Developer Muslim

111 Perjuangan Melejitkan Performa Web Bareng Friska Nataniel

Melanjutkan liputan gw sekilas dari acara Chrome Dev Summit 2019 Extended di Jakarta, kali ini gw senang sekali bisa berkesempatan ngobrol bareng Friska Nataniel untuk membahas lebih lanjut presentasinya di acara itu. Beliau cerita pengalamannya bersama rekan-rekannya di Blibli.com mendongkrak performa web, mulai dari percakapan sederhana, ide, sampai dengan perubahan pola pikir dan kesatuan tujuan utama dalam hasil kerja yang dihasilkan antar tim.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

  • 00:00:12 Sapa pendengar setelah lama wakum
  • 00:03:12 Teaser presentasi Friska di Chrome Dev Summit 2019 Extended
  • 00:05:20 Kenalan dengan Friska
  • 00:07:42 Asal mula permasalahan yang sedang ditangani
  • 00:10:55 Gimana membawa usulan pemugaran website agar disetujui
  • 00:12:50 Optimasi yang sudah dilakukan sejak skor awal 12
  • 00:18:47 Motivasi untuk optimasi meskipun target masih jauh setelah ikuti saran dari Lighthouse
  • 00:21:55 Data apa yang disajikan agar menyatukan tujuan utama: kenyamanan pengguna
  • 00:24:42 Mulai riset & pelajari studi kasus setelah mengurangi fitur berat belum berdampak
  • 00:28:19 Blibli lite version: karena kesan pertama itu berarti
  • 00:32:23 Serba-serbi obrolan tentang performa
  • 00:35:50 Gimana negosiasi dengan dept. lain dalam pengurangan fitur / item yang disajikan
  • 00:38:25 Performance budget
  • 00:41:59 Pengalaman bikin fitur dengan mindset performance budget
  • 00:46:03 Dampak Blibli lite version
  • 00:47:42 Perubahan cara kerja setelah memahami Performance Budget
  • 00:54:47 Performa web itu perjalanan yang berkelanjutan
  • 00:57:15 Yang lagi diulik Friska
  • 01:01:24 Rekomendasi dari Friska
  • 01:03:43 Tantangan New Normal
  • 01:06:08 Pesan-pesan penutup

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast.

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo semuanya! Apa kabar? Alhamdulillah gw baik-baik, sehat semuanya. Semoga kabar lo juga baik, sehat, tetap bersabar & tangguh melewati pandemi ini. Udah terlalu lama banget gw ga rilis episode. Gw minta maaf banget buat lo semua yang udah kecewa. Gw janji ke depannya akan lebih baik lagi persiapan dan komunikasinya kalau memang akan istirahat atau apapun keadaannya. Terima kasih buat lo yang udah peduli, mengingatkan gw untuk terus berkarya dan meringankan kerjaan gw di podcast ini.

Sebagai pendengar podcast, kadang yang gw pedulikan itu isi episode podcast-nya dibanding penyiarnya. Maksudnya ya selama peniyarnya sehat & bisa rilis episode ya udah, gw ga mentingin kabar kenapa dia lama ga rilis. Ya gw ngerti. Tapi karena udah kelamaan istirahatnya gw sebagai penyiar sepertinya perlu memberikan beberapa patah kata sebentar.

Gila gw udah kangen banget bikin episode kaya dulu. Memang lumayan menyita waktu, tp yang ngangenin itu proses belajar dan saling berbaginya sama lo semua. Selama hiatus atau vakum, sebagian besar aktivitas gw itu pekerjaan kantor. Gw ga sadar ternyata kesibukan gw ngurus podcast selama ini itu membawa dampak positif sama kesehatan mental gw. Bukannya gimana-gimana, tp tahun 2019 juga banyak kejadian-kejadian negatif dan gw bisa bertahan untuk tetap positif dan menjaga mindset yang mempengaruhi aktivitas gw sehari-hari. Semoga ini bisa terus memotivasi gw untuk merilis episode dengan konsisten.

Baik, jadi langsung aja. Episode kali ini melanjutkan secara agak detil apa yang sudah dibahas di episode sebelumnya, episode 110 mengenai Chrome Dev Summit Extended 2019 di Jakarta. Di antara yang bikin penasaran itu presentasinya Friska Nataniel yang cerita perjuangan tim-nya meningkatkan performa web di Blibli.com. Gimana nggak, skor lighthouse nya di awal itu cuma 12, sampai akhirnya jadi 90an!!

Sebagaimana layaknya situs e-commerece yang kompleks dan harus memenuhi target-target dari berbagai macam aspek atau departemen di kantornya, optimasi website dari skor serendah 12 itu pasti perlu pengertian yang menyeluruh dan kerjasama yang kuat antar tim & departemen. Dan akhirnya semuanya itu terbayarkan dengan peningkatan kepuasan user dan pastinya pendapatan perusahaan. Yuk, dengerin obrolan gw bareng Friska Nataniel yang juga cerita gimana enaknya ngerjain fitur baru yang dibarengi dengan pola pikir “performance budget”. Apalagi kalau pola pikir ini tersebar di tim.

Baik, ini dia obrolannya. Selamat mendengarkan!


Wawancara


Baik, itu tadi pengalaman unik dari Friska Nathanial, Associate Research and Development di Blibli.com. Benar-benar luar biasa!

Link-link yang kita bahas di episode ini bisa dilihat di devmuslim.id/episode111. Silakan kunjungi kalau ingin menelusuri lebih lanjut.

Kalau lo suka dengan apa yang disajikan di podcast ini, setidaknya lo bisa bantu kasih rating yang bagus di manapun lo dengerin podcast ini, terutama di Apple Podcast & Google Podcast. Lo bisa ke anchor.fm/devmuslimid untuk mendukung operasional podcast dengan memberikan donasi bulanan mulai dari $1. Apapun, itu akan sangat berarti buat podcast ini dan para pendengar sekalian di tanah air kita tercinta. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Terima kasih secara khusus gw sampaikan untuk mas Wibawa, selaku editor.

Pertanyaan, kritikan, saran atau mau nawarin bantuan lainnya bisa kirim email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke:

Menu