Kali ini gw ngobrol bareng Didats Triadi, bloger, deverloper yang banyak pengalamannya di web, iOS dan MacOS. Beliau bercerita pengalamannya menjadi developer indie, suka dan dukanya.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo halo! Apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Baru dari Scrum Day Bandung hari Senin lalu dan senang sekali bisa ketemu banyak orang keren & menarik. Di antaranya Fachrul & Verdy yang presentasi mengenai peran CI/CD dalam Agile supaya terus memberikan layanan yang bagus dan menghasilkan produk yang berkualitas. Acaranya seru banget ga terasa tau-tau udah selesai aja.

Ganti topik, dari dulu gw udah pengen banget bahas developer indie dan akhirnya gw kesampaian ngobrol sama salah satu perwakilannya yaitu mas Didats Triadi! Beliau jadi pengembang udah lama, berawal dari web, kemudian hybrid, iOS dan Mac. Makanya gw coba nanya-nanya pengalaman & pendapat beliau mengenai developer indie. Gw harap cerita beliau ini dapat menginspirasi kita semua. Selamat mendengarkan!


Wawancara


Baik, itu tadi obrolan gw bareng mas Didats. Semoga menambah wawasan, inspirasi dan bermanfaat buat kita semua. Yang jelas gw dapat dari obrolan ini adalah:

  1. Ketekunan akan membawa kepada hasil yang berarti. Mas Didats belajar Objective-C dan membuat suatu karya yang punya daya jual. Meskipun aplikainya sudah banyak sekali yang dibuat orang lain.
  2. Jadi developer indie tidak harus mengacuhkan peluang yang datang.
  3. Perlu untuk mempublikasikan karya-karya yang sudah pernah dibuat
  4. Ikut kompetisi atau hackathon bisa membantu publikasi keahlian kita

Link-link yang kita bahas di episode ini ada di devmuslim.id/episode102. Silakan kunjungi kalau ingin menelusuri lebih lanjut.

Kalau lo suka dengan apa yang disajikan di podcast ini, setidaknya lo bisa bantu kasih rating yang bagus di manapun lo dengerin podcast ini, terutama di Apple Podcast & Google Podcast. Terus lo juga bisa bantu mencarikan editor audio karena itu beban yang cukup besar. Gw juga mulai mengumpulkan dana untuk membayar editor supaya beban gw lebih ringan. Lo bisa ke anchor.fm/devmuslimid untuk mendukung operasional podcast dengan memberikan donasi bulanan mulai dari $1, $5 & $10. Apapun atau berapapun, itu akan sangat berarti buat podcast ini dan para pendengar sekalian di tanah air kita tercinta. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Pertanyaan, kritikan, saran atau mau nawarin bantuan lainnya bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: