Melanjutkan obrolan gw, kali ini Leonardo Situmorang jelasin sekilas tentang manajemen pengetahuan, tipe, model dan pendistribusiannya. Kemudian beliau membeberkan beberapa pendekatannya saat mengajar git dan menyimpulkan cara belajar & memperoleh pengetahuan yang utuh dan solid.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo.. Apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Senang banget episode 100 yang lalu dapat sambutan yang meriah dari kalian semua. Gw ga sempet nyiapin sesuatu yang spesial di episode 100 tapi kalian semua udah memberikan dukungan yang sangat baik, seperti di episode-episode sebelumnya. Untuk itu gw ucapin terima kasih banyak buat lo semua.

Sebelum lanjutin obrolannya, gw sama Leo sepakat untuk nerima pertanyaan-pertanyaan yang muncul pas lo dengerin episode ini dan sebelumnya. Caranya bisa email gw ke [email protected] dengan subyek “Tanya Mental Model” atau tanya langsung di Twitter dengan tagar #TJMentalModel. Kita akan coba jawab atau setidaknya mengarahkan ke artikel / buku yang bisa membantu.

Baik, kali ini Leo akan jelasin knowledge management, tipe, model & distribusinya kemudian kembali ke mental model dari pengajaran git yang beliau kasih serta kesimpulan obrolan kita dari episode sebelumnya secara menyeluruh. Benar-benar keren banget. Selamat mendengarkan!


Wawancara


Benar-benar luar biasa apa yang dibagi sama Leo. Semua pengetahuan yang lo denger ini masih tacit. Supaya ga hilang pengetahuan yang sangat berharga ini, lo harus jalanin siklusnya, catat dulu, kodifikasi poin-poin yang lo dapat dari episode ini agar menjadi pengetahuan yang eksplisit. Terus lo bagi pengetahuan ini ke orang-orang di sekitar lo.

Dan seperti yang udah gw sebut di awal episode, Leo berbaik hati untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dibenak lo saat dengerin episode ini dan sebelumnya. Kirim pertanyaan lo ke [email protected] dengan subyek “Tanya Mental Model” atau tanya langsung di Twitter dengan tagar #TJMentalModel. Kita tunggu sampai tanggal 22 Agustus 2019. Setelah itu gw rekaman lagi, edit episodenya dan rilis di podcast. Doakan agar semuanya berjalan dengan baik.

Kalau lo cerdik, lo akan langsung DM bung Leo untuk minta beliau jadi coach di kantor atau tim lo. Gw yakin dampaknya akan besar sekali buat kinerja perusahaan dan secara individual mereka juga akan berterima kasih sekali dapat keahlian seperti itu.

Link profil bung Leo dan link-link yang kita bahas di episode ini ada di devmuslim.id/episode101 Ini juga kalau dipikir-pikir suatu yang selalu gw upayakan di semua episode podcast Developer Muslim. Ada sebagian informasi yang disampaikan di episode itu terkodifikasi supaya lo ga dengerin ulang dan menebak-nebak atau Googling tema yang dibahas. Langsung dari tamu yang diundang. Kemudian juga segmen waktu kapan kita lagi bahas apa. Semuanya buat menghemat waktu kita dan membantu kalau ingin menelusuri topik pembahasannya lebih lanjut.

Kalau lo suka dengan apa yang disajikan di podcast ini, setidaknya lo bisa bantu kasih rating yang bagus di manapun lo dengerin podcast ini, terutama di Apple Podcast & Google Podcast, lo bisa bantu gw mencarikan editor audio karena itu beban yang cukup besar. Gw juga mulai mengumpulkan dana untuk membayar editor supaya beban gw lebih ringan. Lo bisa ke anchor.fm/devmuslimid untuk mendukung operasional podcast dengan memberikan donasi bulanan mulai dari \$1, \$5 & \$10. Apapun atau berapapun, itu akan sangat berarti buat podcast ini dan para pendengar sekalian di tanah air kita tercinta. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Pertanyaan, kritikan, saran atau mau nawarin bantuan lainnya bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: