun itu akan sangat berarti buat podcast ini dan para pendengar sekalian.

Dan dengan alasan itu gw perlu dukungan finansial untuk bayar editor ini. Makanya akhir-akhir ini akan ada iklan di awal episode. Jadi apapun yang bisa lo bantu, itu akan sangat berarti buat podcast ini.

Link-link yang dibahas bisa lo lihat di devmuslim.id/episode100. Silakan ditelusuri dan kabari gw kalau ada yang kelewat.

Pertanyaan, kritikan, saran atau cuma mau kenalan bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Podcast ini tersedia di Apple Podcast, Google Podcast, dan lain-lain. Lo bisa lihat pilihan2nya di https://devmuslim.id/links. Jangan lupa kasih komentar & rating yang bagus di aplikasi manapun lo dengerin podcast ini. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: