Ngobrol bareng salah satu Women Techmakers Ambassador dari Indonesia, Farah Oktarina, benar-benar membuka wawasan gw tentang kiprah Women Techmakers di Indonesia. Kita bahas program-programnya yang ga selalu tentang teknis (koding), kendala yang dihadapi sampai printilan-printilan random lainnya.


Daftar Isi

Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik. Maaf udah mulai sering telat rilis episodenya karena kesibukan dan masih belum nemu workflow yang sesuai dengan aktivitas & dinamika kehidupan di lingkungan +6221. Gw akan ketemu dengan para aktivis komunitas dari berbagai kota untuk Web Unconf 2019. Semoga bisa belajar banyak dan rekaman sama orang-orang hebat.

Makasih buat lo yang udah setia dengerin dan yang baru bergabung. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan.

Kali ini gw beruntung banget dapat kesempatan ngobrol bareng salah satu Women Tech Makers Ambassador dari Indonesia, WTM dari Semarang lebih tepatnya. Beliau adalah Farah Oktarina. Kita bahas apa itu Women Tech Makers, program-programnya dan posisi serta perannya dengan komunitas-komunitas lain. Kita juga bahas masalah apa yang ingin ditangani sama WTM, yang ternyata ga melulu berkaitan sama koding! Dan masih banyak lagi! Termasuk tips dari Farah gimana agar bisa terus berwawasan dengan teknologi terkini dan punya waktu untuk ngulik.

Baik, ini dia obrolannya. Selamat mendengarkan!


Wawancara


Baik, itu tadi obrolan gw bareng Farah Oktarina, Women Tech Makers Ambassador Semarang. Benar-benar luar biasa! Banyak banget pengalaman yang bisa kita ambil dari sini:

  1. Pentingnya berkomunitas, untuk membuka wawasan dan kenal dengan banyak orang. Agar kita tidak kesepian dan tahu kalau ada orang-orang yang peduli dengan masalah yang kita hadapi
  2. Women Tech Makers itu bagian dari Google Developer Group. Perannya untuk membantu para perempuan berbagai latar belakang dan usia untuk bisa berkembang dengan menggunakan teknologi. Program-programnya ga hanya berkaitan dengan yang terlalu teknis, tapi ada beberapa yang membantu mengembangkan potensi dari para perempuan. Untuk itu pesan gw kalo lo lihat publikasi acara dari mereka, bantu sebarkan ke teman-teman yang lain karena pengetahuan tentang WTM ini kan masih lebih dekat karena kita sebagai developer.
  3. Di antara permasalahan yang dihadapi sama perempuan adalah pemikiran mereka sendiri. Ada asumsi-asumsi negatif yang mereka / orang lain sematkan ke diri mereka yang harus mereka lawan.
  4. Pandai-pandai memilih siapa yang kita follow di Twitter untuk dapat kabar terbaru. Dan sempatkan untuk ngulik sesuatu hal yang baru.

Pekan lalu gw baru datang ke DevFest Jakarta dan yang paling menarik adalah diskusi panel dengan 3 tokoh perempuan yang keren-keren yang dibawakan oleh WTM Ambassador Jakarta. Diskusinya seru banget, banyak masalah yang diangkat dan penyampaian narasumbernya juga blak-blakan. Jadi kalau ada DevFest di sekitar kalian, jangan lewatkan diskusi panel-nya WTM.

Link-link yang kita bahas di episode ini bisa dilihat di devmuslim.id/episode108. Silakan kunjungi kalau ingin menelusuri lebih lanjut.

Kalau lo suka dengan apa yang disajikan di podcast ini, setidaknya lo bisa bantu kasih rating yang bagus di manapun lo dengerin podcast ini, terutama di Apple Podcast & Google Podcast. Gw lagi mengumpulkan dana untuk mengupah editor supaya beban gw lebih ringan. Lo bisa ke anchor.fm/devmuslimid untuk mendukung operasional podcast dengan memberikan donasi bulanan mulai dari $1. Apapun, itu akan sangat berarti buat podcast ini dan para pendengar sekalian di tanah air kita tercinta. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Pertanyaan, kritikan, saran atau mau nawarin bantuan lainnya bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid.

Podcast ini bagian dari Product & Development Podcast Community Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa ke github.com/pdpcid.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke: