Developer Muslim

115 Aktif Produktif Dengan Tidur Teratur Bareng Zulwiyoza Putra

Kali ini gw ngobrol bareng Zulwiyoza Putra yang berbagi pengalamannya menerapkan tidur & bangun lebih awal. Di antara manfaat utamanya adalah dia merasa lebih punya banyak waktu, hari terasa lebih panjang dari biasanya. Dia tetap aktif membantu di beberapa komunitas, suka ngoprek & main game.


Daftar Isi


Dengarkan

Langganan podcast | Ikuti survey pendengar

Segmen

(Segera menyusul)

Ada yang terlewat? Silakan komentar di bawah ya.. Jangan lupa berlangganan podcast dan newsletter Developer Muslim. Lihat arsip edisinya di sana. Kalau suka sama pilihan artikel-artikelnya, kenapa ga langganan? :)

Transkrip

Catatan: Apa yang tertera dalam transkrip belum tentu sama persis dengan apa yang saya ucapkan di podcast.

Halo-halo, apa kabar semuanya? Alhamdulillah gw baik-baik dan semuanya sehat. Terima kasih atas perhatian & antusiasme kalian semua sama podcast ini, terutama episode obrolan gw bareng Leo. Kayanya tweet untuk episode lalu dapat impression & total engagements terbanyak sepanjang sejarah akun podcast ini. Kalau lo bener-bener suka sama topiknya, gw & Leo sangat mengharapkan pertanyaan atau tanggapan lo. Diskusi & tanya jawab seperti ini yang bisa lebih membuka pikiran & mengembangkan pemahaman kita.

Makasih udah dengerin. Podcast ini bahas seputar developer, apa yang bikin mereka produktif, berkembang dan peduli sama lingkungan. Pokoknya masalah-masalah yang biasa dihadapi sama developer, kita bahas di sini.

Episode kali ini gw ngobrol bareng Zulwiyoza Putra, software developer yang aktif membantu beberapa komunitas, suka ngoprek, bikin proyek sampingan atau tool iseng dan lain-lain. Suatu hari di tahun lalu gw liat tweet beliau yang bertekad bahwa jam 9 malam udah harus tidur. Penasaran dong, gimana ngatur waktunya, gimana pengaruhnya buat aktivitasnya dan lain-lain. Bayangin, kita mah malam-malam lihat jam, bilangnya “ah, masih jam 10, masih ada 1-2 jam lagi!”. Jadi gw coba bahas gimana mulainya, gimana menghadapi deadline, gimana komunikasi sama orang-orang yang bersangkutan di kerjaan, kapan ngopreknya dan seterusnya. Dengerin terus kalau penasaran apa yang sebaiknya dilakukan kalau lagi nanggung yang akhirnya tak berujung. Mungkin bisa jadi cara alternatif gimana mengatasinya.

Baik, ini dia obrolannya. Selamat mendengarkan!


Wawancara


Baik, itu tadi pengalaman Zulwiyoza Putra, mengatur pola tidur dan tetap produktif beraktivitas. Benar-benar seru & luar biasa! Gw ga nyangka akan semi religius. Tapi siapapun bisa aja bangun lebih pagi dan mulai beraktivitas. Cobain & rasakan sensasi dapat waktu yang lebih panjang, dibanding dengan waktu tidur orang-orang pada umumnya. Pengaturan waktu tidur seperti ini bisa cocok & berdampak baik buat Putra, tapi tentunya bukan untuk semua orang, perlu ada penyesuaian pas kita mencobanya. Bagaimanapun, gw berharap obrolan ini bisa mencerahkan kita semua.

Tertarik untuk coba? Punya pendapat atau pengalaman lain? Gw seneng banget kalau lo mau berbagi. Kirim email ke [email protected] atau DM gw di Twitter / Instagram, @devmuslimid.

Pentingnya tidur yang cukup & teratur udah pernah dibahas di episode 43, bareng Kunto Aji. Kalau lo tertarik soal tidur ini, lo bisa dengerin episodenya.

Link-link yang kita bahas di episode ini bisa dilihat di devmuslim.id/episode115. Silakan kunjungi kalau ingin menelusuri lebih lanjut.

Kalau lo suka dengan apa yang disajikan di podcast ini, setidaknya lo bisa bantu kasih rating yang bagus di manapun lo dengerin podcast ini, terutama di Apple Podcast & Google Podcast. Lo bisa ke devmuslim.id/dukung untuk mendukung operasional podcast. Di sana ada beberapa pilihan yang sesuai buat lo. Itu akan sangat berarti buat podcast ini dan para pendengar sekalian di tanah air kita tercinta. Buktikan kepedulian & dukungan lo untuk podcast ini.

Terima kasih secara khusus gw sampaikan untuk mas Wibawa, selaku editor. Oh iya, 100% donasi yang masuk selama bulan November 2020 akan dihadiahkan untuk beliau. Sekali lagi silakan ke devmuslim.id/dukung.

Baik, gw pamit dulu. Sampai di episode developer muslim podcast berikutnya insya Allah.

Berbagi itu Tanda Peduli

Jangan merasakan manfaat episode ini sendirian aja. Ayo sampaikan informasi ini ke teman-teman developer lainnya. Kasih rating & komentar yang bagus di layanan-layanan podcast ini. Saya juga senang sekali dapat tanggapan & komentar di bawah.


Kembali ke:

Menu