Developer Muslim

106 Retrospeksi Podcast Tahun Kedua

Satu tahun kembali berlalu. Episode kali ini gw meretrospeksi apa yang sudah gw lalui dengan podcast ini. Kesan-kesan gw, perbaikan apa yang mau gw kerjain, apa aja yang harus gw pertahankan dan rencana selanjutnya buat gw dan podcast ini.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Semoga lo juga begitu. Awal September itu saatnya gw bikin episode retrospeksi 1 tahun terakhir perjalanan podcast ini. Sesuatu yang mulai menjadi kebiasaan di podcast ini. Semoga lo juga mulai terbiasa kalau gw update kabar & rencana gw untuk podcast ini. Karena perkembangan & kesuksesan podcast ini ga lepas dari peran lo dalam mendengarkan, kasih saran, tanggapan, ngasih rating dan tentunya seberapa besar dampaknya buat lo. Jadi gw pengen ngajak lo untuk sama-sama memiliki nih podcast. Sama-sama mengembangkan, sama-sama mengarahkan dan mengubah format episode dan lain-lain.

Makasih buat lo yang udah setia dengerin dan yang baru bergabung. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan.

Baik, lanjut lagi ke retrospeksi podcast. Beneran gw ga nyangka akan sampai di posisi sekarang ini. Berawal dari iseng pakai Anchor untuk dengerin podcast, akhirnya bikin podcast sendiri dengan tamu-tamu & bahasan yang menarik. Gw sangat bersyukur bisa dikasih kesempatan untuk ngobrol bareng orang-orang hebat, ada waktu buat ngedit dan merilis episodenya. Dan juga bersukur dapat dukungan dari lo semua yang mau dengerin dan menyebarkan podcast ini ke orang-orang.

  1. Kenapa gw bikin podcast ini?
  2. Perbaikan yang gw janjikan tahun lalu
  3. Beberapa hal yang belum pernah gw lakukan sebelumnya
  4. Hal-hal yang akan gw pertahankan
  5. Perbaikan yang akan gw lakukan

1. Kenapa gw bikin podcast ini?

Jawaban singkatnya adalah karena gw pengen meramaikan podcast berbahasa Indonesia, khususnya buat teman-teman developer di tanah air. Ingin memperluas wawasan kita semua. Sehingga pengetahuan seputar developer itu ga hanya dari lingkungan dekat, teman-teman kita, tapi juga dari daerah-daerah lain di Indonesia, atau dari berbagai latar dan jabatan yang berbeda, namun masih berhubungan dengan kehidupan developer.

Gw senang banget dengan podcast-podcast seputar pengembangan produk yang bermunculan di satu tahun belakangan ini karena mereka juga ikut mewarnai, menginspirasi kita semua. Dan gw berharap kita bisa saling membantu untuk kesuksesan podcast kita bersama karena yang akan diuntungkan pada akhirnya adalah lo semua, teman-teman sejawat, seperjuangan dalam berkarya.

2. Perbaikan yang gw janjikan tahun lalu

Di episode retrospeksi tahun lalu ada beberapa hal yang gw coba atasi:

  • Kadang-kadang gw masih agak kaku bawainnya. Alhamdulillah semakin sering dilakukan jadi berkurang perlahan-lahan. Bisa karena terbiasa. Cinta juga karena terbiasa kan?
  • Kadang masih kurang responsif sama informasi yang dibagi sama narasumber. Gw rasa ini belum banyak berubah sayangnya. Gw ga mau beralasan karena sifat gw yang rada introvert, karena responsif sama informasi yang orang kasih itu ga ada hubungannya sama sekali dengan introvert. Gw harus kaji hal-hal apa yang bisa dilakukan untuk jadi lebih baik.
  • Format & tema episode. Jadi sekarang itu sepertinya cenderung ke frontend developer, pengalaman jadi developer dan komunitas. Waktu itu gw berusaha untuk lebih variatif lagi dalam pengambilan tema episode dan alhamdulillah itu berhasil. Ada beberapa tema menarik selain tema frontend developer, perjalanan jadi developer dan komunitas.
  • Melibatkan pendengar untuk kasih masukan & pertanyaan untuk episode. Alhamdulillah udah bikin repository di Github. Bener, ada di Github lo bisa cek di bit.ly/devmuslimrundown. Sejauh ini tanggapannya masih minim. Belakangan ini ga gw sebut di akhir episode karena kayanya terlalu panjang endingnya.
  • Melihat perkembangan podcast-podcast baru di Indonesia, waktu itu gw mau ajak kerjasama untuk saling berbagi pengalaman, saling bantu, khususnya podcast yang masih berkaitan sama developer. Alhamdulillah gw dan Riza Fahmi dari podcast Ceritanya Developer udah merintis Product & Development Podcast Community Indonesia. Komunitasnya masih terus berkembang. Kalau lo tahu ada podcast yang berkaitan sama pengembangan produk digital, silakan kabari gw.
  • Tahun lalu juga gw kepikiran untuk bikin meetup podcast yang isinya saling berbagi ilmu & pengalaman. Cuma karena kapasitas gw udah penuh dan belum ada yang japri gw kalau mau bantu. Mungkin bisa jadi ide lo untuk bikin podcast.

3. Beberapa hal baru

Hal-hal baru yang gw coba di 1 tahun belakangan ini adalah:

  • Bikin 3 episode tanya jawab dengan hadiah sederhana. Lumayan menarik dan suka lupa untuk bikin episode itu.
  • Bikin episode rewind selama tahun 2018.
  • Istirahat yang lumayan lama, 2 bulan. Ternyata ga ada tuh yang nunggu2 / nanya kapan lanjut. hehehe.. Ya kali gw siapa gitu.
  • Pasang iklan di podcast. Ini baru banget, sekitar 2 bulan yang lalu. Masih terlalu dini untuk berkomentar.

4. Hal-hal yang akan gw pertahankan

  • Tahun lalu gw sebut durasi dan format materi sebagai hal yang gw pertahankan. Dan sepertinya ga ada masalah selama durasinya bisa tetap di bawah 1 jam.
  • Episode tanya jawab. Akhir-akhir ini masih sibuk transisi pindahan ke Jakarta. Semoga bisa terwujudkan segera.
  • Episode rewind selama tahun 2019.
  • Rundown akan terus gw publikasikan. Biasanya setelah rekaman karena ga semua tamu mau mempublikasikannya di Github duluan sebelum rekaman. Ada juga rundown yang belum kesampaian, baru sebatas ide.

5. Perbaikan yang akan gw lakukan

  • Persiapan episode bisa lebih baik lagi. Gw akan coba beberapa cara agar lebih siap yang semoga akan membantu respon dan antusiasme gw saat rekaman.
  • Bikin segmen episode khusus secara berkala. Misalnya setiap 1 atau 2 bulan sekali ada tema khusus yang berkelanjutan. Misalnya mengenai produktivitas atau komunikasi dengan pihak-pihak yang berhubungan dengan pekerjaan, atau topik lainnya. Sebenarnya ini udah gw usahakan dalam 1 tahun terakhir, cuma terkendala dengan kebersediaan & ketersediaan narasumber. Tapi harusnya bisa gw lakukan sesuatu di sini. Semoga tercapai.
  • Meregulerkan episode tanya jawab.
  • Mencari dukungan finansial untuk mengurangi beban dan agar bisa tetap reguler.
  • Memperbaiki interaksi dengan lo semua.

Baik, kayanya itu aja yang bisa gw sampaikan untuk retrospeksi podcast di tahun kedua ini. Seperti biasa, masukan, tanggapan dan pertanyaan akan selalu bikin gw senang. Apalagi kalau lo follow, langganan trus kasih rating & komentar yang bagus untuk podcast ini di Apple Podcast, Google Podcast, Castbox dan masih banyak lagi. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d

Pertanyaan, kritikan, saran atau mau nawarin bantuan lainnya bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke:

Menu