Developer Muslim

114 Tetap Relevan Dengan Knowledge Management Cycle Bareng Leonardo Situmorang

Melanjutkan obrolan gw bareng Leonardo Situmorang di episode 113, kali ini Leo menjelaskan tentang knowledge management cycle agar pengetahuan kita terus berkembang dan meraih retensi.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

  • 00:15 Ajakan untuk kirim tanggapan & pertanyaan
  • 04:25 Gimana pengetahuan kita menghasilkan pengetahuan lagi
  • 06:08 Knowledge management cycle
  • 09:45 Hubungan level-level developer dengan KM cycle
  • 10:46 Pentingnya diseminasi / sharing
  • 14:06 Menghubungkan kembali dengan mental model
  • 20:11 Ukuran & membentuk mental model yang bagus
  • 23:15 Model distribusi pengetahuan: SECI
  • 29:02 Dampak distribusi pengetahuan
  • 31:01 Kesimpulan dari keseluruhan pembahasan (dari bag. 1)
  • 32:08 Tanya jawab: Apa perlu mendefinisikan level Dinosaurus, karena tiap orang berbeda?
  • 36:28 Begin with an end in mind: Test Driven Development (TDD)
  • 39:49 Tanya jawab selanjutnya dari pendengar
  • 40:36 Rekomendasi dari Leo: “Learning How to Learn” di Coursera
  • 45:09 Rekomendasi dari Leo: NestJS
  • 48:41 Rayuan Dida untuk kirim pertanyaan & tanggapan lo terhadap topik ini
  • 51:44 Pesan-pesan penutup

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik dan semuanya sehat. Senang banget bisa balik beraktivitas bikin episode podcast seperti dulu. Semoga bisa terus berkarya menghasilkan episode-episode yang berdampak baik buat kita semua.

Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Pokoknya masalah-masalah yang biasa dihadapi sama developer, kita bahas di mari.

Nyinggung sedikit soal episode yang berdampak, tentunya ga lepas dari tanggapan lo semua. Iya gw bisa tahu dari berapa banyak yang dengerin, berapa yang like dan metrik lainnya. Itu memang menyenangkan. Tapi coba kalau kita terusin lebih dari itu. Gw penasaran gimana episode-episode di podcast ini membawa dampak buat lo, gimana lo suka dengan episode A, kurang setuju dengan episode B, ga dengerin dulu episode C, apapun itu. Supaya topik-topik yang dibahas menjadi berkembang ga cuma apa yang dibahas di episode itu aja. Supaya jadi pembelajaran buat kita bersama. Gw udah singgung gimana pentingnya feedback / tanggapan dari orang lain di episode 60 mengenai psycological safety. Artinya suatu keadaan dalam komunitas atau kumpulan orang di mana mereka bisa saling menyampaikan pendapatnya tanpa ancaman secara psikologis maupun fisik. Dan gw udah coba untuk terus menciptakan keadaan itu. Ga ada pertanyaan konyol, selama kita bisa saling menghargai. Email & DM gw terbuka untuk menampung pertanyaan dan pendapat lo semua.

Dan ini juga akan berhubungan sama lanjutan obrolan gw bareng Leonardo Situmorang di episode sebelumnya. Untuk itu gw mengajak lo semua untuk kirim pertanyaan & tanggapan, setidaknya untuk topik yang dibahas sama beliau. Misalnya pas dengerin di laptop atau hp, lo kepikiran sesuatu, coba tulis segera. Nanti kalau lo punya waktu sebentar tinggal update tulisan itu dan kirim email atau DM di Twitter. Yah.. mau ya.. (mau ya)3x..

Buat lo yang belum sempat dengerin, di episode 113 beliau membahas aspek-aspek yang melatarbelakangi gimana supaya kita menjadi individu yang adaptif, terutama dengan derasnya perkembangan teknologi. Gimana kita menghindari fase dinosaurus setelah melalui fase menjadi junior, middle & senior level developer. Beliau membahas apa itu pengetahuan, jenis-jenisnya dan sifatnya yang compounding, yang analogi singkatnya adalah bunga bank.

Kali ini kita ngomongin gimana caranya kita mengelola pengetahuan kita agar terus bekembang, compounding ability tadi. Kemudian yang penting banget yaitu retensi dari pengetahuan kita. Leo juga punya rekomendasi keren banget di akhir episode.

Baik, ini dia obrolannya. Selamat mendengarkan!


Wawancara


Baik, itu tadi obrolan gw bareng Leonardo Situmorang, Software Engineer di Online Pajak. Benar-benar luar biasa! Gw saranin untuk dengerin ulang biar dapet insight-insight tambahan dari pengulangan itu. Semakin banyak titik-titik pengetahuan yang terhubung. Naah.. supaya dapet tuh compounding ability dan memperkuat retensi ilmu yang lo dapat dari episode ini, lo bagi tuh ke kita semua. Eh, tunggu dulu, bukannya yang dibagi itu artinya apa yang leo ajarin di episode ini? Bukan berbagi apa yang gw rasakan atau tanggapan gw. Ya ga sih? Nah, ini aja udah pertanyaan kan? Udah buruan email gw ke [email protected] atau DM gw di Twitter / Instagram.

Kalau gw boleh tambahin sedikit. Buah ilmu itu adalah amal. Apalah manfaatnya ilmu kalau ga diamalkan? Gini deh gini. Lo pernah ga sih datang ke meetup atau kuliah atau yang sejenisnya di mana materinya itu udah pernah lo dapet, bahkan udah yang ke sekian kalinya! Tapi, begitu lo nyimak sesi tanya jawabnya… Beuh.. Banyak banget titik-titik lain dari pengetahuan lo yang terhubungkan. Ga perlu banyak deh. Cukup 1 - 2 aja dan itu lo hargai banget karena lo ga kepikiran sebelumnya atau itu membantu produktivitas lo. Hah.. Gila, ini bisa jadi episode tersendiri! Ya udah, pokoknya tanya dan kasih tanggapan lo ya. Apa yang gw bilangin ini terkesan asyik & keren gitu kayanya. Tp cobalah alami sendiri. Tanya! Email / DM gw. Ditunggu ya..!

Link-link yang kita bahas di episode ini bisa dilihat di devmuslim.id/episode114. Silakan kunjungi kalau ingin menelusuri lebih lanjut.

Kalau lo suka dengan apa yang disajikan di podcast ini, setidaknya lo bisa bantu kasih rating yang bagus di manapun lo dengerin podcast ini, terutama di Apple Podcast & Google Podcast. Lo bisa ke devmuslim.id/dukung untuk mendukung operasional podcast. Itu akan sangat berarti buat podcast ini dan para pendengar sekalian di tanah air kita tercinta. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Terima kasih secara khusus gw sampaikan untuk mas Wibawa, selaku editor.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke:

Menu