Satu tahun kembali berlalu. Episode kali ini gw meretrospeksi apa yang sudah gw lalui dengan podcast ini. Kesan-kesan gw, perbaikan apa yang mau gw kerjain, apa aja yang harus gw pertahankan dan rencana selanjutnya buat gw dan podcast ini.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Semoga lo juga begitu. Awal September itu saatnya gw bikin episode retrospeksi 1 tahun terakhir perjalanan podcast ini. Sesuatu yang mulai menjadi kebiasaan di podcast ini. Semoga lo juga mulai terbiasa kalau gw update kabar & rencana gw untuk podcast ini. Karena perkembangan & kesuksesan podcast ini ga lepas dari peran lo dalam mendengarkan, kasih saran, tanggapan, ngasih rating dan tentunya seberapa besar dampaknya buat lo. Jadi gw pengen ngajak lo untuk sama-sama memiliki nih podcast. Sama-sama mengembangkan, sama-sama mengarahkan dan mengubah format episode dan lain-lain.

Makasih buat lo yang udah setia dengerin dan yang baru bergabung. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan.

Baik, lanjut lagi ke retrospeksi podcast. Beneran gw ga nyangka akan sampai di posisi sekarang ini. Berawal dari iseng pakai Anchor untuk dengerin podcast, akhirnya bikin podcast sendiri dengan tamu-tamu & bahasan yang menarik. Gw sangat bersyukur bisa dikasih kesempatan untuk ngobrol bareng orang-orang hebat, ada waktu buat ngedit dan merilis episodenya. Dan juga bersukur dapat dukungan dari lo semua yang mau dengerin dan menyebarkan podcast ini ke orang-orang.

  1. Kenapa gw bikin podcast ini?
  2. Perbaikan yang gw janjikan tahun lalu
  3. Beberapa hal yang belum pernah gw lakukan sebelumnya
  4. Hal-hal yang akan gw pertahankan
  5. Perbaikan yang akan gw lakukan

1. Kenapa gw bikin podcast ini?

Jawaban singkatnya adalah karena gw pengen meramaikan podcast berbahasa Indonesia, khususnya buat teman-teman developer di tanah air. Ingin memperluas wawasan kita semua. Sehingga pengetahuan seputar developer itu ga hanya dari lingkungan dekat, teman-teman kita, tapi juga dari daerah-daerah lain di Indonesia, atau dari berbagai latar dan jabatan yang berbeda, namun masih berhubungan dengan kehidupan developer.

Gw senang banget dengan podcast-podcast seputar pengembangan produk yang bermunculan di satu tahun belakangan ini karena mereka juga ikut mewarnai, menginspirasi kita semua. Dan gw berharap kita bisa saling membantu untuk kesuksesan podcast kita bersama karena yang akan diuntungkan pada akhirnya adalah lo semua, teman-teman sejawat, seperjuangan dalam berkarya.

2. Perbaikan yang gw janjikan tahun lalu

Di episode retrospeksi tahun lalu ada beberapa hal yang gw coba atasi:

3. Beberapa hal baru

Hal-hal baru yang gw coba di 1 tahun belakangan ini adalah:

4. Hal-hal yang akan gw pertahankan

5. Perbaikan yang akan gw lakukan

Baik, kayanya itu aja yang bisa gw sampaikan untuk retrospeksi podcast di tahun kedua ini. Seperti biasa, masukan, tanggapan dan pertanyaan akan selalu bikin gw senang. Apalagi kalau lo follow, langganan trus kasih rating & komentar yang bagus untuk podcast ini di Apple Podcast, Google Podcast, Castbox dan masih banyak lagi. Lo bisa lihat pilihan2nya di http://anchor.fm/devmuslimid. a n c h o r titik f m garis miring d e v m u s l i m i d

Pertanyaan, kritikan, saran atau mau nawarin bantuan lainnya bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: