Developer Muslim

113 Agar Tetap Relevan Bareng Leonardo Situmorang

Kali ini gw ngobrol santai lagi dengan Leonardo Situmorang membahas gimana agar kita tetap relevan dan sebisa mungkin menghindari jadi “Dinosaurus”. Leo ngajak kita untuk melihat masalah ini dari jauh sehingga terlihat gambaran besarnya. Gw sendiri merasa terbantu dengan cara pandang seperti ini. Yuk dengarkan.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

  • 00:14 Sapa pendengar
  • 01:10 Intro & teaser agar tetap relevan
  • 02:50 Sapa & kabar Leo
  • 05:27 Mulai bahas agar tetap relevan: menyambung obrolan terakhir di episode 101
  • 09:10 Kilas balik keinginan Leo untuk berbagi tentang Knowledge Management.
  • 12:09 Karakteristik dari knowledge worker
  • 17:06 Menjadi individu yang adaptif
  • 22:50 Pembagian 4 kuadran developer
  • 30:46 Yang bikin saya tergolong Dinosaurus & gimana menghindarinya
  • 33:52 Knowledge management
  • 37:47 Karakteristik ilmu pengetahuan: compounding
  • 41:47 Tipe-tipe pengetahuan: tacit knowledge
  • 46:47 Tipe-tipe pengetahuan: explicit knowledge
  • 49:13 Pengantar Knowledge Management Cycle
  • 50:02 Rekomendasi podcast: Modern Mentor
  • 51:58 Pesan-pesan penutup

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik dan semuanya sehat. Semoga kita semua terus membaik keadaannya, bisa tetap positif dan berkarya di tengah-tengah situasi yang memprihatinkan sekarang ini. Kalau boleh saran, banyakin juga bergaul sama orang-orang yang banyak aktivitasnya, terutama sama hal-hal positif biar berimbang dan tidak terlalu stres. Atau lo bisa dengerin podcast ini misalnya dan podcast-podcast lainnya. Gw punya rekomendasi podcast di akhir episode nanti.

Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Pokoknya masalah-masalah yang biasa dihadapi sama developer, kita bahas di mari.

Bulan Juli lalu gw ngobrol santai sama Leonardo Situmorang, software engineer di Online Pajak yang lumayan aktif kasih puluhan kelas gratis mengenai Git dan Javascript dasar sebelum masa pandemi ini. Sebelumnya beliau juga sudah diundang ke podcast ini bahas knowledge management & mental model di episode 100.

Kali ini kita ngomongin gimana caranya agar tetap relevan dengan teknologi yang terus berkembang. Topik yang sudah disinggung sebelumnya sama Riza Fahmi di episode 54, jadi developer yang ga FOMO. Topik ini memang selalu menarik karena strategi orang beda-beda mengatasinya. Nah yang menarik di obrolan gw kali ini adalah kita coba melihat dari jauh, apa esensinya & aspek-aspek yang mempengaruhinya, supaya kita bisa menghindari & mengatasinya secara taktis. Kita bahas 4 kuadran junior, mid & senior level developer sampe dinosaurus. Gimana supaya kita ga jadi dinosaurus dan lain-lain. Bahasannya akan meta, tp tenang aja, kita santai & pelan-pelan kok.

Baik, ini dia obrolannya. Selamat mendengarkan!


Wawancara


Baik, itu tadi bagian pertama dari obrolan gw bareng Leonardo Situmorang, Software Engineer di Online Pajak. Benar-benar luar biasa! Gw saranin untuk dengerin ulang biar dapet pemahamannya secara mendalam. Cocok juga didengerin ulang setelah berminggu-minggu karena pas gw dengerin lagi rekamannya setelah ada jeda, itu jadi pengingat dan pecutan buat gw. Dan jujur, obrolan ini sempat bikin gw merasa ketinggalan, merasa kekurangan, merasa gw ngapain aja selama ini. Ya, cara mengatasi perasaan ini ya dengan belajar sesuatu, atur lagi waktu kita & prioritaskan mana informasi yang bener-bener ngaruh buat kita dan mana yg ga.

Karena ini bagian pertama, episode kali ini ga ada rekomendasi dari Leo. Gw mau kasih rekomendasi podcast namanya Modern Mentor, dari Quick and Dirty Tips. Episode-episodenya lumayan singkat, 10 - 15 menit, dan isinya juga padat manfaat. Belum lama ini gw dengerin episodenya yang bahas gimana menangani Imposter Syndrome & gimana melihat pilihan karir tanpa mengorbankan pekerjaan sekarang.

Link-link yang kita bahas di episode ini bisa dilihat di devmuslim.id/episode113. Silakan kunjungi kalau ingin menelusuri lebih lanjut.

Kalau punya pertanyaan seputar materi ini, gw dan leo senang sekali menjawab. Pertanyaan atau tanggapan lo akan memperdalam pemahaman kita semua jadi gw amat sangat berharap partisipasi lo semua. Punya pendapat atau cara pandang lain juga silahkan banget. Ga ada pertanyaan / tanggapan yang bodoh / cupu selama itu benar-benar kebingungan lo dan keinginan lo untuk belajar. Lo bisa email ke [email protected] atau DM gw langsung di Twitter atau di Instagram dengan akun yang sama, @devmuslimid.

Kalau lo suka dengan apa yang disajikan di podcast ini, setidaknya lo bisa bantu kasih rating yang bagus di manapun lo dengerin podcast ini, terutama di Apple Podcast & Google Podcast. Lo bisa ke anchor.fm/devmuslimid untuk mendukung operasional podcast dengan memberikan donasi bulanan mulai dari $1. Apapun, itu akan sangat berarti buat podcast ini dan para pendengar sekalian di tanah air kita tercinta. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Terima kasih secara khusus gw sampaikan untuk mas Wibawa, selaku editor.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke:

Menu