Kali ini gw ngundang Riza Fahmi lagi buat ngobrol JS Day ID 2019, sebagai panitia acaranya, pengurus komunitas Jakarta JS dan sebagai developer yang mempresentasikan sebuah keynote di konferensi.


Daftar Isi

Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Maaf udah mulai sering telat rilis episodenya karena kesibukan dan juga mood yang sempat kendor. Merilis episode tiap pekan itu memerlukan banyak hal. Tapi jangan khawatir, semangat & motivasi gw untuk terus menjalankan misi yang gw bawa melalui podcast ini belum padam. Karena masih banyak topik & pengalaman yang bisa dibahas, dibagikan & dipelajari bareng-bareng.

Makasih buat lo yang udah setia dengerin dan yang baru bergabung. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan.

Kali ini gw ngobrol bareng salah satu panitia JS Day ID 2019, sebuah acara konferensi Javascript yang pertama kali diadakan di Indonesia. Seperti yang udah gw singgung sebelumnya di episode 104 yang bahas Ruby Conf ID, ini adalah bentuk pencapaian yang luar biasa bagi komunitas teknologi di Indonesia. Ga hanya komunitas Javascript, tapi lintas bahasa pemrograman, yang tergabung ke wadah PERKODI, Perkumpulan Pengrajin Kode Indonesia. Pencapaian yang patut disyukuri dan dirayakan.

Untuk itu gw merasa terpanggil dan terhormat untuk menggali pengalaman dari orang-orang hebat, yang ga hanya hebat di bidang teknis, tapi juga hebat hati dan pengorbanannya. Dan gw bersyukur banget bisa ngobrol bareng perwakilan dari mereka, salah satu tokoh developer Indonesia yang ga asing buat kita semua, Riza Fahmi. Terserah lo mo anggap gw lebay, tapi itulah kenyataannya dan itulah yang sering dianggap remeh bak debu yang berlalu begitu saja. Justru inilah yang perlu gw angkat agar jadi perhatian buat kita semua.

Karena acara konferensi seperti ini perlu perjuangan yang besar, terlebih lagi sebagai acara yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Mulai dari pengumpulan materi, mencari tempat dengan segala logistiknya dan lain-lain. Bahkan sampai berhasil meracik semuanya dengan harga tiket Rp. 150.000 saja. Sebuah harga tiket konferensi termurah yang gw tahu. Pokoknya ini pencapaian yang luar biasa. Ga cuma ini aja yang disinggung, tapi juga gimana persiapan keynote yang disampaikan Riza, sampai hal-hal kecil dan random kaya 2 MC yang asyik banget dalam memandu acaranya.

Baik, ini dia obrolannya. Selamat mendengarkan!


Wawancara


Baik, itu tadi obrolan gw bareng Riza Fahmi, perwakilan panitia JS Day ID 2019. Benar-benar luar biasa! Banyak banget pengalaman yang bisa kita ambil dari sini:

  1. Untuk mencapai suatu tujuan, kita perlu mindset yang tepat. Bahkan ga harus tepat, tp hal kecil terkadang udah cukup. Seperti yang dikenang Riza, saat Gio bilang, “anggap aja kita ini bikin meetup, tapi sekala besar.” Itu udah mendongkrak semangat.
  2. Di sini terlihat betapa besarnya peran komunitas dalam menghasilkan sebuah konferensi yang sangat terjangkau dengan kualitas yang tetap terjaga. Untuk itu gw mau ambil momen ini untuk mengajak lo untuk aktif di komunitas di lingkungan sekitar lo. Hargai upaya mereka, tutupi kekurangan mereka dengan saling membantu dan ambil peran kita masing-masing.
  3. Mempersiapkan & mempresentasikan sebuah keynote di konferensi itu pekerjaan yang sangat menantang. Bahkan untuk sesuatu hal yang mungkin menurut kita biasa itu ternyata perlu proses yang pelik. Dan itu pencapaian tersendiri untuk seorang Riza Fahmi. Salut untuk beliau.

Dan seperti yang udah disampaikan, beliau ingin melanjutkan penelitiannya mengenai ekosistem Javascript di Indonesia. Ikuti surveinya di ekosistem.herokuapp.com.

Trus, link-link yang kita bahas di episode ini bisa dilihat di devmuslim.id/episode107. Silakan kunjungi kalau ingin menelusuri lebih lanjut.

Kalau lo suka dengan apa yang disajikan di podcast ini, setidaknya lo bisa bantu kasih rating yang bagus di manapun lo dengerin podcast ini, terutama di Apple Podcast & Google Podcast. Gw juga mulai mengumpulkan dana untuk mengupah editor supaya beban gw lebih ringan. Lo bisa ke anchor.fm/devmuslimid untuk mendukung operasional podcast dengan memberikan donasi bulanan mulai dari $1. Apapun, itu akan sangat berarti buat podcast ini dan para pendengar sekalian di tanah air kita tercinta. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Pertanyaan, kritikan, saran atau mau nawarin bantuan lainnya bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: