Kali ini gw ngobrol bareng Fiqi Fitransyah, panitia dari Ruby ID Conf 2019, yang juga pengurus komunitas Ruby Indonesia. Selaku panitia Ruby ID Conf 2017, beliau berbagi pengalamannya menjalankan peran-peran ini. Apa saja yang seru di konferensi tahun ini? Silakan dengarkan.


Daftar Isi

Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo, apa kabar semuanya? Semoga lo dalam keadaan baik dan bahagia. Alhamdulillah gw baik-baik.

Makasih buat lo yang udah setia dengerin dan yang baru bergabung. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan.

Menjelang September berakhir ada beberapa acara seru yang gw nantikan. Di antaranya adalah JS Day 2019 & Ruby ID Conf 2019. Gw ikut bangga teman-teman developer Indonesia bisa mengadakan perhelatan besar di tahun 2019 ini, khususnya dalam sekup bahasa pemrograman. Termasuk juga nanti di bulan November juga insya Allah Pycon.

Bicara soal conference di Indonesia, penyelenggaraannya itu ga lepas dari peran komunitas. Jadi boleh lah kalau gw bilang keberadaan conference dari suatu topik entah itu bahasa pemrograman, framework atau produk open source, itu mengindikasikan kesolidan komunitas-komunitas yang ada di belakangnya. Namun bukan berarti komunitas bahasa lain itu kurang populer atau terkesan gimana gitu. Karena ada komunitas bahasa pemrograman yang mengadakan acara besar namun ga mengusung nama pemrogramannya itu, tapi lebih kepada tema yang diangkat. Seperti SME Summit yang diorganisir komunitas PHP Indonesia.

Gw bersyukur banget bisa ngobrol sama perwakilan panitia Ruby ID Conf 2019 yang juga aktivis komunitas Ruby Indonesia yang cukup senior, yaitu Fiqi Fitransyah. Beliau juga panitia conference yang sama pada tahun 2017. Makanya pas banget untuk gw tanya-tanyain tentang pasca conference tahun 2017, kekosongan di tahun 2018 hingga persiapan di tahun 2019.


Wawancara


Baik, itu tadi obrolan gw bareng Fiqi Fitransyah, aktivis komunitas Ruby Indonesia. Semoga menambah wawasan dan membuat kita lebih menghargai peran komunitas buat kita semua. Dengan begitu, kita akan lebih menikmati dan merasa memiliki acaranya nanti. Menikmati dalam arti ikut saling membantu kesuksesan acaranya, menambah aura positif dan dibikin asyik aja. Kalau ada apa-apa jangan langsung komplain, tapi lebih kepada apa nih yang bisa gw kerjain supaya ga lebih buruk acaranya.

Kabar terakhir dari Fiqi, tiket masih tersedia. Jangan sia-siakan kesempatan emas ini, terutama buat lo yang di sekitar Jakarta. Kunjungi ruby.id/conf. Dan buat lo yang udah daftar, ayo ketemuan bareng. Trus gw saranin untuk dengerin episode 96 pas gw bahas gimana kita bisa memaksimalkan kehadiran kita di acara teknologi.

Link-link yang kita bahas di episode ini bisa dilihat di devmuslim.id/episode104. Silakan kunjungi kalau ingin menelusuri lebih lanjut.

Kalau lo suka dengan apa yang disajikan di podcast ini, setidaknya lo bisa bantu kasih rating yang bagus di manapun lo dengerin podcast ini, terutama di Apple Podcast & Google Podcast. Gw juga mulai mengumpulkan dana untuk mengupah editor supaya beban gw lebih ringan. Lo bisa ke anchor.fm/devmuslimid untuk mendukung operasional podcast dengan memberikan donasi bulanan mulai dari $1. Apapun, itu akan sangat berarti buat podcast ini dan para pendengar sekalian di tanah air kita tercinta. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Pertanyaan, kritikan, saran atau mau nawarin bantuan lainnya bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: