Peran Quality Assistance baru gw ketahui sejak lihat presentasi Fachrul & Verdy di Scrum Day Bandung 2019 lalu. Mereka berbagi permasalahan pengembangan produk yang mereka hadapi, transisi para tester dari Quality Assurance menjadi Quality Assistance, serta berbagai dampak positif dari transisi ini. Dan kali ini gw ngobrol bareng Fachrul untuk membagikannya ke lo semua.


Daftar Isi

Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Banyak hal buruk yang belakangan ini terjadi di negeri kita. Gw cuma pesan untuk tetap positif, jangan gampang terhasut dan gampang bereaksi tanpa mencerna dan mencermati informasi yang kita terima. Tindakan yang paling aman dan efisien buat kita adalah berdoa. Berdoa dengan serius tanpa putus asa. Gw ga bilang berdoa saja tanpa usaha riil untuk memperbaiki keadaan, iya kalau memang kita punya wewenang dan peluang untuk itu, tapi sebagian besar kita kan ga punya. Makanya tetap positif, jangan gampang terhasut, cerna informasi dengan baik dan berdoa. Sederhana kan? Ya memang meraih kesederhanaan itu ga mudah.

Makasih buat lo yang udah setia dengerin. Lo kemungkinan besar tahu kalau gw ga pernah bahas topik olahraga dan kejadian-kejadian hangat. Dan yang baru dengerin, gw ucapkan selamat bergabung. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan.

Waktu gw datang ke Scrum Day Bandung bulan Agustus lalu, gw dapat pencerahan mengenai peran tester yang selama ini gw tahu. Biasanya mereka menguji sebuah fitur yang sudah dikerjakan sama developer. Nah di presentasi itu peran tester berubah menjadi pelayan dari semua role dalam tim agile, mulai dari scrum master, developer & product owner. QA ga lagi berarti quality assurance tapi quality assistance. Di sini Fachrul & Virdy berbagi pengalaman mereka transisi menjadi quality assistance.

Dan gw bersyukur sekali bisa ngobrol bareng Fachrul untuk belajar lebih lanjut mengenai quality assistance. Itu beneran berdampak banget buat mereka dan gw bisa bayangkan sendiri pekerjaan kita membangun fitur / memperbaiki bug dalam siklus pengembangan akan menjadi lebih enak dan produktif. Inilah yang mau gw bagi juga di episode kali ini. Baik, ini dia obrolannya. Selamat mendengarkan!


Wawancara


Baik, itu tadi obrolan gw bareng Fachrul Choliluddin, Lead Quality Assistance di Mekari. Gw suka sekali dengan konsep pengaturan siklus agile dengan quality assistance seperti itu karena semua pihak pada akhirnya akan berkembang dan saling membantu memberikan suatu nilai yang kita sepakati bersama. Wah, cakep banget kan?

Oh iya, Fachrul juga bikin podcast namanya Celoteh Penguji Aplikasi Digital. Cari aja di aplikasi podcast yang kamu dengerin atau lo bisa ke penguji.id/podcast. Di episode keduanya beliau juga membahas peran quality assistance dan cross functional team.

Seperti biasa, pengalaman yang dibagi di episode hanyalah satu contoh implementasi yang berhasil buat tempat kerja mereka. Untuk meningkatkan produktivitas, kinerja & kenyamanan tim kita, tentu ada penyesuaian dengan budaya dan karakteristik bisnisnya. Semoga dapat insipirasi dan bermanfaat.

Link-link yang kita bahas di episode ini bisa dilihat di devmuslim.id/episode105. Silakan kunjungi kalau ingin menelusuri lebih lanjut.

Kalau lo suka dengan apa yang disajikan di podcast ini, setidaknya lo bisa bantu kasih rating yang bagus di manapun lo dengerin podcast ini, terutama di Apple Podcast & Google Podcast. Gw juga mulai mengumpulkan dana untuk mengupah editor supaya beban gw lebih ringan. Lo bisa ke anchor.fm/devmuslimid untuk mendukung operasional podcast dengan memberikan donasi bulanan mulai dari $1. Apapun, itu akan sangat berarti buat podcast ini dan para pendengar sekalian di tanah air kita tercinta. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Pertanyaan, kritikan, saran atau mau nawarin bantuan lainnya bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: